Paradigma Humanisme Paulo Freire dalam Transformasi Manajemen Pendidikan Abad 21: Analisis Kritis Praktik Manajemen Pendidikan Saat Ini
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34287Keywords:
Humanisme Paulo Freire, manajemen pendidikan, dialog, conscientização, praxis, birokrasi, transformasi sekolahAbstract
Artikel ini menganalisis praktik manajemen pendidikan di Indonesia abad ke-21 melalui lensa humanisme dialogis Paulo Freire. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa dominasi paradigma birokratis dan teknokratis dalam manajemen sekolah telah menimbulkan berbagai ketimpangan, seperti alienasi guru, pseudo-partisipasi, kesenjangan digital, dan dehumanisasi proses pendidikan. Melalui studi kasus multipel di enam sekolah menengah, ditemukan bahwa ruang dialog, refleksi kritis, dan aksi transformatif masih sangat terbatas akibat kuatnya logika kepatuhan administratif dan budaya hierarkis. Namun, terdapat bukti bahwa integrasi prinsip-prinsip Freire—dialog, conscientização, praxis, dan liberasi—dapat mendorong transformasi manajemen pendidikan menjadi lebih partisipatif, inklusif, dan membebaskan. Artikel ini merekomendasikan perlunya reformasi administratif, penguatan kapasitas reflektif, serta pemanfaatan nilai-nilai lokal dan teknologi digital untuk mewujudkan manajemen pendidikan yang humanis dan relevan dengan kebutuhan abad 21.
Downloads
References
Buku :
Albadi , Kritik atas Konsep Pemikiran Pendidikan Humanis Paulo Freire : Tinjauan Perspektif Pendidikan Islam, Guepedia: 2022
Hepi Ikmal, Nalar Humanisme dalam Pendidikan: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara dan Paulo Freire, Nawa Litera Publishing: 2021
Roosye Marie Lolowang, Kebijakan Yang Memanusiakan: Sinergi Psikologi dan Manajemen dalam Merancang Sistem Pendidikan Humanis, Star Digital Publishing, Yogyakarta-Indonesia, 2025
Artikel in Press :
Abie Besman, dkk. Manajemen Yang Memanusiakan Manusia: Humanizing Management, Media Kompas : 2024
Jurnal :
Amon, Barros, et al., 2024, Politicizing and Humanizing Management Learning and Education with Paulo Freire, FGV EAESP
Atik Mar'atus Sholikhah, 2016, Humanisme dan Komunikasi Dialogis Paulo Freire, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Meri Susanti, Sufyarma Marsidin, Yeni Karneli, 2024, Implementasi Pemikiran Paulo Freire dalam Bimbingan dan Konseling: Pendidikan Humanis dan Dialogis, urnal Ummatan Wasathan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















