MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENDIDIKAN IPS: KONSEP, IMPLEMENTASI, DAN ANALISIS KEUNGGULAN SERTA KELEMAHANNYA

Authors

  • Rosmanila Lubis UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Khairani Hasibuan UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Jamaluddin UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Nahriyah Fata UIN Syahada Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34599

Keywords:

1Pelaksanaan Pendidikan Inklusi, 2Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi, serta keunggulan
dan kelemahan model pembelajaran kooperatif dalam konteks pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Model pembelajaran kooperatif dipandang
mampu mengembangkan kemampuan sosial, berpikir kritis, dan kerja sama antar
siswa melalui kegiatan belajar yang menekankan interaksi dan tanggung jawab
kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan
menelaah berbagai sumber literatur, baik nasional maupun internasional, yang relevan
dengan penerapan pembelajaran kooperatif dalam IPS. Hasil kajian menunjukkan
bahwa model ini efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperkuat
keterampilan komunikasi, serta menumbuhkan sikap toleransi dan empati sosial.
Namun, penerapannya juga memiliki tantangan, seperti kesulitan dalam pengelolaan
waktu, perbedaan kemampuan antar siswa, dan kebutuhan akan peran guru yang lebih
intensif sebagai fasilitator. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan pembelajaran yang
matang serta pelatihan bagi guru agar pelaksanaan model pembelajaran kooperatif
dapat berjalan optimal dan memberikan kontribusi maksimal terhadap peningkatan
kualitas pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, D., & Mustamiroh, S. (2024). Model pembelajaran kooperatif sebagai sarana

pembentukan karakter sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan

Dasar Indonesia, 9(1), 55–65.

Arthur, J., & Fenyi, E. (2025). Challenges in implementing cooperative learning

strategies in social studies classrooms. International Journal of Educational

Research and Innovation, 15(2), 112–125.

Dawson, H., & Ng, K. (2024). Reflexivity in qualitative classroom research: Teacher

and researcher perspectives. Journal of Educational Inquiry, 19(1), 33–47.

Desy, A., & Gultom, S. (2023). Perbandingan hasil belajar IPS melalui model STAD

dan TGT pada siswa SDN 104204 Sambirejo Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan

Dasar, 8(2), 75–84.

Dila, H., Kurniawan, P. W., & Siska, Y. (2023). Penerapan model Jigsaw untuk

meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di SD Negeri 9 Way Lima. Jurnal

Pendidikan Dasar Lampung, 7(1), 31–40.

Faiza, N. I., Marini, A., & Sarifah, I. (2023). Peningkatan kemampuan interpersonal

melalui model Group Investigation pada pembelajaran IPS di SDN Kampung

Bulak 03. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 201–210.

Fauziah, L., Rahayu, T., & Susanto, A. (2024). Kesiapan guru sekolah dasar dalam

menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis kolaboratif learning. Jurnal

Pendidikan Dasar Dan Inovasi Pembelajaran, 8(1), 55–66.

Handayani, S., & Utami, P. D. (2024). Tantangan guru dalam mengelola pembelajaran

kooperatif di sekolah dasar negeri kota Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan

Dasar, 11(2), 112–122.

Hodijah, N., Nurwahidin, A., & Yulianti, R. (2023). Peningkatan prestasi belajar IPS

melalui pembelajaran kooperatif di SD Negeri 1 Jagabaya 1 Bandar Lampung.

Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar, 5(2), 112–120.

Iswanda, R., Pertiwi, D., & Rustini, N. (2024). Teacher readiness and content suitability

in cooperative learning for elementary social studies. Journal of Social Science

Education, 33(4), 245–259.

Liao, C., & Yang, P. (2024). Observational methods for studying cooperative learning in

social studies classrooms. Teaching and Learning Journal, 18(2), 99–113.

Mendez, R. (2025). Ensuring credibility through triangulation in educational research.

Journal of Educational Research and Development, 12(1), 44–59.

Miles, M. B., & Saldaña, J. (2023). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. In

(5th ed.). SAGE Publications.

Nurmailis, N. (2023). Implementasi model Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil

belajar IPS siswa SD Negeri 240 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Dasar, 6(3), 241–250.

Purwaningsih, E. (2023). Cooperative learning to enhance social empathy and cultural

understanding among students in social studies education. Indonesian Journal of

Social Education, 8(3), 201–214.

Putri, A. D., Sumantri, M. S., & Maksum, A. (2025). Transforming student-centered

learning through group investigation in social studies. Asia-Pacific Journal of

Educational Development, 14(1), 33–48.

Rahmawati, D., & Prasetyo, I. (2024). Efektivitas waktu pembelajaran dalam

penerapan model kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah

Sekolah Dasar, 8(1), 45–53.

Sari, M. W., & Rohman, A. (2023). Evaluasi individu dalam pembelajaran kooperatif

untuk meningkatkan tanggung jawab siswa SD. Jurnal Evaluasi Pendidikan

Dasar, 7(2), 133–141.

Sudrajat, A., Suparmini, S., & Wibowo, W. (2024). Efektivitas pembelajaran IPS

menggunakan metode Think-Pair-Share di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar Dan Sosial, 8(1), 15–25.

Sugandi, T., & Rahmawati, N. (2024). Interactive analysis in classroom-based

qualitative studies. Journal of Educational Research Methods, 7(4), 221–235.

Wiliyanti, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap

hasil belajar IPS siswa SD Negeri 3 Ubud. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 12(4),

87–96.

Downloads

Published

2025-10-30