PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS DAN MINAT BACA SISWA KELAS 2 MIS UF NW PAOK LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34502Keywords:
Media Boneka Tangan, Pemahaman Teks, Minat Baca, Siswa Kelas 2 MIAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman teks dan minat baca siswa kelas 2 MIS UF NW Paok Lombok, di mana hanya 31,25% siswa mampu memahami teks cerita dan hanya 37,5% siswa menunjukkan antusiasme dalam kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks dan minat baca siswa kelas 2 MIS UF NW Paok Lombok. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas 2 MIS UF NW Paok Lombok. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media dan materi, lembar praktisi pendidikan, lembar observasi siswa, angket minat baca, dan tes kemampuan pemahaman teks. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan rumus persentase dan validitas Gregory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka tangan yang dikembangkan memperoleh validitas sangat tinggi dari ahli media dan materi dengan skor 1.0 (kategori sangat tinggi). Penilaian praktisi pendidikan mencapai 95% (sangat praktis), dan observasi siswa menunjukkan skor 96,4% (sangat praktis). Setelah implementasi media, minat baca siswa meningkat dari 37,5% menjadi 87,67% (kategori sangat baik), dan kemampuan pemahaman teks meningkat dari 31,25% menjadi 85,42% (kategori sangat tinggi). Media boneka tangan berbasis tokoh buku cerita anak "Aku Bisa" terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks dan minat baca siswa kelas 2 MI.
Downloads
References
Aisyah, S. (2016). Perkembangan dan konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Chall, J.S. (1983). Stages of reading development. New York: McGraw-Hill.
Dewantara, K.H. (2004). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Guthrie, J.T., & Wigfield, A. (2000). Engagement and motivation in reading. In M.L. Kamil, P.B. Mosenthal, P.D. Pearson, & R. Barr (Eds.), Handbook of reading research (Vol. 3, pp. 403-422). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Hurlock, E.B. (1980). Developmental psychology. New York: McGraw-Hill.
IEA. (2017). PIRLS 2016 international results in reading. Amsterdam: International Association for the Evaluation of Educational Achievement.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan implementasi gerakan literasi sekolah tahun 2019. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). Indeks literasi nasional 2019. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kintsch, W. (1998). Comprehension: A paradigm for cognition. Cambridge: Cambridge University Press.
Mayer, R.E. (2009). Multimedia learning. Cambridge: Cambridge University Press.
OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. Paris: OECD Publishing.
Piaget, J. (1969). The psychology of the child. New York: Basic Books.
Pressley, M. (2000). Reading instruction that works: The case for balanced teaching. New York: Guilford Press.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto, A. (2005). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tilaar, H.A.R. (2009). Membenahi pendidikan nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Vygotsky, L. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Zulela. (2013). Pembelajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















