PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dayu Rika Perdana Universitas Lampung
  • Deviyanti Pangestu Universitas Lampung
  • Miranda Abung Universitas Lampung
  • Anisa Nur Sabila Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34548

Keywords:

Value Clarification Technique (VCT), Prezi, Sikap Sosial, Pendidikan Karakter

Abstract

Rendahnya sikap sosial peserta didik sekolah dasar seperti empati, toleransi, dan tanggung jawab menjadi tantangan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media Prezi terhadap peningkatan sikap sosial peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian melibatkan peserta didik kelas V di MIN 5 Bandar Lampung. Data dikumpulkan menggunakan angket sikap sosial yang telah divalidasi dan reliabel, serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model VCT berbantuan media Prezi, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada sikap sosial peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model VCT berbantuan Prezi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi model pembelajaran berbasis nilai dengan media digital interaktif mampu menciptakan proses belajar yang lebih menarik, reflektif, dan bermakna, sehingga berkontribusi terhadap penguatan empati, kerja sama, toleransi, dan tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan model pembelajaran karakter yang adaptif terhadap kemajuan teknologi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2016). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, R., & Pramudita, S. (2023). Penggunaan Prezi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 115–124.

Hidayat, M. T., & Fitria, A. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui model pembelajaran berbasis nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 1–15.

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching (9th ed.). Boston: Pearson Education Inc.

Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kurniasih, D., & Suryani, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis nilai untuk meningkatkan empati dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Jurnal Moral dan Pancasila, 8(2), 89–98.

Mayer, R. E. (2017). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurulita, D., & Samsudin, M. (2021). Efektivitas penggunaan media Prezi terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–56.

Purwanto, N. (2016). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A. M., & Cahyono, A. (2023). Penggunaan media digital interaktif dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan sikap sosial siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 11(1), 33–45.

Rahmawati, I., & Nuryani, T. (2020). Implementasi model Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan sikap sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Karakter, 8(1), 1–12.

Raths, L. E., Harmin, M., & Simon, S. B. (1978). Values and Teaching: Working with Values in the Classroom. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, H. B. (2019). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, F., Susanto, H., & Mulyani, S. (2023). Integrasi media digital dalam pembelajaran berbasis nilai di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(3), 210–223.

Downloads

Published

2025-10-29