Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Phet Arithmetic Terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34346Keywords:
Guided Discovery, PhET Arithmetic, Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Siswa Sekolah Dasar.Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering menghadapi kendala berupa rendahnya aktivitas belajar siswa dan kurang optimalnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Salah satu alternatif solusi adalah penggunaan model pembelajaran Guided Discovery yang dipadukan dengan media PhET Arithmetic untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan PhET Arithmetic terhadap aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 172 siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing 86 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar dan tes pemahaman konsep. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, paired sample t-test, independent sample t-test, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan PhET Arithmetic berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar dengan peningkatan rata-rata 15,105 dan perbedaan posttest sebesar 9,198 (Sig. = 0,000 < 0,05). Selain itu, terdapat pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan peningkatan rata-rata 53,477 dan perbedaan posttest sebesar 28,965 (Sig. = 0,000 < 0,05). Secara simultan, hasil uji MANOVA juga menunjukkan pengaruh yang signifikan (Sig. = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran Guided Discovery berbantuan PhET Arithmetic efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.
Azhar, A., Irianti, M., & Rahmadhani, M. (2023). The Effectiveness of The Virtual Lab-Assisted Guided Discovery Learning Model on Students’ Science Process Skills. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 9(1), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.09104.
Fitria, I., Suwangsih, E., & Rahayu, P. (2023). Pengaruh model discovery learning berbantuan media phet simulations terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di sekolah dasar kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5147–5156.
Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Hattie, J. (2023). Visible Learning: The Science of How We Learn. Routledge.
Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh model guided discovery learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900.
Jayanto, I. F., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran guided discovery. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, p. 245).
Kasmiana, Yusrizal, & Syukri, M. (2020). The application of guided discovery learning model to improve students concepts understanding. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1460, No. 1, p. 012122).
Pratiwi, K. M., Sudiarta, I. G. P., & Suweken, G. (2020). The effect of guided discovery learning model assisted by open-ended student worksheets towards mathematical problem solving ability reviewed of student’s emotional intelligence. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1503, No. 1, p. 012014).
Rahmat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(4), 715–747.
Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman konsep siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1), 1–8.
Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice, 13th edition. In Pearson. Pearson.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi. In Ar-Ruzz Media. Ar-Ruzz Media.
Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1).
Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas model guided discovery learning untuk video pembelajaran dalam mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267–275.
Warsiki, A. A. P. (2023). PhET Interactive Simulations Berbasis Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Asam Basa. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60456
Yuliani, K., & Saragih, S. (2015). The Development of Learning Devices Based Guided Discovery Model to Improve Understanding Concept and Critical Thinking Mathematically Ability of Students at Islamic Junior High School of Medan. Journal of Education and Practice 6, 6(24), 116–128.
Yuliani, Y., Iriawan, S. B., & Robandi, B. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 69–78.
Zainuri, B. N. S., Ayub, S., Doyan, A., & Gunawan, G. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Berbantuan PhET terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 227–233.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















