PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP PENGUATAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2025/2026

Authors

  • Siti Khoiria Universitas Negeri Medan
  • Liber Siagian Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34163

Keywords:

Civic Education, Multiculturalism, Religious Tolerance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural terhadap penguatan sikap toleransi beragama siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2025/2026. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penanaman nilai toleransi dalam lingkungan sekolah yang multikultural guna menciptakan kehidupan sosial yang harmonis. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel 48 orang yang diperoleh melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang valid dan reliabel mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural serta sikap toleransi beragama siswa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana, uji-t untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, serta uji koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural berpengaruh signifikan terhadap penguatan sikap toleransi beragama siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi (R²) sebesar 74,3% menunjukkan kontribusi yang besar, sedangkan 25,7% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural berperan penting dalam memperkuat sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 37 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Liber Siagian, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

References

Buku :

Azwar, S. (2013). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banks, J. A. (2006). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching (5th ed.). Boston: Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Jurnal :

Apriyanti, N., Kurniawan, D., & Hidayat, T. (2021). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran untuk meningkatkan nilai toleransi siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45–56.

Hodriani, & Wulandari, N. (2022). Pendidikan multikultural dalam membangun sikap toleransi remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 120–131.

Kartikasari, D., & Wekke, I. S. (2022). Integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 55–66.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Laporan kasus perundungan di sekolah tahun 2020–2023. Jakarta: Kemendikbudristek.

Mutia, R., Rahman, A., & Siregar, F. (2022). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan implementasi sikap toleransi siswa. Jurnal Civics, 19(2), 210–220.

Rahayu, N., Sulastri, A., & Pratama, D. (2022). Multikulturalisme dalam konteks pendidikan Indonesia pasca reformasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 87–96.

Ramadhan, I., Putra, A., & Yuliani, R. (2018). Pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa SMA Pancasila Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 98–107.

Sari, R., & Nugroho, D. (2020). Integrasi nilai kebhinekaan melalui pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Pancasila, 4(1), 34–42.

Wahid Foundation. (2021). Laporan indeks toleransi pelajar Indonesia 2021. Jakarta: Wahid Foundation.

Downloads

Published

2025-10-17