UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SEJARAH HINDU BUDDHA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34299Keywords:
Window Shopping, picture media, learning motivation, history learning.Abstract
Rendahnya semangat belajar pada bidang studi sejarah, khususnya materi Kebudayaan Hindu-Buddha di kelas X MA Bustanul Ulum 03 Kasiyan Timur, menjadi tantangan utama dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar yang masih fokus pada peran guru menyebabkan siswa kurang aktif dan tampak kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan model pembelajaran Window Shopping dengan dukungan media gambar guna menumbuhkan motivasi belajar siswa. penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran, yaitu kualitatif dan kuantitatif sederhana, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari 58% pada pratindakan menjadi 68% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 82% pada siklus II. Siswa terlihat lebih aktif, antusias, dan berani dalam mengemukakan pendapatnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Model Window Shopping berbantuan media gambar efektif menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Window Shopping yang dipadukan dengan media gambar dapat menjadi salah satu pilihan strategi pembelajaran untuk menumbuhkan semangat belajar.
Kata kunci: Window Shopping, media gambar, motivasi belajar, pembelajaran sejarah.
Downloads
References
Mulyono, A. (2023). Strategi pembelajaran berbasis pengalaman untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah, 9(1), 33–41.
Pratiwi, R. D. (2022). Pengaruh aktivitas kelompok terhadap motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 10(2), 88–96.
Rukminingsih, G.A.,& Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan: Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan kelas. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, B., & Lestari, W. (2021). Penerapan model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 23–31.
Slameto. (2019). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyadi, A., & Sari, D. P. (2020). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 45–52.
Sulistyaratih, N. I., Adnan, & Sehalyana, S. (2021). Penerapan Problem Based
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.