ANALISIS DAMPAK BLOCKCHAIN PADA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34244Keywords:
Blockchain, PendidikanAbstract
Perkembangan teknologi digital menghadirkan peluang baru bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan transparansi data akademik yaitu blockchain. Teknologi ini menawarkan sistem desentralisasi yang mampu menjamin keaslian data, mengurangi risiko pemalsuan sertifikat, serta mendorong efisiensi administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak blockchain pada pendidikan dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif melalui pendekatan prisma. Artikel yang dianalisis diperoleh dari basis data Google Scholar, dengan rentang publikasi tahun 2021 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blockchain berdampak positif terhadap keamanan data, validitas sertifikat, efisiensi administrasi, serta pengakuan kredensial internasional. Namun, penerapannya masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan infrastruktur, regulasi yang belum matang, serta literasi digital yang rendah di kalangan pendidik dan peserta didik. Blockchain memiliki potensi besar sebagai fondasi transformasi pendidikan masa depan, meskipun membutuhkan dukungan kebijakan dan kesiapan sumber daya manusia.
Downloads
References
Adrian, F. H., & Dewayanto, T. (2024). Integrasi blockchain dan artificial intelligence pada kurikulum akuntansi: Systematic literature review. Diponegoro Journal of Accounting, 13(3).
Aini, Q., Rahardja, U., Santoso, N. P. L., & Oktariyani, A. (2021). Aplikasi berbasis blockchain dalam dunia pendidikan dengan metode systematics review. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 6(1), 58-66.
Alim, J. A., Hermita, N., Fendrik, M., & Oktaviani, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audible Books Terhadap Kemampuan Computation Thinking Siswa Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3727-3735.
Anggelina, M., Rohmi, N., Fahmi, R., & Abrori, R. (2024). Eksplorasi Teknologi Blockchain dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 7-15.
Apriliasari, D., & Seno, B. A. P. (2022). Inovasi pemanfaatan blockchain dalam meningkatkan keamanan kekayaan intelektual pendidikan. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 68-76.
Basri, B., & Iqbal, M. (2024). Pengembangan Platform E-Learning Terdesentralisasi Berbasis Blockchain untuk Pendidikan Jarak Jauh. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 830-840.
Cardenas-Quispe, M. A., & Pacheco, A. (2025). Blockchain ensuring academic integrity with a degree verification prototype. Scientific Reports, 15, 93913.
Delgado-von-Eitzen, C., Anido-Rifón, L., & Fernández-Iglesias, M. J. (2021). Blockchain applications in education: A systematic literature review. Applied Sciences, 11(24), 11811.
Galhotra, B., Lowe, D., & Seth, S. (2023). Blockchain technology in education: The perspective, challenges, and concerns. Open Access Research Journal of Engineering and Technology, 5(1), 39–46.
Geraldina, I., & Sihotang, S. V. (2024). Mengintegrasikan teknologi blockchain dalam pendidikan tinggi: Meningkatkan transparansi dan keamanan dalam kredensial akademik. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 72-79.
Geraldina, I., & Sihotang, S. V. (2024). Mengintegrasikan teknologi blockchain dalam pendidikan tinggi: Meningkatkan transparansi dan keamanan dalam kredensial akademik. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 72-79.
Guustaaf, E., Rahardja, U., Aini, Q., Santoso, N. A., & Santoso, N. P. L. (2021). Desain kerangka blockchain terhadap pendidikan: A survey. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 6(2), 88-92.
Hamurdani & Kholik, A. (2024). Tren penelitian teknologi Blockchain dalam pengelolaan pendidikan: Analisis bibliometrik menggunakan vosviewer. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 15-29.
Haryani, H., Wahid, S. M., & Fitriani, A. (2023). Analisa peluang penerapan teknologi blockchain dan gamifikasi pada pendidikan. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(2), 163-174.
Higgins, J. P., López-López, J. A., & Aloe, A. M. (2021). Meta-Regression. In C. H. Schmid,
T. Stijnen, & I. White (Eds.), Handbook of Meta-Analysis (pp. 129-150). CRC Press.
Julitiarni, A. (2025). Implementasi Teknologi Blockchain dalam Sistem Pendidikan. Journal of Islamic Education Strategy Management, 1(1), 43-50.
Khairuddin, I. E., Zaini, M. K., Zakaria, S., & Ahmad Uzir, N. (2024). Credential Verification on Blockchain: A Conceptual Framework of Internet of Education (IoE) for Tertiary Education. International Transaction Journal of Engineering, Management, & Applied Sciences & Technologies, 15(1), 1–9.
Mahfudi, K., Fadillah, E. N., Goh, T. S., Fitriyanti, E., & Aroha, L. (2025). Transformasi Manajemen Pendidikan Tinggi Berbasis Data dan Blockchain: Transformation of Higher Education Management Based on Data and Blockchain. Jurnal Mentari: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(2), 127-136.
Mohammad, A., & Vargas, S. (2022). Challenges of using blockchain in the education sector: A literature review. Applied Sciences, 12(13), 6380.
Mudinillah, A., Jonathan, B., Karomah, N. G., & Handayani, N. F. (2024). Blockchain Technology for Enhancing Transparency and Accountability in Educational Administration. Journal of Social Science Utilizing Technology, 2(4), 542-551.
Newman, M., & Gough, D. (2020). Systematic reviews in educational research: methodology, perspectives and application. In O. Zawacki-Richter, M. Kerres, S. Bedenlier, M. Bond, & K. Buntins (Eds.), Systematic reviews in educational research: methodology, perspectives and application (pp. 3-22). Springer Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7_1
Ocheja, P., Flanagan, B., Ueda, H., & Ogata, H. (2019). Managing lifelong learning records through blockchain. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1), 1-19.
Putra, Z. H., Sari, I. K., Alim, J. A., Witri, G., Syahrilfuddin, S., Noviana, E., ... & Sukmadinata, H. (2022). Workshop Penguatan Tpack Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika Daring di Masa Normal Baru. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(1), 190-202
Rahardja, U., Mulyati, M., & Budiarty, F. (2021). Pengaruh Teknologi Blockchain Terhadap Keabsahan Ijazah. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 2, 11-19.
Sabila, N. D. (2025). Blockchain Dalam Pendidikan Menjamin Keamanan Dan Keabsahan Data Akademik Di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan| E-ISSN: 3062-7788, 2(1), 524-534.
Zubaidah, Z., & Mardhiah, A. (2025). Dampak Penggunaan Teknologi Blockchain Dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikanagama Islam Untuk Meningkatkan Aksesibilitas. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 5(4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.