ANALISIS PERAN KECERDASAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI KAB. KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34579Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Kecerdasan Numerik,, Pemecahan Masalah Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan numerik dan
kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika siswa sekolah
dasar di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
deskriptif dengan melibatkan 96 responden siswa sekolah dasar yang dipilih secara
purposive. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi, kemudian dianalisis
menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kecerdasan numerik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika, sedangkan kemampuan berpikir kritis berpengaruh
signifikan meskipun arah pengaruhnya negatif. Secara simultan, kedua variabel
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi kecerdasan numerik dan
kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran matematika, sehingga
guru perlu mengembangkan strategi pembelajaran berbasis logika dan refleksi untuk
meningkatkan efektivitas belajar siswa.
Downloads
References
Buku
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.
Gardner, H. (2003). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (20th Anniversary ed.). Basic Books.
Polya, G. (1957). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Jurnal
Arif, M., Upu, H., & Bernard. (2021). The Influence of Numerical Ability, Mathematical Communication, Metacognition, and Self-Efficacy on Students’ Critical Thinking Skills in Solving Mathematical Problems. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 611(ICoESM), 470–476. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.211211.079
Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating Critical Thinking Skill of Junior High School in Solving Mathematical Problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/IJI.2019.12345A
Dewi, A. K., Slamet, S. Y., Surya, A., & Syawaludin, A. (2020). Thailand elementary school students’ critical thinking skills in mathematics education. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012047
KHOLID, I. (2024). Karakteristik Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 268–279. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11177436
Majaga, L., Rochaminah, S., Hasbi, Muh., & Baharuddin, B. (2024). Analysis of Students’ Critical Thinking in Problems Solving on Curved-Sided Spherical Figures. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 147–156. https://doi.org/10.25217/NUMERICAL.V8I1.4541
Mursidah, M., Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika; Systematic Literatur Review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1421–1430. https://doi.org/10.22460/JPMI.V6I4.17933
Nikmah, S. M., Fauziyah, N., & Huda, S. (2021). Critical Thinking Analysis of Students in Problem Based Mathematics Learning through TBLA. JME (Journal of Mathematics Education), 6(2), 102–111. https://doi.org/10.31327/JME.V6I2.1604
Nisa, K. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 759–764. https://doi.org/10.32670/HT.V1I6.1591
Nur ’aini, H., Kartika, C., 2, S., Ishartono, N., Setyaningsih, R., Matematika, P., & Keguruan, F. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Berorientasi Numerasi pada Konten Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 841–853. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V8I1.2531
Suminar, R. K., & Rahman, I. N. (2022). MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY TO DEVELOP NUMERICAL LITERACY IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 120. https://doi.org/10.31000/PRIMA.V6I2.6142
Susandi, A. D. (2021). Critical Thinking Skills of Students in Solving Mathematical Problem. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 115–128. https://doi.org/10.25217/NUMERICAL.V5I2.1865
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.
Fisher, D., & Ross, J. (2023). Critical thinking and metacognition in mathematics education: A conceptual framework for cognitive engagement. Education Sciences, 13(2), 145–159. https://doi.org/10.3390/educsci13020145
Li, Y., Zhang, H., & Chen, J. (2022). Number sense: The mediating effect between nonverbal intelligence and children’s mathematical performance. Frontiers in Psychology, 13, 947476. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.947476
Zhang, X., & Zhang, L. (2023). Cognitive foundations of early mathematics learning: Understanding the role of number sense. Journal of Cognitive Development, 24(3), 402–418.
Lestari, I. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 134–142.
Suseno, T. (2021). Pengaruh kecerdasan numerik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2), 97–106.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















