Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis Budaya Lokal Gayo ‘Didong’ untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34604Keywords:
Culture, Literacy, Video, Interactive, CitizenshipAbstract
This study aims to identify the needs for developing interactive video-based learning media rooted in the local Gayo culture, specifically the traditional "Didong" dance, to enhance cultural literacy and civic understanding among elementary school students. A descriptive qualitative approach was employed, with the researcher serving as the primary instrument for data collection and analysis. Data were gathered through observations and interviews. The findings reveal that students exhibit low motivation in cultural learning, largely due to the monotonous nature of the instructional media currently in use. This underscores the need for innovative and engaging teaching media. In response, the study proposes the development of interactive video learning media that incorporates dynamic visual elements, with the aim of increasing student engagement and supporting the learning objectives of cultural arts and civics education, particularly in promoting the appreciation and preservation of the traditional "Didong" dance.
Downloads
References
Anengsih, A., Pujiastuti, H., & Dewi, R. S. (2025). Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal dengan media flipbook untuk meningkatkan literasi budaya dan kewargaan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 404–413.
Azijah, S. N., Jennah, R., & Rizal, S. U. (2025). Pengembangan media video interaktif pada materi sejarah perkembangan fikih. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 695–704.
Danis, A., & Panggabean, N. H. (2022). Desain pengembangan bahan ajar berbasis sains. [Jenis publikasi tidak disebutkan – jika artikel jurnal, tambahkan nama jurnal, volume, dan halaman].
Daryanto, J., & Karsono, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran tembang macapat berbasis video interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).
Dinia, N., & Setiyawati, E. (2025). Pengaruh media pembelajaran video interaktif (PWZ) perubahan wujud dan zat terhadap pemahaman konsep IPA untuk siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 12(1), 28–37.
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan media video animasi untuk pembelajaran PPKn di SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 22–30.
Fitra, E. (2025). Muatan dakwah dalam kesenian Didong (Studi integrasi antara lirik, musik, dengan praktik di Aceh Tengah) (Disertasi Doktoral, UIN Ar-Raniry).
Husni. (2021). Pengaruh pengguna media video animasi terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Taha Saifudin Jambi). Jambi.
Ilyas, M. (2020). Didong: Seni tradisi dan identitas budaya masyarakat Gayo. Banda Aceh: Lembaga Budaya Aceh.
Jumyati, J., Yuhana, Y., & El Islami, R. A. Z. (2025). Pengembangan media komik legenda Gunung Pinang untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya peserta didik fase B. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 37–42.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khaddafi, M., & SE, M. (2025, Maret). Proses pengembangan konten multimedia. Dalam Multimedia (hlm. 37). Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (hlm. 39–44). FBS Unimed Press.
Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan multimedia pembelajaran: Teori dan praktik. Yayasan Kita Menulis.
Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5). [Halaman belum disebutkan – tambahkan jika ada].
Mubarak, R. (2025). Pesan pembangunan masyarakat melalui seni Didong (Studi pada group Didong di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah) (Disertasi Doktoral, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Nasution, A., & Sari, D. (2021). Literasi budaya dan kewargaan dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural, 6(2), 97–108.
Nasution, Z. (2019). Penguatan identitas budaya dan civic culture dalam kurikulum pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Civics, 16(1), 23–34.
Nisa, K., Syafe’i, I., & Yahya, A. D. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 418–427.
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran: Pengertian media pembelajaran, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurjannah, N., Ndari, N., Awaludin, A., & Fizen, F. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis Genially untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa di SMAN 2 Woja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 290–298.
Ohee, S. M., & Ali, A. (2025). Penggunaan folklor untuk meningkatkan literasi budaya pada pembelajaran siswa kelas IV. Esensi Pendidikan Inspiratif, 7(1).
Patta, R., et al. (2022). Pengembangan video interaktif nilai-nilai Pancasila sebagai media penguatan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 87–102.
Ponza, A., Syahputra, E., & Manurung, H. (2018). Pengembangan media video interaktif pada pembelajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 45–55.
Rahmah, M., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan video interaktif berbasis Edpuzzle pada model ASSURE dalam mata pelajaran fikih kelas X MA Hidayatul Insan Palangka Raya. Journal Sains Student Research, 3(1), 468–478.
Rosyada, M., Imron, K., Irmansyah, I., & Putri, T. (2025). Efektivitas media pembelajaran maharah kalam melalui video interaktif berbasis kontekstual. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5600–5607.
Saputra, A., & Muzakir, M. (2021). Revitalisasi budaya lokal melalui pendidikan multikultural di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 145–157.
Suwignyo, H. (2019). Pendidikan karakter dan literasi budaya dalam kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 209–222.
Thaariq, Z. Z. A. (2020). The use of social media as learning resources to support the new normal. Teknodika, 18(2), 80–93.
Utami, S. R. R., Sobiruddin, D., & Dwirahayu, G. (2025, Februari). Pengembangan media pembelajaran video interaktif berbasis H5P pada materi persamaan garis lurus. Dalam ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 6, No. 1, hlm. 265–276).
Wulandari, E. (2022). Tantangan implementasi pendidikan multikultural di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 43–51.
Yamin, M. (2020). Literasi kewargaan sebagai upaya penguatan karakter bangsa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 55–63
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















