PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MTs AL-FURQON, KABUPATEN FLORES TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34273Keywords:
Model Group Investigation, Hasil Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Furqon Koli Petung pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari hasil lembar aktivitas siswa, di mana pada siklus I, 45% siswa berada pada kategori "Sedang," dan pada siklus II, 80% siswa mencapai kategori "Sangat Tinggi." Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 62,67 pada pra-siklus (ketuntasan 26,66%) menjadi 72,67 pada siklus I (ketuntasan 53,33%), dan mencapai 85,33 pada siklus II (ketuntasan 93,33%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Furqon Koli Petung.
Downloads
References
Anwar, Moh Farid, and Kardiana Metha Rozhana. 2020. “Pembelajaran Group Investigation Dan Talking Chips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 4(2):107–13. doi: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4325.
Artawan, Putu. 2023. “The Effectiveness of Group Investigation Cooperative Learning Model on Students’ Science Learning Achievement.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9(6):4544–4550. doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.3801.
Azizah, Ikrimah Nur, Budi Febriyanto, and Abdur Rasyid. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Katerampilan Berbicara Siswa Abad 21.” Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia 2(1):18–26. doi: https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.308.
Devi, Kadek Sri Trisna, I. Made Citra Wibawa, and I. Kadek Agus Sudiandika. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V.” Mimbar Ilmu 26(2):233–42. doi: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079.
Febriyanti, Natasya. 2021. “Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1631–38.
Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. 2020. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4(1):1–27. doi: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.
Lubis, Hasnita Br. 2024. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kualitas Pendidikan 2(3):358–62.
Madhar, Madhar. 2024. “Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Islam Kontemporer.” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah 3(2):115–26. doi: https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i2.813.
Pambudi, Moch Rio. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan.” Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(1):15–23. doi: https://doi.org/10.47134/aksiologi.v3i1.119.
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6(2):164–74. doi: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535.
Sudarmanto, Eko, Siska Mayratih, Andri Kurniawan, Leon Andretti Abdillah, Martriwati Martriwati, Tiurlina Siregar, Rachmawaty Noer, Indra M.Ahmad Kailani, Arif Ganda Nanda, Mar’atus Nugroho, Muhammad Sholihah, Nunik Yudaningsih Rusli, and Hamdan Firmansyah. 2021. Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Isania Publishing.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29–39. doi: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Telaumbanua, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2):839–47. doi: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2558.
Widyaningsih, Ririn Oktisa, and Durinta Puspasari. 2021. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (Investigasi Kelompok) Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di Smkn 1 Lamongan.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(1):77–84. doi: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p77-84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.