Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kompetensi untuk Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Amal Mulia 2 Cileungsi

Authors

  • Laila Eka Rahmantika Universitas Indraprasta PGRI
  • Hendro Prasetyono Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34427

Keywords:

Pengembangan Instrumen, Evaluasi Berbasis Kompetensi, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi berbasis kompetensi untuk pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Amal Mulia 2, Cileungsi. Instrumen ini dirancang untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar (KD) yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat baik dengan nilai rata-rata 90%. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi (α = 0,87) dan mampu mengukur pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif. Dengan demikian, instrumen evaluasi berbasis kompetensi ini layak digunakan sebagai alat asesmen dalam pembelajaran matematika kelas VIII

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putra, A., & Lestari, D. (2021). Analisis Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–124.

Rangga Putera Boroallo, Danti Indriastuti Purnamasari, Kasmawati, & Mas’adi. (2025). Pentingnya Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran di Era Modern. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 2632–2638. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.949

Downloads

Published

2025-10-30