Strategi Komunikasi Pemasaran PT Prisma Multimedia Solusi dalam mempromosikan jasa event organizer kepada publik

Authors

  • Muhamad Salman Jordan FKB Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Robbikal Muntaha Meliala FKB Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Teguh Tri Susanto FKB Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34240

Keywords:

Event, Event Organizer, Public, SOSTAC, Communication Strategy

Abstract

Peran acara saat ini sangat penting seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi, kini sebuah acara tidak lagi sebagai perayaan atau peringatan namun berkembang menjadi sebuah cara yang digunakan dalam menaikan nama, mempromosikan sesuatu dan lain sebagainya. Salah satu jasa event organizer yang saat ini ada yaitu pada PT Prisma Multimedia Solusi dengan memiliki banyak nya kompetitor. Komunikasi pemasaran merupakan langkah strategis yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam mengenalkan nama kepada publik dan juga bersaing dengan kompetitornya.. Pendekatan kualitatif telah digunakan dalam metode pada penelitian ini.  Data deskriptif mengenai individu dan perilaku yang diamati, dalam bentuk tulisan maupun lisan telah dihasilkan dalam prosedur pendekatan ini. Pada penelitian ini, hasil analisis wawancara terhadap para narasumber menunjukan bahwa strategi komunikasi pada PT Prisma Multimedia Solusi telah dirancang secara sistematis menggunakan kerangka kerja SOSTAC, dengan metode word of mouth. Strategi ini cukup efektif dalam mempromosikan jasa kepada publik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai strategi komunikasi pemasaran PT Multimedia Solusi dalam mempromosikan jasa event organizer kepada publik dapat disimpulkan bahwa : 1. Strategi pemasaran PT Prisma Multimedia Solusi telah dirancang sistematis dengan kerangka kerja SOSTAC  2. Dengan pendekatan word of mouth dan website PT Prisma Multimedia Solusi meskipun belum dapat mencapai target nya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaslan, Amtai, Bangun Suharti, Laxmi, Nanang Rustandi, Eko Sutrisno, and Siti Rahmi. 2023. Penelitian Metode Kualitatif.

Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and Firdaus Jeka. 2023. “Populasi Dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) Dalam Pendekatan Praktis.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):26320–32.

Bado, Basri. 2021. Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah.

Kusuma, Yuliana. 2021. “Pentingnya Strategi Komunikasi Dalam Berkomunikasi.” Journal: Sudut Pandang 2(1):1–5.

Patria, Gloria, and Febta Meldisia. 2021. “PELAKSANAAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA INSTAGRAM ( STUDI PADA Pawonputri _ Tgr ).” 642–48.

Putra, A. U. 2023. “Strategi Komunikasi Pemasaran Event Organizer Tribun Pekanbaru Dalam Meningkatkan Klien Di Kota Pekanbaru.” http://repository.uin-suska.ac.id/69513/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/69513/2/SKRIPSI ANGGA UDELA PUTRA.pdf.

Sanga, Laurensius Dihe. 2023. “Strategi Komunikasi Pemasaran STIE Bentara Persada Dengan Metode SOSTAC Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa.” Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen 6(1):37–46. doi:10.62820/trt.v6i1.83.

Downloads

Published

2025-10-16