Analisis Konseptual Perencanaan Kurikulum Pendidikan Dasar dalam Perspektif Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nadila Hardiyanti Universitas Jambi
  • Yantoro Universitas Jambi
  • Hadiyanto Universitas Jambi
  • Eka Sastrawati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34471

Keywords:

perencanan kurikulum, pendidikan dasar, kurikulum merdeka

Abstract

Kurikulum merupakan elemen strategis dalam sistem pendidikan yang menentukan arah, isi, serta orientasi proses pembelajaran di setiap jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan dasar, rancangan kurikulum memiliki signifikansi tinggi dalam memastikan keterpaduan antara karakteristik perkembangan peserta didik dengan tuntutan perubahan sosial dan kemajuan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual dan filosofis rancangan perencanaan kurikulum dalam kerangka implementasi Kurikulum Merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah studi pustaka (literature review) dengan menelaah berbagai dokumen akademik, regulasi pendidikan, serta hasil penelitian empiris yang relevan. Temuan kajian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum pada Kurikulum Merdeka menekankan prinsip fleksibilitas, diferensiasi pembelajaran, dan relevansi kontekstual yang menempatkan peserta didik sebagai pusat kegiatan belajar. Selain itu, desain kurikulum ini diorientasikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui integrasi penguatan kompetensi, pembentukan karakter, serta pengembangan daya berpikir kritis, kreatif, dan reflektif. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka merepresentasikan pergeseran paradigma pendidikan dari model transfer pengetahuan menuju sistem pembelajaran yang berorientasi pada pemaknaan, kemandirian, dan keberlanjutan proses belajar sepanjang hayat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. (2024). Metode penelitian kepustakaan dalam pendidikan Islam. Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 3(2), 102–113.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.

Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Jamilatun, A., Waharjani, W., & Wantini, W. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di SD Unggulan Aisyiyah Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1010-1018.

Kurniawan, A., Setiawan, D., & Wijaya, S. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 45-59.

Nurdin, S., Kosim, M., & Tabrani. (2023). Perencanaan Kurikulum Dan Pembelajaran. Journal on Education, 06(01), 5554–5559.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Naskah akademik prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Putri, N. S., & Aliyyah, R. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar: perkembangan yang signifikan dalam pendidikan Indonesia. Karimah Tauhid, 3(3), 2769-2778.

Rahma, M., Hutagalung, N. S. M., Heriani, N. A., & Siregar, F. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SDN 106813 Amplas. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 2(2), 104-109.

Salsabila, A., Nadin, S. A., Maryani, S., & Afandi, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Keunggulan Dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 2(2), 131-136.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

STANDAR, B., & Kurikulum, D. A. P. (2023). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Nomor 033/H/KR 2022, Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia.

Wahyudin et al., (2024). Kajian akademik kurikulum merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Downloads

Published

2025-11-11