PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM JELAJAH KEBUDAYAAN INDONESIA (SIJEKI) BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SEMARANG
Pengembangan Media
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34569Keywords:
Media pembelajaran, Kebudayaan Indonesia, AndroidAbstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam mengikuti dan memahami pembelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia, namun setelah penulis menggali informasi lebih dalam melalui angket wawancara dan kebutuhan analisis ternyata hal yang mendasari permasalahan tersebut karena kurangnya inovasi guru dalam proses pembelajaran dan kurangnya variasi media pembelajaran yang diberikan oleh guru, dengan begitu siswa cenderung merasa bosan dan keterlibatan siswa yang kurang optimal ketika proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan Pengembangan Media Sistem Jelajah Kebudayaan Indonesia (SIJEKI) Berbasis Android Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Semarang berdasarkan hasil validasi? 2) Bagaimana kepraktisan Pengembangan Media Sistem Jelajah Kebudayaan Indonesia (SIJEKI) Berbasis Android Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Semarang? 3) Bagaimana keberterimaan Pengembangan Media Sistem Jelajah Kebudayaan Indonesia (SIJEKI) Berbasis Android Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Semarang berdasarkan hasil angket?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Model peneletian yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengujian produk dilakukan di SD Muhammadiyah 16 Semarang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh skor presentasi dari ahli media dan ahli materi sebesar 98,75% dengan kategori sangat valid dan sangat layak. Lalu hasil angket respon diujikan kepada 27 siswa kelas IV, dari data yang telah dihitung angket respon memperoleh skor presentase 97,4% dengan kategori sangat praktis dan diterima, sedangkan angket respon guru memperoleh skor presentase 100% dengan kategori sangat praktis dan diterima. Dari hasil skor tersebut maka media SIJEKI berbasis android ini dinyatakan sangat valid, praktis dan diterima oleh siswa maupun guru untuk digunakan dalam proses pembelajaran dikelas maupun dirumah.
Downloads
References
Barlian, U. C. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Educational And Language Research, 2110.
Fitriyaningsih, N. F. N., Agustini, F., & Priyanto, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran †œPencernaan Manusia†Berbasis Android Pada Pembelajaran Ipa Materi Organ Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Mendidik, 1(2).
Hasanah, U. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 10.
Heryani, A. .. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 19.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2, 3.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 124.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Sdn 14 Cikokol. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 14.
Sugiarto, C., WAHYUDI, W., & SAHARI, S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Keberagaman Suku Dan Budaya Di Indonesia Kelas Iv Sdn 1 Lengkong Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran ipas mi/sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















