PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SDN KECAMATAN GUNUNG KALER KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34384Keywords:
Learning Discipline, Learning Interest, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN kecamatan Gunung Kaler kabupaten Tangerang (2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN kecamatan Gunung Kaler kabupaten Tangerang (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN kecamatan Gunung Kaler kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui berapa besar pengaruh kedisiplinan dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kecamatan Gunung Kaler yang berjumlah 104 siswa serta Sampel dari penelitian ini berdasarkan rumus slovin didapatkan sebanyak 51 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengukapkan bahwa antara variabel Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai signifikan 0,04 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel minat belajar terhadap hasil belajar didapatkan hasil nilai sig (0,045) lebih kecil dari 0,05, sehingga hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar. Dan variabel kedisiplinan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji Simultan (Uji F) didapatkan nilai F hitung = 3,124 lebih besar dari F tabel = 2,798 pada taraf signifikansi 5%, dan nilai sig (0,003) lebih kecil dari 0,05 dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Kedisiplinan belajar dan minat belajar memiliki pengaruh kontribusi sebesar 45% terhadap variabel terikat hasil belajar dan 55% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel bebas.
Downloads
References
Agustin., Y. D. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dan Disiplinn Belajar Siswa Kelas IX Pada Pembelajaran Di Suatu Sekolah Kristen. Journal Of Holistic Mathematics Education, 1(1). Hal 32-40.
Ananda, R. (2019). The Effect of Learning Strategies and Learning Independence on Learning Outcomes in Learning Evaluation Subject. International Journal on Language, Research and Education Studies, 3 (3). Hal 340-350.
Andira, P. U. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1). Hal 46-57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















