Keefektifan Media Monopoli Kerajaan (MOJA) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu-Budha Kelas IV Di SDN Trimulyo 02

Authors

  • Tia Rahmah Mei Diana Putri Ashari PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto, Siti Patonah PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34514

Keywords:

Hindu-Buddhist Kingdom, Learning outcomes, Royal Monopoly Media

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas 4 SDN Trimulyo 02 masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab, dan penggunaan buku teks yang cenderung monoton. Keterbatasan fasilitas dan kurangnya guru inovasi menyebabkan siswa belum memperoleh pengalaman belajar yang konkrit dan menarik sehingga mempengaruhi hasil belajar. Rata-rata nilai ulangan harian siswa pada materi Kerajaan Hindu-Budha belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media monopoli kerajaan (MOJA) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu-Budha kelas 4 SDN Trimulyo 02. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan pra-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Trimulyo 02 yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan media MOJA. Berdasarkan analisis uji-t, thitung adalah 17,90 > ttabel 2,08 dan skor N-Gain adalah 62,67%. Oleh karena itu, media MOJA dinilai cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R., Hilyana, F., & Ismaya, E. (2025). Pengembangan Media “Monopoli Materi Kerajaan Di Nusantara” Kelas Iv Sdn Tologomojo. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 11(01).

Ardianik & Umar Hadi. (2022). Efektivias Penggunaan Media Pembelajaran Dakonmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV SDN Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 6(2).

Kawuri, K. R., & Zuhdi, U. (2024). Pengembangan Media Monopoli Kuis Pada Materi Kerajaan Yang Ada Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sdn Bulu Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(8).

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati, I. (2019). Uji normalitas gain untuk pemantapan dan modul dengan one group pre and post test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).

Tria, F., Sofwan, M., & Putri, A. (2024). Penerapan Model Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Berbantuan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn 003/Ix Senaung. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(4), 520–527.

Tyas, S. A. M., Purnamasari, I., & Priyanto, W. (2024). Monopoli Kerajaan (Moja) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Pada Materi Hindu Budha Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4).

Utomo, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.

Downloads

Published

2025-10-30