LIVING HADIS ZIKIR PAGI DAN PETANG DALAM KELUARGA: ANALISIS SPIRITUAL DAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34354Keywords:
Living Hadis, Zikir Pagi dan Petang, Pendidikan Karakter IslamiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik zikir pagi dan petang dalam keluarga sebagai bentuk living hadis dengan menganalisis dampak spiritual, psikologis, serta pendidikan karakter yang ditimbulkannya. Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana orang tua dan anak berperan dalam menghidupkan amalan sunnah Nabi Muhammad SAW di ruang domestik keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi living hadis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teori tazkiyatun nafs Al-Ghazali dan konsep pendidikan keluarga Abdurrahman An-Nahlawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik zikir pagi dan petang dalam keluarga berfungsi ganda: sebagai ritual spiritual yang memperkuat kesadaran ketuhanan sekaligus sebagai sarana pendidikan karakter Islami melalui habituasi dan keteladanan. Temuan ilmiah mengindikasikan bahwa zikir rutin mampu menciptakan keharmonisan keluarga, meningkatkan resiliensi psikologis anak, menumbuhkan disiplin ibadah, serta membentuk identitas budaya religius lintas generasi. Dengan demikian, penelitian ini mempertegas bahwa rumah tangga merupakan locus utama pengamalan hadis Nabi Muhammad SAW dalam konteks kontemporer, serta memberikan kontribusi baru bagi pengembangan studi hadis dan pendidikan Islam.
Downloads
References
Agustina, E., Suryatik., Azhar., & Jupriaman. (2024). Jurnal Tarbiyah bil Qalam. Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, VIII(1), 1–7.
Aisyah, D., Naufal, M., & Syibromilisi, S. (2025). Metode Tazkiyat an-Nafs Al-Ghazali Dalam Pendidikan Islam Untuk Generasi Milenial. Khulasah : Islamic Studies Journal, 7(2), 1–15. https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.330
An-Nahlawi, A. (2016). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insani Press.
An-Nahlawi, A. (2018). Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Gema Insani.
Aulia, F. (2020). Hubungan Dzikir dengan Subjective Well-Being pada Remaja Muslim. Jurnal Psikologi Islami, 6(1).
Azizah, L. (2021). Pembiasaan Dzikir sebagai Media Pendidikan Akhlak pada Anak. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(2), 142.
Bourdieu, P. (2015). The Logic of Practice. Stanford University Press.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Farida, N. (2020). Peran Keluarga dalam Menghidupkan Living Hadis di Lingkungan Perkotaan. Studi Islam, 8(2), 6.
Hasanah, I. (2023). AKTIVITAS PEMBELAJARAN BAGI SANTRI USIA DINI BERBASIS MODERASI DAN TAZKIYATUN NAFS Imroatul. 1(4), 167–186.
Jayyy, S. (2025). PENERAPAN RUTINITAS PEMBACAAN DZIKIR RATIB AL-HADDAD SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN PSIKOSPIRITUAL SISWA DI SMKI NURUL HIJRIYAH SEJATI CAMPLONG SAMPANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 249–267. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/31736?utm_source=chatgpt.com
Lubis, A. (2022). Living Hadis dalam Tradisi Zikir Keluarga: Analisis Pendidikan Karakter Islami. Pendidikan Agama Islam Indonesia, 7(1).
Ma’muroh, M., Abqorina, A., & Amrin, A. (2024). The Concept of Tazkiyatun Nafs by Al-Ghazali and Its Implementation at Pesantren Darut Tasbih Tangerang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 833–844. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4989
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. RajaGrafindo Persada.
Nuraini, H. (2022). Pembiasaan Dzikir sebagai Media Pendidikan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 7(2).
Pargament, K. (2017). The Psychology of Religion and Coping: Theory, Research, and Practice. Guilford Press.
Purnomo, H., Mansir, F., Gumiandari, S., & Mualim, M. (2020). TAZKIYYAT AL-NAFS , DHIKR , AND SENSITIVITY AZKIYYA AS CULTURAL MODEL OF INDONESIAN CULTURAL COMMUNITIES IN F ACING COVID-19 P ANDEMIC FACING PANDEMIC. 18(2), 228–243.
Rachmawati, U. T., & Khariroh, U. (2024). Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak Menurut Abdurrahman An Nahlawi. 9(5), 255–264.
Rahmawati, A. (2020). Peran Dzikir dalam Membangun Keharmonisan Keluarga Muslim. Al-Tarbawi, 9(2).
Rosyada, D. (2019). Pendidikan Islam dalam Perspektif Sosial. Kencana.
Sholeh, M. (2022). Dzikir dan Solidaritas Sosial dalam Keluarga Muslim. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, 4(1).
Wulandari, D. (2021). Dzikir sebagai Media Pengendalian Emosi dan Stres.” Psikoislamika. Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 18(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















