PERAN GURU DALAM PEMBINAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PUTRA GOWA

Authors

  • Muhammad Abrar Universitas Muslim Indonesia
  • Bisyri Abdul Karim Universitas Muslim Indonesia
  • Surani Universitas Muslim Indonesia
  • Hasanna Lawang Universitas Muslim Indonesia
  • Ilyas Tahir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34387

Keywords:

Peran Guru, Pembinaan Karakter, Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru dan proses pembinaan karakter, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, pada santri di Pondok Pesantren Al Amin Putra Gowa, Kelurahan Somba Opu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di pesantren Al Amin Putra Gowa telah menjalankan peranannya sebagai mursyid (uswah hasanah), orang tua, pembimbing, dan motivator dalam pembinaan karakter santri. Proses pembinaan karakter dilakukan melalui pendekatan taklim hayatussohabah, pembiasaan, pengawasan, dan evaluasi. Faktor pendukung dalam pembinaan karakter santri meliputi lingkungan pesantren yang kondusif, kualitas guru yang mumpuni, dan dukungan keluarga. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah kondisi santri yang beragam, terutama jika berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mendukung, memiliki trauma psikologis, atau motivasi belajar yang rendah. Untuk mengatasi hambatan ini, pesantren perlu mengembangkan sistem asesmen awal yang komprehensif terhadap kondisi santri, mencakup aspek psikologis, sosial, dan spiritual. Dengan asesmen yang baik, pesantren dapat merancang program pembinaan karakter yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan individu santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainani, Wilda Qorri, and M. Muizzuddin. 2025. “Pembentukan Karakter Pribadi Dan Sosial Di Pondok Pesantren Al-Hassan Rembang.” JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 24(2):483–92. doi: https://doi.org/10.29138/lentera.v24i2.1696.

Ardianto, Lutfi. 2021. “Urgensi Lingkungan Pesantren Dalam Membentuk Akhlak Santri Di Pp. Al-Anwar Paculgowang Diwek Jombang.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2(2):77–91. doi: https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2738.

Ishomuddin, Ishomuddin, and M. Husni. 2025. “Peran Pengurus Dan Ustadz Sebagai Pembimbing Dalam Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi Malang.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 3(1):336–47. doi: https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.808.

Khoiri, Ahmad, Evi Susilawati, Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma, Eko Suharyanto, Teti Sumarni, Regina Yoantika Natalie, Rihfenti Ernayani, and Khasanah. 2023. Konsep Dasar Teori Pendidikan Karakter. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Latif, Muhammad Abdul, Ngarifin Shidiq, and Nur Farida. 2025. “Implementasi Model Pembiasaan Uswah Hasanah Kyai Untuk Menumbuhkan Akhlak Santri Pondok Pesantren Al Istiqomah Kebumen.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(3):145–59. doi: https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.2938.

Listiani, Dwi. 2024. “Pola Pengasuhan Melalui Penerapan ‘Iffah’ Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Pada Santri Pondok Putri Markaz Al Kautsar Grabag Magelang.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(3):3593–3600. doi: https://doi.org/10.58230/27454312.906.

Lubis, Hasnita Br. 2024. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kualitas Pendidikan 2(3):358–62.

Pristiwanti, D., B. Badariah, S. Hidayat, and S. Dewi, R. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):7911–15. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Qahar Zainal, A., Ansar, A. 2022. “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Education and Learning Journal 2(2):126–132. doi: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134.

Ranam, Sanudin, Ibnu Fiqhan Muslim, and Priyono Priyono. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan.” Research and Development Journal of Education 7(1):90–100. doi: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192.

Sadali, Sadali. 2020. “Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):53–70. doi: https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.964.

Salsabila, Hasna, Azmy Ali Muchtar, Mahdiyah, Khansa Firyal Asparina, and Muhammad Faza Abror. 2025. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Pembentukan Akhlak Pada Siswa Di MA Al-Wathoniyah 14 Jakarta.” Ilma Jurnal Pendidikan Islam 3(2):112–23. doi: https://doi.org/10.58569/ilma.v3i2.1194.

Sanusi, Iwan, Andewi Suhartini, Haditsa Nurhakim Qur’ani, Ulvah Nuraeni, and Giantomi Muhammad. 2024. “Konsep Uswah Hasanah Dalam Pendidikan Islam.” Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter 1(1):1–20.

Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29–39. doi: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Ukhro, Joko Nur, Muhammad Yusuf, and Dedi Setiawan. 2025. “Penerapan Metode Keteladanan Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok PEsantren El-Qurro Lampung Utara.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 4(2):103–12.

Warisno, Andi. 2021. “Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam.” An Nida 1(1):1–8. doi: https://journal.an-nur.ac.id/index.php/jp1.

Widiyastuti, Ananda Vibra. 2021. “Efektivitas Pembimbing Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Di Asrama P Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan.” Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman 4(2):1–14. doi: https://doi.org/10.0281/tadrisuna.v4i2.64.

Yulianti, Yulianti, Wim Febrian Syahputra, Wina Gusey Nova Gulo, and Tielsa Gultom. 2023. “Pendidikan Dalam Keluarga Pada Anak Remaja.” Journal of Education Research 4(3):980–85.

Downloads

Published

2025-10-30