BAGAIMANA MENDESAIN KELAS INKLUSI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bella Karmelia FKIP Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim FKIP Universitas Riau
  • Zetra Hainul Putra FKIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34241

Keywords:

Inclusive Classroom Design, Inclusive Education

Abstract

  translator

Desain kelas inklusi di sekolah dasar memiliki peran penting dalam memastikan seluruh peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat belajar dengan nyaman dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kelas inklusi di SD Al-Fityah Pekanbaru serta menganalisis sejauh mana desain tersebut dapat memenuhi kebutuhan semua peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Al-Fityah menerapkan sistem lekar (duduk di karpet) di kelas rendah, serta desain kelas fleksibel yang memungkinkan penyesuaian posisi papan tulis dalam merancang penataan kelas. Desain kelas yang dirancang untuk peserta didik berkebutuhan yang hanya berhubungan dengan mental dan daya berfikir.

 

      Double-click   Select to translate

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Aziz, MI (2021). Perancangan Sekolah Inklusi dengan Pendekatan Universal Design di Kabupaten Pringsewu. UniversitasLampung.

Arriani, F., Agustiawati, Rizki, A., Ranti, W., Wibowo, S., Tulalessy, C., & Herawati, F. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 74.

Astuty, A., Herpindo, H., & Farikah, F. (2024). Pendampingan sekolah inklusi: Integrasi inovasi model desain universal di sekolah Kabupaten Magelang. Jurnal Pengembangan Masyarakat, 5(3), 5276-5281.

Burgstahler, S. (2021). Universal Design in Education: Principles and Applications. University of Washington Press.

Dirna, FC (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SLB Negeri Banyuasin. ResearchGate.

Hidayat, L. (2020). Pengembangan Buku Kesiapsiagaan Bencana untuk Sekolah Inklusi (Hasil Analisis Sekolah Ramah Anak di Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 58-68.

Karmelia, B. (2024). Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Untuk Mendukung Diversitas Siswa Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Sadewa, 2(2), 188–198.

Marhadi, H., & Hakam, K. A. (2023). 30.Marhadi, H., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023, March). Developing Batobo-Based Worksheet as Teaching Material in Elementary School. In Fifth Sriwijaya University Learning and Education International Confer.pdf. 1, 151–157.

Muktar, A. S., & Nurhasan, N. (2024, June). Evaluasi Penataan Lingkungan Kelas Tunagrahita Ditinjau dari Aspek Teknis (Studi Kasus: SLB Negeri Karanganyar). In Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur (pp. 356-370).

Novianti, R. (2021). Pembelajaran Berbasis Universal Design For Learning Di Kelas Sekolah Dasar InklusifUniversal Design For Learning Based Learning Pada Kelas Sekolah Dasar Inklusif. Media Nusantara, 18 (2), 145-154.

Pakpahan, RD (2019). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Sekolah Menengah Atas Inklusi di Kota Batam dengan Pendekatan Desain Universal. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Permendiknas No. 70 Tahun 2009. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ramadhani, M. L. (2017). Desain Interior Sekolah Inklusi Galuh Handayani Surabaya yang Ramah Anak dengan Konsep Modern. In Institut Teknologi Sepuluh November.

Rifa’i, M. A. (2024). Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dalam Penelitian Kualitatif. Staida Sumsel.

Sari, N. (2022). Model Analisis Data Kualitatif dalam Studi Pendidikan. Jurnal Metodologi Penelitian, 10(3), 78-92.

Sunanto, J., & Hidayat, H. (2017). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 16(1), 47-55.

Utami, A., & Muharikah, A. (2023). Aksesibilitas Pendidikan Inklusif di Indonesia: Sebuah Lintasan dari Praktik Kelas ke Rekomendasi Kebijakan. ResearchGate.

Yahya, D., Hasian, I., & Galingging, R. (2023). Perancangan Video Interaktif sebagai Bahan Ajar Mengenal Huruf untuk Anak Tunarungu di SLBN Kota Depok. UPN Veteran Jawa Timur.

Yunaini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 1(1), 18-25.

Downloads

Published

2025-10-16

Most read articles by the same author(s)