Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Describe, Explain, and Create) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34295Keywords:
Influence of the RADEC learning model, learning outcomes in the cognitive domainAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa indonesia UPT SDN 11 Kalukalukuang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 11 Kalukalukuang yang berjumlah sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Radec untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca dapat dilakukan pada pretest dengan nilai rata-rata 67,08 dan mengalami peningkatan hasil posttest dengan nilai rata-rata 85,83. Sehingga terjadi peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest ke posttest. Hal ini diikuti dengan penerapan model Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV UPT SDN 11 Kalukalukuang.
Downloads
References
Ahmad Turmudzi. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Usaha dan Energi di MA AN Nidham Kalisari Sayung Demak. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan Fisika dan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang.
Doni Setiawan Pramono. (2018). Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Perawatan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR 3 Di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif dan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Khairun Nisa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa MIN 2 Aceh Besar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.
Kholid Yusuf. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan HOTS dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri Garung, Jurnal Kajian Pendidikan Sains, Vol. IV (01): 41-42 Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, Ganding Pustaka, Pasuruan.
Nichen Irma Cintia, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Penelitian, Vol. 32 (1): 71
Nurokhim. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar QaharPublisher,Semarang. Pagarra H, R. S. (2024). Penerapan Metode Mnemonik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 23.
Rasmi Hutabarat. (2019). Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyaraka (STM) Kelas IV SD Negeri 167959 KotaTebing Tinggi, Jurnal Elementary School, Vol. 9 (2):159-168
Rini, K, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan AFL Melalui Strategi Pemberian Balikan Untuk Meningkatkan Perhatian Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol. II (1): 45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.