FENOMENA BRAIN ROT PADA SISWA GENERASI ALPHA DI INDRAMAYU

Authors

  • Fajar Romadhon STAI Sayid Sabiq Indramayu
  • Nunik Hidayaturrohman STAI Sayid Sabiq Indramayu
  • Rafik Abdilah STAI Sayid Sabiq Indramayu
  • Achmad Faqihuddin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abdillah Muflih 5Islamic University of Madinah
  • Lely Nur Hidayah Syafitri Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34269

Keywords:

Phenomenon, Brain Rot, Generation Alpha

Abstract

Fenomena "brain rot" (kebusukan otak) telah menjadi perhatian yang semakin meningkat di kalangan siswa generasi alfa, khususnya di wilayah Indramayu. Kondisi ini merujuk pada penurunan kemampuan berpikir dan konsentrasi yang disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap konten digital yang dangkal dan berulang, seperti video pendek di TikTok atau YouTube Shorts, serta gim daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana "brain rot" terjadi di kalangan siswa sekolah dasar, faktor-faktor penyebabnya, dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi yang dikombinasikan dengan tinjauan pustaka. Partisipan terdiri dari guru-guru sekolah dasar di Indramayu, yang dipilih secara purposif berdasarkan pengalaman langsung mereka dalam mengamati perilaku digital siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen, kemudian dikaji menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengenali tanda-tanda "brain rot" di kalangan siswa generasi alfa, yang ditandai dengan menurunnya konsentrasi, motivasi belajar yang rendah, dan meningkatnya ketergantungan pada hiburan digital instan dan bernilai rendah. Faktor-faktor utama yang berkontribusi meliputi penggunaan gawai yang berlebihan, kurangnya pengawasan orang tua, budaya literasi yang lemah, dan pengaruh tren media sosial yang viral. Fenomena ini berdampak negatif terhadap kemampuan kognitif, prestasi akademik, dan kesejahteraan emosional siswa. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru, orang tua, dan sekolah sangat penting untuk memperkuat literasi digital, mendorong penggunaan teknologi yang produktif, dan merancang strategi pembelajaran adaptif yang merangsang keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allo, K. P., Widiawati, W., Danindra, F., Haliq, M. I., & Harianto. (2025). Dampak Konten Viral di Platform Instagram: Tantangan dan Konsekuensi. Literatify: Trends in Library Developments, 6(1), 163-170. doi:10.24252/literatify.v6i1.55463

Anwar, F. (2022). Generasi Alpha: Tantangan dan Kesiapan Guru Bimbingan Konseling dalam Menghadapinya. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 5(2), 68-80. doi:https://doi.org/10.22373/taujih.v5i2.16093

Aqiiby, E. E. (2025, Juni 11). Kajian Fenomenologis: Fenomena Brain Rot di Kalangan Gen Alpha. Retrieved September 1, 2025, from uinsa.ac.id: https://uinsa.ac.id/kajian-fenomenologis-fenomena-brain-rot-di-kalangan-gen-alpha

Aribowo, P., & Bagaskara, M. I. (2025). Dampak Penggunaan Media Sosial 'Brain Rot" Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Sosial dan Teknologi (Sostech), 5(3), 350-357. doi:https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32020

Ar-Rasyid, F., & Rohyana, H. (2025). Pendidikan Literasi Digital Untuk Generasi Alpha: Belajar, Beradaptasi, dan Berinovasi di Era AI. Indonesian Journal of Primary Education and Learning, 1(1), 31-40. Retrieved from https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/ijopel/article/view/876

Bayraktar, M. (2025). The Role of Social Capital in Combatting Brain Rot. SSRN. Retrieved from https://ssrn.com/abstract=5085553

Bukhori, Z. F. (2025). Pengaruh Brainrot terhadap Penerimaan Dakwah di Masyarakat: Pendekatan Psikologi KOgnitif dalam Komunikasi Keagamaan. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(3), 1602-1613. Retrieved from https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/846

Çeber, B. (2025). Generative Artificial Intelligence and Brain Rot From An Advertising Perspective. The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication, 15(3), 1162-1177. doi:https://doi.org/10.7456/tojdac.1674327

Fajria, N., Mahendra, A. S., Setiani, M. F., Roziqi, F., Muslikah, M., & Mahfud, A. (2025). Digital Parenting Meningkatkan Perkembangan Anak Yang Berkualitas. Journal of Creative Student Research, 3(1), 167-176. doi:https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4748

Farida, M. C. (2025). Pentingnya Pendidikan Agama Kristen Sebagai Benteng Pertahanan Rohani Peserta Didik Untuk Melawan Brain Rot di Era Digital. Incuclo Journal of Christian Education, 5(3), 263-282. doi:https://doi.org/10.59404/ijce.v5i3.259

Hardianti, F., Pratiwi, Y. R., & Zaman, K. (2025). Edukasi Pengasuhan Digital Bagi Generasi Alpha di Majlis Ihram Riau. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(2), 1978-2084. doi:http://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i2.5867

Hazmi, M. H. (2025). Q.S Al-'Ashr Perspektif Teori Double Movement Fazlur Rahman dalam Menanggapi Fenomena Brain Rot. Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir, 4(1), 61-77. doi:https://doi.org/10.59005/jsqt.v4i1.672

Kartika, D. A., Mualafina, R. F., & Prayogi, I. (2025). Proses Pembentukan Ragam Gaul Generasi Alpha di Media Sosial Tiktok. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2103-2109. doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7116

Kusumawaty, I., Yunike, Aprilyadi, N., Susmini, Sulaningsi, K., Zuraidah, & Harsanto, D. E. (2025). Bangun Kekuatan Otak Remaja: Peer Support Sebagai Senjata Melawan Brain Rot. Si Kemas Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.47353/sikemas.v3i4.3210

Lakilaki, E., Puri, R. M., Saputra, A. N., Shawmi, A. N., Asiah, N., & Rizky, M. (2025). The Phenomenological Analysis of the Impact of Digital Overstimulation on Attention Control in Elementary School Students: A Study on the 'Brain Rot' Phenomenon in the Learning Process. Tofedu: The Future of Education Journal, 4(1), 265-274. doi:https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i1.408

Legi, H., & Legi, D. G. (2025). Menguatkan Spiritualitas Generasi Alpha Melalui Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual. AP-Kain Jurnal Mahasiswa, 3(1), 32-47. doi:https://doi.org/10.52879/jak.v3i1.173.g103

Lestari, C. A., Zikrinawati, K., & Ikhrom. (2025). Dampak Overstimulasi Konten Digital Terhadap Pemusatan Perhatian Anak. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 198-205. doi:https://doi.org/10.51878/paedagogy.v5i1.4941

Maknum, M. L., Muzayanah, U., & Santoso, A. G. (2025). Anomali Brainrot: Tafsir Budaya Atas Tubuh, Hasrat, dan Kekerasan Simbolik di Era Digital. Susastra: Jurnal Ilmu Susastra dan Budaya, 14(1), 54-72. doi:https://doi.org/10.51817/susastra.v14i1.242

Martino, D. D., & Basta, A. (2025). Generative-AI As Resource Against the "Brain Rot". GIORNALE ITALIANO DI EDUCAZIONE ALLA SALUTE, SPORT E DIDATTICA INCLUSIVA, 9(2), 1-19. doi:https://doi.org/10.32043/gsd.v9i2.1378

Masruroh, J. (2025). Mengurangi Overconsumption Konten Brain Rot Media Sosial Melalui Pendidikan Tazkiyatun Nafs Guna Membentuk Karakter Religius dan Intelektual Pada Siswa Madrasah. Journal of Knowledge and Collaboration, 2(8), 785-792. doi:https://doi.org/10.59613/12n8k507

Meutia, A. (2025). Perbudakan Digital Era Kekinian. Jurnal Deliberatif, 3(1), 76-102. Retrieved from conferences.unusa.ac.id

Morena, Y. A., & Khodijah. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anxiety Disorder: Tinjauan Psikologi Islam. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 7(3), 261-268. Retrieved from https://journalversa.com/s/index.php/jpkp/article/view/1448

Munawir, Damayanti, F. A., & Pambayun, S. P. (2024). Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur'an. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.628

Rozikin, Z., Kamalia, A. Z., Wiyarno, Ramadhan, M. R., & Hasanah, Q. A. (2025). Strategi Pendampingan Penggunaan Media Sosial yang Positif dan Produktif Bagi Generasi Alpha. Madaniya, 6(1), 329-337. Retrieved from ttps://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/1139

Sabilla, D. F., Fanirin, M. H., & Mardani, D. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Psikologi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Haurgeuliskolot Indramayu. Journal of Islamic Studies Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia, 1(4), 409-422. doi:https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.032

Shanmugasundaram, M., & Tamilarasu, A. (2023). The Impact of Digital Technology, Social Media, and Artificial Intelligence on Cogtive Functions: a Review. Frontiers in Cognition, 2(1203077), 1-11. doi:10.3389/fcogn.2023.1203077

Sihotang, H., Tinambunan, A., Siagian, M. V., Hutauruk, A. T., & Naibaho, P. R. (2025). Pelatihan Strategi Memahami Audiens Untuk Generasi Alpha. Kaizen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 52-57. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAIZEN/article/view/4553

Sudiansyah, Irawan, F., Masita, Supardi, & Dinoto, M. (2024). Fenomena Brain Rot; Dampak Penggunaan Handphone Berlebihan Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Numbers: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 241-251. Retrieved from https://mathedu.joln.my.id/index.php/edu/article/view/87

Sudirman, Lubis, L. H., Ritonga, A. S., & Cynthia. (2025). Pengembangan Model Pendidikan Islam Berbasis Literasi Digital untuk Generasi Alpha di Indonesia. Jurnal Tarbiyah bil Qalam, 9(2), 2-12. Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/288

Ugrasena, M. (2025, Juni 20). Brain Rot Pada Generasi Alpha: Tantangan atau Ancaman? Retrieved September 1, 2025, from kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/michaelkushannesta4489/68555c03ed64155cf61edcd2/brain-rot-pada-generasi-alpha-tantangan-atau-ancaman

Urwatulwutsqo, H., Ghifari, M., & Ash, A. (2025). Fenomena Brain Rot dalam Perspektif Hadis; Anallisis Dampaknya terhadap Moralitas Remaja. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadits, 8(2), 1-18. doi:https://doi.org/10.35132/albayan.v8i2.1305

Yazgan, A. M. (2025). The Problem of the Century: Brain Rot. OPUS: Journal of Society Research, 22(2), 211-221. doi:10.26466/opusjsr.1651477

Yılmaz, E., & Aktürk, A. (2025). Brain Rot: A Scale Development Study. Research on Education and Psychology (REP), 9(1), 5-28. doi:https://doi.org/10.54535/rep.1666895

Yousef, A. M., Alshamy, A., Tlili, A., & Metwally, A. H. (2025). Demystifying the New Dilemma of Brain Rot in the Digital Era: A Review. Brain Sciences, 15(283), 1-16. doi:https://doi.org/10.3390/brainsci15030283

Yusuf, W. O., Bustaming, W. W., Rahmatia, F., Zanurhaini, Z., Salsabillah, Salawati, A. N., Maliati, M. (2024). Pengasuhan Ideal Bagi Generasi Alpha. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(1), 32-45. doi:https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i1.105

Downloads

Published

2025-10-29