PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL PEMBUATAN KONSEP BUSANA PESTA PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA KELAS XI DI SMK PANGERAN ANTASARI

Authors

  • Syntia Natalia Crystien Situmeang STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Maisyarah Hasibuan STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34339

Keywords:

pengembangan e-modul, media pembelajaran, desain busana, model 4D, pendidikan kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta kelayakan media pembelajaran berupa e-modul yang berjudul “Membuat Konsep Desain Busana Pesta” pada mata pelajaran Desain Busana kelas XI di SMK Pangeran Antasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri atas empat tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (diseminasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan angket penilaian kelayakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, e-modul memperoleh skor rata-rata 69 dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya, hasil uji kelayakan oleh peserta didik menunjukkan skor rata-rata 68,9, yang juga termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan sangat layak dan sesuai digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Desain Busana kelas XI di SMK Pangeran Antasari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, H. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video). https://doi.org/10.31227/osf.io/tk43s

Depra, L., Syahrial, & Hayati, S. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5, 510–515. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4.1499

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 4(1), 57–69. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir

Izza, H., Wardhono, W. S., & Suharsono, A. (2023). Pengembangan E-modul Interaktif sebagai Sumber Belajar pada Materi Komunikasi Jaringan Komputer dan Telepon Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5), 2460–2468.

Lastri, Y. (2023). PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR E-MODUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Citra Pendidikan, 3, 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Puspitasari, V., Rufi’i, R., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran Bipa di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4).

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649

Saragih, L., & Darma, J. (2023). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11, 14–30. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.7725

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan, 15, 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Downloads

Published

2025-10-30