Effectiveness of Using Kahoot Application in Improving Grammar Mastery of the Junior High School Students

Authors

  • Rahmatia M Departement of English Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar, Indonesia.
  • Ahmad Talib, Chaerul Fadlan Saud Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34476

Keywords:

Kahoot Application, Grammar, Simple Present Tense, Simple Past Tense

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot dalam meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa. Metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental digunakan, melibatkan 25 siswa kelas delapan yang dipilih secara cluster random sampling. Pra-tes dilakukan untuk mengukur kemahiran awal siswa, diikuti oleh intervensi melalui instruksi tata bahasa menggunakan permainan Kahoot, dan pasca-tes diberikan untuk mengukur peningkatan. Skor rata-rata pra-tes adalah 52,48, sedangkan skor rata-rata pasca-tes adalah 80,64. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan, ditemukan perbedaan yang signifikan (p = 0,000 < 0,05), yang menyiratkan bahwa intervensi tersebut efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot secara efektif membantu dalam mengembangkan pengetahuan tata bahasa siswa, khususnya dalam memahami aturan penggunaan tata bahasa dalam materi simple present tense dan simple past tense. Secara keseluruhan, penggunaan Kahoot tidak hanya meningkatkan skor pemahaman tata bahasa tetapi juga berkontribusi untuk meningkatkan motivasi belajar di kalangan siswa. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Kahoot dapat dianggap sebagai alat yang bermanfaat dalam mengajarkan pemahaman tata bahasa kepada siswa kelas delapan di SMPN 7 Alla, Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri hisyam dan yetti zainil. (2012). Meningkatkan Kemampuan 'Grammar' Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Fbs UNP Secara Lisan dan Tulisan Amri Isyam Dan Yetty Zainil FBS Universitas Negeri Padang. Lingua Didaktika, 04, 1–17.

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135.

Applying, P. I. N., & Simple, T. H. E. (2009). The First Year STT Dent of Islamic Junior High.

Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). Pelatihan Siswa/I Untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Dasar Melalui Website Grammar. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 132.

Baeha, H. P., Telaumbanua, Y. A., & Daeli, H. (2023). a Descriptive Analysis of Students’Ability in Reading Comprehension By Using Extensive Reading Strategy At Eleventh Grade of …. Jurnal Scientia, 12(2), 1950–1959.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.

Barus, S. K., & Salmiah, M. (2024). Enhancing Grammar Learning: Implementing Kahoot As an Evaluation Tool in Indonesian High Schools. Indonesian EFL Journal, 10(2), 233–240.

Babbie, E.R. (2010). The practice of social research (12th ed.). Wadsworth Publishing, 2010.

Bila, S., Aliyah, N., & Virna, L. (2024). Pembelajaran Present Simple and Present Continous Dalam Percakapan Sehari Hari. 3, 13288–13296.

Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), 43–50.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration,

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Fiqih Kartika Murti, A., Dewi, H., Sukma Dewi, D. D., & Atmoko, M. (2024). Perspektif Mahasiswa Tentang Penggunaan Grammar Dalam Komunikasi Berbahasa Inggris. Journal of Global and Multidisciplinary, 2(1), 1006–1015.

Fitria, T. N. (2022). Mastering English Grammar for Learners (Menguasai Tata Bahasa Inggris Dasar untuk Pembelajar). In Eureka Media Aksara. Eureka Media Aksara.

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes Toefl (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa Smk/Sma, Mahasiswa, Dosen Dan Umum. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 173–180.

Gay, L.R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2006). Educational Research: Competencies For Analysis And Applications. Pearson.

Harmer, J. (2001). The practice of English language teaching (3rd ed.). Longman.

Hikmah, J. (2020). Paradigm. Computer Graphics Forum, 39(1), 672–673.

Ika, A., Damayanti, E., Rahma, R., & Agustin, N. (2024). Pelatihan Kemampuan Percakapan Sehari-Hari Menggunakan Simple Tense Pada Siswa Kelas V SD Islam Bandar Kidul. 6(2).

Langan, J. (2014). College writing skills with readings (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Lisanty, F. I. (2022). The Effectiveness of Using Blindfold Games to Improve Students’ Vocabulary. Batara Didi: English Language Journal, 1(2), 90-100.

Lisnani*, L., & Emmanuel, G. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 155–167.

McWhorter, K. T. (2010). College reading and study skills (11th ed.). Pearson Education.

Musdalifah. (2018). Using Kahoot Website in Learning Grammar at SMA Negeri 8 Gowa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339.

Ningtias, V. A., Supriyono, Sutanti, N., & Sari, H. P. (2023). Kahoot Application Effectiveness To Increase the Eight Grade Students’ English Grammar Mastery. Seminar Nasional Fpmipa, 2, 185–194.

Nurcahya, I., & Nurhalisa, J. (2024). Penggunaan kalimat PRESENT PERFECT TENSE dalam. 3, 13317–13329.

Nyoman, N., Sastaparamitha, A. J., Made, N., Martarini, L., & Dharma, I. W. (2020). Hasil Belajar “ Grammar ” Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris I Di Mahasiswa Angkatan 2020 Jurusan Teknik. 85–91.

Paramastuty, R., & Fauzia, N. (2023). The use of kahoot as a learning tool in learning cause and effect conjuction for senior high school students. RETAIN (Research on English Language Teaching in Indonesia), 11(2), 15–22.

Purwanto, R. (2011). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadapsiswa Kelas Xi Ipa Sma Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa Edisi , 1(1), 1–14.

Rachmayani, A.N. (2015). Definisi dan konsep grammar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10 (2), 12-20.

Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Sari, R.K., & Nurani, s. (2021). Quizizz dan Kahoot!: Gamifikasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1, 86.

Singodiwongso, S., & Susilawati, S. (2021). Peningkatan Penguasaan Grammar Dalam Menulis Kalimat Melalui Teknik Mistake Buster. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 367–380.

Siregar, H., & Zuriani, M. (2020). Students’ Error in Using Simple Present Tense. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(3), 379.

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 46–57.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 8, 30–41.

Taufik Hidayah bin Abdullah, A. (2013). Error Analysis on The Use of The SimpleTense and The Simple Past Tense in Writing Essays Among TESL College Students. International Journal of Education and Research, 1(12), 1–12.

Thornbury, S. (1999). How to teach grammar. Longman.

Uti, H., Munir, & Said, S. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring dan Luring di MTs N 1 Gorontalo. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 10–17.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14.

Yulianti, U., Julia, J., & Febriani, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 1570–1583.

Yuniarti, F., & Rakhmawati, D. (2021). Studi kasus: Game digital “Kahoot” dalam pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 46–59.

Yuswardi, Y., Zulkarnaini, I., & Rizani, F. (2021). Fitur Tata Bahasa Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Web. Jurnal Tika, 6(01), 35–43.

Downloads

Published

2025-10-30