The Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika FPB Dan KPK Kelas IV SD GMIT No 7 Oebufu
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika FPB Dan KPK Kelas IV SD GMIT No 7 Oebufu
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34492Keywords:
Learning Difficulties, Greatest Common Factor (GCF) and Least Common Multiple (LCM), Elementary School Students.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesulitan yang dialami siswa kelas IV SD GMIT No 7 Oebufu dalam menyelesaikan soal- soal matematika yang berkaitan denga FBP dan KPK. Melalui pendekatan kualitatif , ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar FPB dan KPK , terutama dalam penerapannya pada soal cerita. Selain itu, kurangnya latihan soal dan pemahaman yang lembah dalam faktor kelipatan juga menjadi faktor penghambat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar yang merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptiff untuk menggambarkan kondisi atau karakteristik suatu variabel. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa kelas IV. Data dikumpulkan memalui angket dan dokumentasi nilai ujian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif seperti frekuensi, presentase, dan mean untuk menggambarkan distribusi data. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematikan khususnya pada materi FBP dan KPK.Temuan Penelitian ini dapat menjadi dasar bagi guru untuk merancang stratefi pembelajaran yang lebih efektif, seperti penggunaan media pembelajaran variatif dan pengintegrasian konsep FPB dan KPK dengan kehidupan sehari- hari. Selain itu, hasil penelitian lebih lanjut mengenai kesulitan belajar siwa dalam materi matematika lainnya.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, FPB dan KPK, Siswa Sekolah Dasar
Downloads
References
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD negeri taman cibodas kecamatan periuk kota tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), 11–20.
Apriani, F., & Sudiansyah, S. (2024). Dampak kurangnya praktik dalam pelajaran matematika: pentingnya latihan terstruktur bagi pemahaman konsep matematika. Al khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49.
Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332.
Sari, N., & Armanto, D. (2021). Model pembelajaran matematika dalam perspektif filsafat pendidikan (sebuah kajian aksiologi). Journal of Science and Social Research, 4(3), 291–298.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















