FENOMENA BRAIN ROT PADA SISWA GENERASI ALPHA DI INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34269Keywords:
Phenomenon, Brain Rot, Generation AlphaAbstract
Fenomena "brain rot" (kebusukan otak) telah menjadi perhatian yang semakin meningkat di kalangan siswa generasi alfa, khususnya di wilayah Indramayu. Kondisi ini merujuk pada penurunan kemampuan berpikir dan konsentrasi yang disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap konten digital yang dangkal dan berulang, seperti video pendek di TikTok atau YouTube Shorts, serta gim daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana "brain rot" terjadi di kalangan siswa sekolah dasar, faktor-faktor penyebabnya, dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi yang dikombinasikan dengan tinjauan pustaka. Partisipan terdiri dari guru-guru sekolah dasar di Indramayu, yang dipilih secara purposif berdasarkan pengalaman langsung mereka dalam mengamati perilaku digital siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen, kemudian dikaji menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengenali tanda-tanda "brain rot" di kalangan siswa generasi alfa, yang ditandai dengan menurunnya konsentrasi, motivasi belajar yang rendah, dan meningkatnya ketergantungan pada hiburan digital instan dan bernilai rendah. Faktor-faktor utama yang berkontribusi meliputi penggunaan gawai yang berlebihan, kurangnya pengawasan orang tua, budaya literasi yang lemah, dan pengaruh tren media sosial yang viral. Fenomena ini berdampak negatif terhadap kemampuan kognitif, prestasi akademik, dan kesejahteraan emosional siswa. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan sekolah sangat penting untuk memperkuat literasi digital, mendorong penggunaan teknologi yang produktif, dan merancang strategi pembelajaran adaptif yang merangsang keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Allo, K. P., Widiawati, W., Danindra, F., Haliq, M. I., & Harianto. (2025). Dampak Konten Viral di Platform Instagram: Tantangan dan Konsekuensi. Literatify: Trends in Library Developments, 6(1), 163-170. doi:10.24252/literatify.v6i1.55463
Anwar, F. (2022). Generasi Alpha: Tantangan dan Kesiapan Guru Bimbingan Konseling dalam Menghadapinya. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 5(2), 68-80. doi:https://doi.org/10.22373/taujih.v5i2.16093
Aqiiby, E. E. (2025, Juni 11). Kajian Fenomenologis: Fenomena Brain Rot di Kalangan Gen Alpha. Retrieved September 1, 2025, from uinsa.ac.id: https://uinsa.ac.id/kajian-fenomenologis-fenomena-brain-rot-di-kalangan-gen-alpha
Aribowo, P., & Bagaskara, M. I. (2025). Dampak Penggunaan Media Sosial 'Brain Rot" Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Sosial dan Teknologi (Sostech), 5(3), 350-357. doi:https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32020
Ar-Rasyid, F., & Rohyana, H. (2025). Pendidikan Literasi Digital Untuk Generasi Alpha: Belajar, Beradaptasi, dan Berinovasi di Era AI. Indonesian Journal of Primary Education and Learning, 1(1), 31-40. Retrieved from https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/ijopel/article/view/876
Bayraktar, M. (2025). The Role of Social Capital in Combatting Brain Rot. SSRN. Retrieved from https://ssrn.com/abstract=5085553
Bukhori, Z. F. (2025). Pengaruh Brainrot terhadap Penerimaan Dakwah di Masyarakat: Pendekatan Psikologi KOgnitif dalam Komunikasi Keagamaan. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(3), 1602-1613. Retrieved from https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/846
Çeber, B. (2025). Generative Artificial Intelligence and Brain Rot From An Advertising Perspective. The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication, 15(3), 1162-1177. doi:https://doi.org/10.7456/tojdac.1674327
Fajria, N., Mahendra, A. S., Setiani, M. F., Roziqi, F., Muslikah, M., & Mahfud, A. (2025). Digital Parenting Meningkatkan Perkembangan Anak Yang Berkualitas. Journal of Creative Student Research, 3(1), 167-176. doi:https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4748
Farida, M. C. (2025). Pentingnya Pendidikan Agama Kristen Sebagai Benteng Pertahanan Rohani Peserta Didik Untuk Melawan Brain Rot di Era Digital. Incuclo Journal of Christian Education, 5(3), 263-282. doi:https://doi.org/10.59404/ijce.v5i3.259
Hardianti, F., Pratiwi, Y. R., & Zaman, K. (2025). Edukasi Pengasuhan Digital Bagi Generasi Alpha di Majlis Ihram Riau. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(2), 1978-2084. doi:http://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i2.5867
Hazmi, M. H. (2025). Q.S Al-'Ashr Perspektif Teori Double Movement Fazlur Rahman dalam Menanggapi Fenomena Brain Rot. Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir, 4(1), 61-77. doi:https://doi.org/10.59005/jsqt.v4i1.672
Kartika, D. A., Mualafina, R. F., & Prayogi, I. (2025). Proses Pembentukan Ragam Gaul Generasi Alpha di Media Sosial Tiktok. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2103-2109. doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7116
Kusumawaty, I., Yunike, Aprilyadi, N., Susmini, Sulaningsi, K., Zuraidah, & Harsanto, D. E. (2025). Bangun Kekuatan Otak Remaja: Peer Support Sebagai Senjata Melawan Brain Rot. Si Kemas Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.47353/sikemas.v3i4.3210
Lakilaki, E., Puri, R. M., Saputra, A. N., Shawmi, A. N., Asiah, N., & Rizky, M. (2025). The Phenomenological Analysis of the Impact of Digital Overstimulation on Attention Control in Elementary School Students: A Study on the 'Brain Rot' Phenomenon in the Learning Process. Tofedu: The Future of Education Journal, 4(1), 265-274. doi:https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i1.408
Legi, H., & Legi, D. G. (2025). Menguatkan Spiritualitas Generasi Alpha Melalui Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual. AP-Kain Jurnal Mahasiswa, 3(1), 32-47. doi:https://doi.org/10.52879/jak.v3i1.173.g103
Lestari, C. A., Zikrinawati, K., & Ikhrom. (2025). Dampak Overstimulasi Konten Digital Terhadap Pemusatan Perhatian Anak. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 198-205. doi:https://doi.org/10.51878/paedagogy.v5i1.4941
Maknum, M. L., Muzayanah, U., & Santoso, A. G. (2025). Anomali Brainrot: Tafsir Budaya Atas Tubuh, Hasrat, dan Kekerasan Simbolik di Era Digital. Susastra: Jurnal Ilmu Susastra dan Budaya, 14(1), 54-72. doi:https://doi.org/10.51817/susastra.v14i1.242
Martino, D. D., & Basta, A. (2025). Generative-AI As Resource Against the "Brain Rot". GIORNALE ITALIANO DI EDUCAZIONE ALLA SALUTE, SPORT E DIDATTICA INCLUSIVA, 9(2), 1-19. doi:https://doi.org/10.32043/gsd.v9i2.1378
Masruroh, J. (2025). Mengurangi Overconsumption Konten Brain Rot Media Sosial Melalui Pendidikan Tazkiyatun Nafs Guna Membentuk Karakter Religius dan Intelektual Pada Siswa Madrasah. Journal of Knowledge and Collaboration, 2(8), 785-792. doi:https://doi.org/10.59613/12n8k507
Meutia, A. (2025). Perbudakan Digital Era Kekinian. Jurnal Deliberatif, 3(1), 76-102. Retrieved from conferences.unusa.ac.id
Morena, Y. A., & Khodijah. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anxiety Disorder: Tinjauan Psikologi Islam. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 7(3), 261-268. Retrieved from https://journalversa.com/s/index.php/jpkp/article/view/1448
Munawir, Damayanti, F. A., & Pambayun, S. P. (2024). Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur'an. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.628
Rozikin, Z., Kamalia, A. Z., Wiyarno, Ramadhan, M. R., & Hasanah, Q. A. (2025). Strategi Pendampingan Penggunaan Media Sosial yang Positif dan Produktif Bagi Generasi Alpha. Madaniya, 6(1), 329-337. Retrieved from ttps://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/1139
Sabilla, D. F., Fanirin, M. H., & Mardani, D. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Psikologi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Haurgeuliskolot Indramayu. Journal of Islamic Studies Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia, 1(4), 409-422. doi:https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.032
Shanmugasundaram, M., & Tamilarasu, A. (2023). The Impact of Digital Technology, Social Media, and Artificial Intelligence on Cogtive Functions: a Review. Frontiers in Cognition, 2(1203077), 1-11. doi:10.3389/fcogn.2023.1203077
Sihotang, H., Tinambunan, A., Siagian, M. V., Hutauruk, A. T., & Naibaho, P. R. (2025). Pelatihan Strategi Memahami Audiens Untuk Generasi Alpha. Kaizen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 52-57. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAIZEN/article/view/4553
Sudiansyah, Irawan, F., Masita, Supardi, & Dinoto, M. (2024). Fenomena Brain Rot; Dampak Penggunaan Handphone Berlebihan Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Numbers: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 241-251. Retrieved from https://mathedu.joln.my.id/index.php/edu/article/view/87
Sudirman, Lubis, L. H., Ritonga, A. S., & Cynthia. (2025). Pengembangan Model Pendidikan Islam Berbasis Literasi Digital untuk Generasi Alpha di Indonesia. Jurnal Tarbiyah bil Qalam, 9(2), 2-12. Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/288
Ugrasena, M. (2025, Juni 20). Brain Rot Pada Generasi Alpha: Tantangan atau Ancaman? Retrieved September 1, 2025, from kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/michaelkushannesta4489/68555c03ed64155cf61edcd2/brain-rot-pada-generasi-alpha-tantangan-atau-ancaman
Urwatulwutsqo, H., Ghifari, M., & Ash, A. (2025). Fenomena Brain Rot dalam Perspektif Hadis; Anallisis Dampaknya terhadap Moralitas Remaja. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadits, 8(2), 1-18. doi:https://doi.org/10.35132/albayan.v8i2.1305
Yazgan, A. M. (2025). The Problem of the Century: Brain Rot. OPUS: Journal of Society Research, 22(2), 211-221. doi:10.26466/opusjsr.1651477
Yılmaz, E., & Aktürk, A. (2025). Brain Rot: A Scale Development Study. Research on Education and Psychology (REP), 9(1), 5-28. doi:https://doi.org/10.54535/rep.1666895
Yousef, A. M., Alshamy, A., Tlili, A., & Metwally, A. H. (2025). Demystifying the New Dilemma of Brain Rot in the Digital Era: A Review. Brain Sciences, 15(283), 1-16. doi:https://doi.org/10.3390/brainsci15030283
Yusuf, W. O., Bustaming, W. W., Rahmatia, F., Zanurhaini, Z., Salsabillah, Salawati, A. N., Maliati, M. (2024). Pengasuhan Ideal Bagi Generasi Alpha. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(1), 32-45. doi:https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i1.105
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















