IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH AKULTURASI BUDAYA di MA BUSTANUL ULUM 03 PUGER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34182Keywords:
Project Based Learning, History, Cultural Acculturation, Student ActivityAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran sejarah akulturasi budaya siswa kelas X MA Bustanul Ulum 03 Puger. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru sejarah dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperkuat data aktivitas siswa sebelum dan sesudah penerapan PjBL, digunakan pula analisis deskriptif kuantitatif sederhana dengan rumus persentase menurut (Arikunto, 2014).Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL meningkatkan aktivitas siswa pada aspek bertanya, berdiskusi, bekerja sama, dan antusiasme. Melalui proyek, siswa mampu memahami bentuk-bentuk akulturasi budaya seperti masjid peninggalan abad ke-18, upacara petik laut, seni hadrah, dan makam kuno wali, meskipun pembelajaran dilakukan melalui media gambar dan dokumentasi. Wawancara dengan guru dan siswa juga menguatkan bahwa PjBL menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, meskipun masih terdapat kendala waktu dan fasilitas. Analisis persentase memperlihatkan adanya peningkatan keterlibatan siswa lebih dari 40% setelah penerapan PjBL.Dengan demikian, implementasi PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sejarah akulturasi budaya sekaligus mendorong partisipasi aktif siswa.
Kata kunci: Project Based Learning, Sejarah, Akulturasi Budaya, Aktivitas Siswa
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Anis, M. Z. A. (2015). Pendidikan humaniora dalam masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Press.
Anis, M. Z. A. (2016). Sejarah bukan warisan melainkan pembelajaran. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Press.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta,
Capraro, R. M. Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach (2nd ed.). Rotterdam: Sense Publishers.
Dewey, J. (1938). Experience and education. New York: Kappa Delta Pi.
Fathoni, A. (2006). Organisasi dan manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik O. (2013). Proses belajar mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, D, Rahman, A, & Susilo, H. (2022). Konsep pendidikan yang memerdekakan di sekolah dasar. SHES:Conference Series, 5(1), 48-55. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.66379
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Lestari, L. (2015). Pengaruh implementasi project based learning terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa.Jurnal Pendidikan, 16(2), 112-123.
Masholekhatin, S. Suhamo & Yudiono, H. (2015). Penerapan project based learning pada pembelajaranı sejarah untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1) 55-66.
Miles. M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA, Sage Publications
Moleong, LJ. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi), Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum 2013 Implementosi dan inovasi Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurkholis (2013), Pendidikan dalam upaya memajuk knologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44 https://doi.org/10.24090/jkv11.530
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sariyani, N. (2020). Tradisi petik laut sebagai bentuk akulturasi budaya lokal dan Islam di masyarakat pesisir. Jurnal Kebudayaan, 12(2), 134-145.
Simayatin, E. (2017). Peran guru sejarah dalam membentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 101-112.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.
Wena, M. (2009), Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.