Analisis Pendidikan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Nw Dusun Teliah Kecamatan Labuhan Haji T.A 2025/2026

Authors

  • EBI TARI Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34530

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Kreativitas, Peserta Didik

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar Islam NW Dusun Teliah Kecamatan Labuhan Haji Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan VI serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual sudah berjalan sesuai prinsip-prinsipnya, seperti konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Kreativitas peserta didik terlihat meningkat melalui kemampuan mereka menghubungkan materi dengan pengalaman nyata, menghasilkan karya sederhana, serta mengekspresikan gagasan secara lisan maupun tulisan. Faktor pendukung utama dalam penerapan pembelajaran kontekstual adalah kondisi lingkungan sekitar yang kaya dengan sumber belajar nyata dan peran aktif guru dalam mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Namun, hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan sarana penunjang, variasi kemampuan peserta didik, serta keterbatasan waktu pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kreativitas, Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rusman. (2019). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. PT Raja Grafindo Persada.

Kunandar. (2021). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Artikel in Press :

Lestari, D. (2021). Pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 45–53.

Lestari, N. (2020). Implementasi pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Jurnal Didaktika, 10(1), 45–53.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Ningsih, A. (2020). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kreativitas siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 121–129.

Rahmawati, F., & Prasetyo, H. (2022). Kurikulum berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 14(1), 67–75.

Downloads

Published

2025-10-29