Tantangan Dalam Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas 3di SD Negeri Bangkalan

Authors

  • Adinda Putri Septia Ningsih FKIP UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
  • Muhammad Nur Hidayat
  • Qurratu Inayatil Maula FKIP Universitas Trunojoyo Madura
  • Aestien Diena Koesmini UPTD SDN Majah 2 Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34237

Keywords:

Complex Multiplication Difficulties, Low Ability Students, Learning Concentration

Abstract

Penelitian kualitatif studi kasus ini menganalisis tantangan pembelajaran perkalian bersusun pada 36 siswa kelas III SD Negeri Bangkalan dengan fokus pada 6 siswa berkemampuan rendah. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen menunjukkan 40,6% siswa di bawah KKM dengan tiga tantangan utama: konsentrasi rendah (10-15 menit), waktu pembelajaran terbatas (2×35menit), dan remedial seragam. Simpulan penelitian mengkonfirmasi bahwa kesulitan perkalian bersusun dipengaruhi interaksi faktor kognitif dan kendala sistemik, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang personal dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathurrohman, M. (2022). Model pembelajaran di madrasah ibtidaiyah: Tantangan dan inovasi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 45-60.

Fitriyani, R. (2019). Persepsi guru terhadap kemampuan matematika siswa kelas III dalam menyelesaikan soal perkalian bersusun. Jurnal Basicedu, 3(2), 145-156.

Istianah, F., Subekti, F. E., & Wijayanti, R. (2021). Faktor-faktor penyebab learning loss pada pembelajaran matematika di sekolah dasar pasca pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 3444-3455.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Panduan pembelajaran numerasi di sekolah dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Pratama, D., & Susanto, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian bersusun dua angka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 78-89.

Purwashi, R., Setyowati, L., & Fajriyah, K. (2021). Dampak kelelahan fisik terhadap memori kerja siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Psympathic, 6(2), 234-245.

Rahmawati, S., & Supriadi, D. (2018). Integrasi kurikulum sekolah dan madrasah: Studi kasus di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 123-140.

Sari, P., & Hidayat, W. (2022). Efektivitas remedial teaching berbasis diagnosis kesulitan belajar matematika. Jurnal Elementary School, 8(1), 67-78.

Sousa, D. A. (2016). How the brain learns mathematics. Thousand Oaks: Corwin Press.

Subekti, F. E., Istianah, F., & Wijayanti, R. (2021). Faktor-faktor penyebab learning loss pada pembelajaran matematika di sekolah dasar pasca pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 3444-3455.

Wijaya, A., Setiawan, D., & Novitasari, D. (2023). Pengaruh beban belajar ganda terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 112-125.

Yuliarti, S. (2020). Dampak alokasi waktu pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 89-101.

Downloads

Published

2025-10-16