Analisis Literatur Mengenai Peran Kepemimpinan Laissez-Faire (Delegatif) Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Pembelajaran

Authors

  • Muhammad Arif Hardiman Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Muhammad Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Agus Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34248

Keywords:

Delegatif, Inovasi Pembelajaran, Kreativitas Guru, Kepemimpinan Laissez-Faire, Pendidikan

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam mencetak generasi yang kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Guru sebagai agen utama pembelajaran memerlukan ruang kebebasan untuk bereksperimen dan mengembangkan metode pengajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan laissez-faire (delegatif) terhadap kreativitas dan inovasi guru dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis literatur (library research) yang mengkaji berbagai hasil penelitian terdahulu dan teori kepemimpinan pendidikan. Analisis dilakukan dengan teknik content analysis untuk menemukan hubungan konseptual antara gaya kepemimpinan delegatif, kreativitas guru, dan inovasi pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan laissez-faire memberikan dampak positif terhadap peningkatan kreativitas dan inovasi guru, terutama melalui pemberian otonomi profesional, kepercayaan, serta ruang untuk bereksperimen dalam pembelajaran. Namun, kebebasan tersebut harus diimbangi dengan mekanisme pengawasan dan komunikasi yang partisipatif agar tidak menimbulkan disorientasi. Temuan ini menegaskan bahwa gaya kepemimpinan delegatif dapat menjadi katalisator bagi pengembangan pembelajaran inovatif apabila diterapkan secara proporsional dan kontekstual. Implikasinya, kepala sekolah perlu menyeimbangkan antara kebebasan dan kontrol guna menciptakan iklim sekolah yang suportif terhadap kreativitas dan inovasi guru dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Hasyim, M. Mahbub AI Basyari, Ernawati, Amir Syaripudin, Neli Puswanti, F. D. A. (2025). Pendidikan Islam di Era Society 5.0: Perspektif Nurcholish Madjid dalam Dinamika Kontemporer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 305–320. https://www.city.kawasaki.jp/500/page/0000174493.html

Aisha Artanti, Natasya Dwi Ramadhani, S. R. (2025). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Optika, 8(2), 197–212.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Asep Saepul Hidayat, dan H. (2025). Pengembangan peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru. Journal Genta Mulia, 15(2), 224–233.

Ashilla Oktaviana Putri, Relia Fauziyyah Salsabila, A. M. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 4(9), 659–668.

Fahri, A., Tanjung, H. B., Robial, Angguan, F., & Diana, N. (2024). Tipe dan Gaya Kepemimpinan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Innovative Education Journal, 6(3), 387–398. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

Fitria, M., & Slamet. (2024). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Mts Mamba’Ululum Margoyoso Tanggamus. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 404–415. http://repository.radenintan.ac.id/16574/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/16574/1/COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf

Fitriani. (2021). Kepemimpinan Delegatif Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 45.

Hasna Khalishah Fadhilah, Y. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sdn Medan Satria 1 Kota Bekasi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(2), 20–29.

Labib, M., & Asy’ari, H. (2025). Kepemimpinan Situasional Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 662–673. https://doi.org/10.51878/learning.v5i2.4882

Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting, 2(2), 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247

Mnr, I., & Syukri, M. (2024). Kepemimpinan Pendidikan Yang Efektif di SMP Swasta IT Dhinukum Zholtan. KHIDMAT: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 164–168.

Muhamad Sholeh. (2003). Kefektifan Peran Keapala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 Tahun 2016 Hal. 41-54, 1(1), 41–54. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/4630

Mulianto, A., & Citriadin, Y. (2021). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 98–110. https://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/elmal/article/view/1859/1281

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Ruhmady, & Aminun, O. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan. Journal of Educational Management and Islamic Leadership, 3(2), 66–79.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif Qualitative Research Approach, Deepublish.

Salsabilah, N., & Darmawan, D. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru. Journal Creativity, 3(1), 41–62. http://creativity.masmubata-bata.com/index.php/creativity

Sanusi, A. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Jenis, Paradigma, dan Teknik. Bumi Aksara.

Shahibal Kautsar Hasibuan, Muhamad Faizin, I. F. (2021). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama An-Nihayah Rawamerta. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4(4), 550–558.

Soro, S. H., Huda Wijayanti, A., & Nelda, E. (2024). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Melalui Pemberian Tugas Tambahan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2171–2180. https://jurnaledukasia.org

Syahputra, E., Pristiani, R. L., Siregar, T., & Budiarta, K. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Stabat. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(2), 156–161. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i2.16634

Warman, Azainil, Jamilah, L. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Samarinda : Sebuah Studi Kualitatif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 135–146. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/4312%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/download/4312/1783

Zufadli, Z., Jamrizal, J., & Anwar, K. (2024). Peran Kepemimpinan Kharismatik Dan Transformasional Dalam Mendorong Inovasi Di Pondok Pesantren Jauharul Falah. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(2), 18–29. https://doi.org/10.59246/aladalah.v2i2.755

Downloads

Published

2025-10-17