STUDI KASUS IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD

Authors

  • Euis Nurseha UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
  • Hendo Prasetyono UNIVERSATAS INDRAPRASTA PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34311

Keywords:

Problem Based Learning,, Pembelajaran Matematika,, Study Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam evaluasi pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi kelas, penelitian ini melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah sebagai partisipan utama. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis proses implementasi PBL, dampaknya terhadap pemahaman dan sikap siswa, serta bentuk evaluasi, tantangan, dan dukungan sekolah dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL mengubah model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada siswa melalui pemecahan masalah kontekstual, kerja kelompok, serta refleksi. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa menemukan konsep Matematika melalui pengalaman belajar nyata. Temuan menunjukkan bahwa PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan pemecahan masalah siswa. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa, dan kesulitan dalam merancang masalah kontekstual masih menjadi kendala dalam pelaksanaan. Dukungan sekolah dalam bentuk pelatihan guru, penyediaan media pembelajaran, serta supervisi berkelanjutan terbukti berpengaruh positif terhadap keberhasilan PBL. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh mencakup proses, sikap, dan hasil belajar. Secara keseluruhan, PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Matematika, mendorong partisipasi aktif dan kolaboratif siswa, serta mengembangkan kompetensi abad ke-21 yang mendukung pembelajaran mandiri dan reflektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Problem-Based Learning: Enhancing Critical Thinking in Education. New York, NY: Routledge.

Arends, R. I. (2021). Learning to Teach (11th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.

Barrows, H. S. (2022). Problem-Based Learning Applied to Medical Education. Springfield, IL: Southern Illinois University Press.

Simamora, R. M., Hutagalung, F., & Situmorang, M. (2025). Evaluasi dan Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Widodo, S., & Kadarwati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif: Konsep, Implementasi, dan Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Abdul Hanid, M. F., Mohamad Said, M. N. H., Yahaya, N., & Abdullah, Z. (2022). Effects of augmented reality application integration with computational thinking in geometry topics. Education and Information Technologies, 27(7), 9485–9521. https://doi.org/10.1007/S10639-022-10994-W

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6963–6972. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I5.3845

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Skill and Enviromental Attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/JEGYS.650344

Ariefka, R., & Sari, S. (2023). The Effect of Problem Based-Learning Based on Science Edutainment on Students’ Logical Thinking. EDUCARE: Journal of Primary Education, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.35719/EDUCARE.V4I1.199

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I3.36230

Carrió Llach, M., & Llerena Bastida, M. (2023). Exploring innovative strategies in problem based learning to contribute to sustainable development: a case study. International Journal of Sustainability in Higher Education, 24(9), 159–177. https://doi.org/10.1108/IJSHE-07-2021-0296

Dekrista, C. (2024). Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPAS: Efektivitas untuk Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 8(6), 4682–4691. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V8I6.9007

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/TARQIYATUNA.V3I1.516

Fälth, L., & Selenius, H. (2024). Primary school teachers’ use and perception of digital technology in early reading and writing education in inclusive settings. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 19(3), 790–799. https://doi.org/10.1080/17483107.2022.2125089

Firmansyah, A., Oktapianti, D., Sulistianingrum, F. A., Zakiyah, S., Alpian, Y., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Buana, U., & Karawang, P. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2643–2647. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V8I1.12785

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/JUKASI.V7I3.21599

Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M. A. (2020). Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 1. https://doi.org/10.24235/AL.IBTIDA.SNJ.V7I1.6088

Kihwele, J. E., & Mkomwa, J. (2023). Promoting students’ interest and achievement in mathematics through “King and Queen of Mathematics” initiative. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 16(1), 115–133. https://doi.org/10.1108/JRIT-12-2021-0083

Kleinke, S., & Cross, D. (2022). Remote elementary education: a comparative analysis of learner development (part 1). Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 15(2), 178–196. https://doi.org/10.1108/JRIT-08-2021-0055

Kusasih, I. H., Satria, D., & Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran | E-ISSN : 3026-6629, 2(2), 562–568. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/344

Naidoo, J. (2025). Exploring mathematics teachers’ perceptions of integrating digital pedagogy in rural schools. Discover Education, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.1007/S44217-025-00589-1/TABLES/3

Nurhayati, N., Mardiana, N., & Rianti, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GUNA MENINGKATKAN TERAMPIL MEMBACA DAN MENULIS LANJUT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR SETIA BUDHI (JPDS), 4(2), 88–95. https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/96

Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2023). Elementary school teachers’ perceptions of the potential of metaverse technology as a transformation of interactive learning media in Indonesia. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(1), 128–136. https://doi.org/10.53894/IJIRSS.V6I1.1119

Rostika, D., Windayana, H., & Komariah, D. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mencari Solusi Altenatif Pada Penyelesaian SoalMatematika Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/EH.V5I1.2831

Shintarahayu, B. (2025). Integration of Educational Technology: Enhancing Prose and Poetry Creativity Through Digital Media in Elementary Schools. Assyfa Learning Journal, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.61650/ALJ.V3I1.142

Silva, A. B. Da, Bispo, A. C. K. de A., Rodriguez, D. G., & Vasquez, F. I. F. (2018). Problem-based learning: A proposal for structuring PBL and its implications for learning among students in an undergraduate management degree program. Revista de Gestao, 25(2), 160–177. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030/FULL/PDF

Song, X., Mak, J., & Chen, H. (2025). Teachers and Learners’ Perceptions about Implementation of AI Tools in Elementary Mathematics Classes. SAGE Open, 15(2). https://doi.org/10.1177/21582440251334545/ASSET/A7866C4E-DBF6-417A-9619-558FED5F6680/ASSETS/IMAGES/LARGE/10.1177_21582440251334545-FIG2.JPG

Triani, L., & Rofi’ah, S. (2023). Analisis Persepsi Guru Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi dan Numerasi. Jurnal Basicedu, 7(4), 2521–2529. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V7I4.5942

Urbina, A., & Polly, D. (2017). Examining elementary school teachers’ integration of technology and enactment of TPACK in mathematics. International Journal of Information and Learning Technology, 34(5), 439–451. https://doi.org/10.1108/IJILT-06-2017-0054

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/JIEPP.V4I1.368

Downloads

Published

2025-10-16