Dampak Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI Unwanul Falah NW Paok Lombok

Bullying dan motivasi belajar

Authors

  • Umu Kalsium Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor
  • Nurul Fitriani, Mukminah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34381

Keywords:

Perilaku Bullying, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI Unwanul Falah NW Paok Lombok dengan menggunakan pendekatan mixed methods. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket yang telah divalidasi dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana yang menghasilkan koefisien regresi sebesar -0,094 dengan nilai signifikansi 0,613, menunjukkan pengaruh negatif yang sangat lemah dan tidak signifikan secara statistik terhadap motivasi belajar. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa yang menjadi korban bullying mengungkapkan bullying verbal seperti ejekan dan panggilan nama merupakan bentuk bullying paling dominan dan berdampak negatif pada semangat, kepercayaan diri, dan konsentrasi belajar siswa. Meskipun sekolah memberikan nasehat, belum ada program pencegahan bullying yang terstruktur. Oleh karena itu, direkomendasikan pengembangan program pencegahan bullying yang komprehensif serta perhatian khusus bagi korban agar motivasi belajar siswa tetap terjaga dan berkembang optimal.

Kata kunci: Perilaku Bullying, Motivasi Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W. (2024). Hubungan persepsi rasa aman di sekolah dengan perilaku bystander pada fenomena bullying di SMP Kota Jambi. Universitas Jambi.

Am, S., Sri, S., & Asti, H. (2023). Pengaruh bullying terhadap motivasi belajar peserta didik di SDN 149 Tokinjong. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(2), 61-68.

Creswell, J. W. (2012). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Jan, A., & Husain, S. (2015). Bullying in elementary schools: Its causes and effects on students. Journal of Education and Practice, 6(19), 43–56.

KPAI. (2014). KPAI 2014, ada 622 kekerasan terhadap anak. Publikasi Utama.

Maemunah, & Abdul Sakban. (2023). Dampak bullying terhadap motivasi belajar siswa. CIVICUS: Pendidikan Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(2), 26–32.

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Rahmawati, A., & Noprida, D. (2023). Penyuluhan bullying pada anak remaja kelas 1 SMPN 1 Sungkai Tengah Kotabumi. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 10-25.

Rejeki, S. (2016). Pendidikan psikologi anak anti bullying pada guru-guru PAUD. Jurnal Pendidikan Psikologi Anak, 16(2).

Siska, A., Imawati, D., & Mariskha, S. E. (2024). Gambaran motivasi belajar pada korban bullying di siswa kelas XI SMA Negeri 2 Muara Wahau. Prosiding Parade Ilmiah Psikologi Untag Samarinda.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-10-30