NILAI-NILAI TAQARRUB DALAM PEMIKIRAN ABU ABDURRAHMAN AS-SULAMI: ANALISIS ISI TERHADAP KARYA-KARYA TASAWUFNYA

Authors

  • Sufyan Muttaqin institut agama islam abdullah said batam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34175

Keywords:

Taqarrub, As-Sulami, Classical Sufism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai taqarrub ilallah (pendekatan diri kepada Allah) dalam pemikiran Abu Abdurrahman As-Sulami, seorang tokoh sufi abad ke-4 Hijriah yang dikenal melalui karya-karya monumental seperti Ṭabaqāt al-Ṣūfiyyah, Ādāb al-Ṣuḥbah, dan Zuhd al-Ṣūfiyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) terhadap teks-teks klasik tasawuf As-Sulami. Data diperoleh melalui studi pustaka dengan tahapan pengumpulan, kategorisasi, dan interpretasi makna spiritual yang terkandung dalam karya-karyanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep taqarrub menurut As-Sulami dibangun atas lima nilai utama, yaitu ikhlas, zuhud, mujahadah, muraqabah, dan tawakal. Nilai-nilai tersebut mencerminkan proses penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) dan pembentukan kedekatan eksistensial dengan Allah SWT. Selain itu, pemikiran As-Sulami memiliki relevansi signifikan terhadap penguatan pendidikan spiritual Islam di era modern, khususnya dalam pembinaan karakter religius dan kesadaran transendental umat. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa taqarrub dalam perspektif As-Sulami bukan hanya dimensi ritual, tetapi merupakan jalan penyempurnaan diri menuju ma’rifatullah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Muslim, A. K. (2023). TAFSIR SUFISTIK AYAT-AYAT MAQAMAT (Studi Kompratif Abdul Qadir Al-Jilani dan Al-Qusyairi). UNIVERSITAS PTIQ JAKARTA.

Alansyari, R. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Tasawuf Akhlaki Perspektif Al-Quran. Institut PTIQ Jakarta.

Badridduja, F., Mustikaningwang, L., Alfayyadl, A. F., & Subaidi. (2022). Transpersonal Psychology and Maulawiyyah Sufi Dance in an Effort “Taqarrub” to Allah Swt. JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy, 2(2), 107–120. https://doi.org/10.28918/jousip.v2i2.5663

Braun, V., & Clarke, V. (2020). Reflecting on reflexive thematic analysis. In Qualitative research in sport, exercise and health (Vol. 11). Taylor & Francis.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2020). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Gufroni, I. (2022). Nilai-Nilai Ketauhidan Dalam QS. Al-Ikhlas Dan Al-Kafirun: Studi Komparatif Tafsir Al-Thabari Dan Tafsir Al-Misbah. Institut PTIQ Jakarta.

Iqbal, M. (2020). Zuhud dalam pandangan As-Sulami: Studi penafsiran ayat-ayat zuhud dalam Kitab Haqaiq At-Tafsir. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Irawan, E. F., & Rohman, F. (2025). Rekonstruksi Konsep Pendidikan Agama Islam Berbasis Etika Spiritual: Studi Kritis atas Pemikiran Pendidikan al-Ghazali. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(1), 164–184.

Kemal, F., Yanti, P. G., & Ghozali, A. S. (2024). Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Kumpulan Layang-Layang Kenangan Karya Deden Suganda Sebagai Pembelajaran Berbasis Karakter: Nilai-Nilai Tasawuf Pada Kumpulan Puisi Layang-Layang Kenangan. Semantik, 13(1), 1–14.

Kemenag. (2021). Al-Qur’an Terjemahan.

Krippendorff, K. (2020). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.

Maskur, A., Muqit, A. A., & Basri, H. (2025). Urgensi Tasawuf Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Di Era Digital. Journal of Education Behavior and Religious Ethics, 1(2), 156–167.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).

Mushodiq, M. A., & Wahyudi, W. (2020). Characteristics Of Sufi Al-Sulamy’s Tafsir Method: A Case Study Of The Prophet Of Musa And Khidir. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 5(2), 213–239.

Mustofa, A. (2018). Tasawuf education as the effort of spiritual and character building capability. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 72–104.

Muttaqin, S. (2025). TAFSIR BATIN DALAM PERSPEKTIF SUFI: STUDI ANALISIS TERHADAP METODE TAFSIR AL-QUR’AN DALAM KARYA ABU ABD AL-RAHMAN AL-SULAMI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 221–230.

Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165–170.

Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Nurmiati, N., Abubakar, A., & Parhani, A. (2021). Nilai Tawakkal dalam Al-Qur’an. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1), 81–98.

Rasyid Rangkuti, M. (2019). Tasawuf Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94–108. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking

Salamah, D., Anwar, Z., Istiqomah, S., & Julianto, T. A. (2025). Kajian Tafsir Al-Qur’an dengan Pendekatan Sufistik. AR ROSYAD: Jurnal Keislaman Dan Sosial Humaniora, 3(2), 1–17.

Sanusi, M. N. A. S. (2025). Strategi Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Akhlak dan Spiritualitas. INNOVASI: JURNAL INOVASI PENDIDIKAN, 11(2), 219–225.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.

Downloads

Published

2025-10-17