Dari Imajinasi ke Informasi: Statistika Sebagai Literasi Awal Anak Kelas V SDN 55 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34268Keywords:
Literasi statistika, numerasi, pembelajaran matematika, Penelitian Tindakan Kelas, sekolah dasarAbstract
translatorStatistika merupakan bagian penting dalam literasi numerasi yang sebaiknya dikenalkan sejak dini di sekolah dasar. Kemampuan memahami cara mengumpulkan, menyajikan, dan menafsirkan data menjadi dasar bagi pengembangan berpikir kritis dan analitis siswa. Namun, kenyataan di kelas menunjukkan masih banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep data, sehingga pembelajaran cenderung bersifat prosedural tanpa pemahaman mendalam. Kondisi ini berdampak pada rendahnya motivasi dan capaian belajar matematika, khususnya pada topik statistika. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan literasi statistika siswa kelas V SDN 55 Pekanbaru melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa (13 laki-laki dan 11 perempuan). Data diperoleh melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diharapkan dapat memperkuat keterampilan numerasi siswa, khususnya dalam membaca dan menyajikan data, serta memberikan acuan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan partisipatif.
- Afrikaans
- Albanian - shqipe
- Arabic - العربية
- Armenian - Հայերէն
- Azerbaijani - azərbaycanca
- Basque - euskara
- Belarusian - беларуская
- Bengali - বাংলা
- Bulgarian - български
- Catalan - català
- Chinese - 中文(简体中文)
- Chinese - 中文 (繁體中文)
- Croatian - hrvatski
- Czech - čeština
- Danish - dansk
- Dutch - Nederlands
- English
- Esperanto - esperanto
- Estonian - eesti
- Filipino
- Finnish - suomi
- French - français
- Galician - galego
- Georgian - ქართული
- German - Deutsch
- Greek - Ελληνικά
- Gujarati - ગુજરાતી
- Haitian Creole - kreyòl ayisyen
- Hebrew - עברית
- Hindi - हिन्दी
- Hungarian - magyar
- Icelandic - íslenska
- Indonesian - Bahasa Indonesia
- Irish - Gaeilge
- Italian - italiano
- Japanese - 日本語
- Kannada - ಕನ್ನಡ
- Korean - 한국어
- Latin - Lingua Latina
- Latvian - latviešu
- Lithuanian - lietuvių
- Macedonian - македонски
- Malay - Bahasa Melayu
- Maltese - Malti
- Norwegian - norsk
- Persian - فارسی
- Polish - polski
- Portuguese - português
- Romanian - română
- Russian - русский
- Serbian - Српски
- Slovak - slovenčina
- Slovenian - slovenščina
- Spanish - español
- Swahili - Kiswahili
- Swedish - svenska
- Tamil - தமிழ்
- Telugu - తెలుగు
- Thai - ไทย
- Turkish - Türkçe
- Ukrainian - українська
- Urdu - اردو
- Vietnamese - Tiếng Việt
- Welsh - Cymraeg
- Yiddish - יידיש
Downloads
References
Alim, J. A. (2020). Penguatan literasi numerasi siswa sekolah dasar melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Dasar.
Ben-Zvi, D., & Garfield, J. (2004). The challenge of developing statistical literacy, reasoning and thinking. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Bruner, J. S. (1960). The process of education. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Fitriyani, D. (2021). Penggunaan media konkret untuk meningkatkan pemahaman statistika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45–53.
Franklin, C., Kader, G., Mewborn, D., Moreno, J., Peck, R., Perry, M., & Scheaffer, R. (2007). Guidelines for assessment and instruction in statistics education (GAISE) report: A pre-K–12 curriculum framework. Alexandria, VA: American Statistical Association.
Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: Meanings, components, responsibilities. International Statistical Review, 70(1), 1–25. https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.2002.tb00336.x
Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi dasar sekolah dasar (SD/MI). Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbudristek. (2020). Asesmen kompetensi minimum. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
OECD. (2019). OECD skills outlook 2019: Thriving in a digital world. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/df80bc12-en
Putra, Z. H. (2019). Pembelajaran matematika berbasis konteks lokal untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Sumarna, N. (2019). Peningkatan literasi statistika di sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis konteks. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 112–121.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Watson, J. M., & Callingham, R. (2003). Statistical literacy: A complex hierarchical construct. Statistics Education Research Journal, 2(2), 3–46.
Yuliani, T., & Yuwono, T. (2020). Pendekatan berbasis proyek untuk meningkatkan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 889–902.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.