STRATEGI PERUBAHAN INOVATIF DALAM KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Semi Syaina Amanda Pendidikan Dasar Universitas Riau
  • Fitria Aristasari Pendidikan Dasar Universitas Riau
  • Hendri Marhadi Pendidikan Dasar Universitas Riau
  • Mahmud Alpusari Pendidikan Dasar Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34160

Keywords:

Innovative Change, Principal, Visionary Leadership

Abstract

Kepemimpinan memiliki posisi yang sangat strategis dalam suatu organisasi bahkan dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi. Secara positif maupun negatif, peran kepemimpinan yang diemban oleh seorang kepala sekolah mempunyai pengaruh tertentu terhadap suatu sekolah. Kepala sekolah yang berpengaruh positif dan mampu memberikan perubahan terhadap suatu sekolah, khususnya pada tingkat pendidikan dasar, sangat diharapkan. Kepala sekolah sebagai pemimpin, dapat mengubah suatu sekolah dan memiliki inovasi dalam merumuskan visi, misi, tujuan dan strateginya, sangat diharapkan. Berdasarkan pengertian di atas, kepala sekolah yang mempunyai kompetensi yang memadai, dapat dikategorikan sebagai kepala sekolah yang memiliki visi.Penelitian ini memilih SD Negeri 109 Pekanbaru, sebagai tempat untuk melakukan studi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus dipilih karena SD Negeri 109 Pekanbaru telah mengalami perubahan signifikan selama beberapa tahun terakhir dan menjadi sekolah rujukan dan bisa dikatakan sekolah favorit. Proyek ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa dan menjelaskan peran kepemimpinan visioner kepala sekolah, (2) strategi kepala sekolah dalam melakukan perubahan sekolah yang berdampak positif, (3) inovasi yang dilakukan dalam perubahan sekolah yang efektif dan efisien, (4) proses perubahan yang dilakukan sekolah, (5) pendukung kepala sekolah dan (6) penghambat kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emerson, R. M., Fretz, R. I., & Shaw, L. L. (2012). Writing ethnographic fieldnotes (2nd ed.). University of Chicago Press.

Gunawan, I. (2016). Metode penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurrahman, T., Suriansyah, S., Yulintine, Y., Yusuf, N. S., & Maryani, M. (2024). STUDI PERKEMBANGAN GONAD BETINA IKAN GABUS (Channa striata). JOURNAL OF TROPICAL FISHERIES, 19(1), 01-06.

Luturmas, Y., Diana, E., Abdusshomad, A., & Wiranata, R. R. S. (2022). Implementasi Struktur Kurikulum Berdasarkan Kemendikbudristek No 371/M/2021 Dan Pp No 57 Tahun 2021 Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Tahun Ajaran 2022/2023 Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Multidisipliner BHARASA, 1(2), 71-81.

Luturmas, Y., Diana, N., & Abdusshomad, A. (2022). Kepemimpinan visioner dalam menghadapi perkembangan pendidikan abad 21. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 123–135.

Nasution, S. (2016). Kepemimpinan pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nasution, S. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 115–123.

Siswanto, A., Setiawan, Z., Iryanto, R. K., Afifah, Z., & Abdurohim, A. (2023). The Analysis of Role of Motivation, Career Development and Compensation on Performance of Vocational High School Teachers. Journal on Education, 5(4), 15154 - 15159. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2604

Wahab, A., Sari, A. R., Mitra Zuana, M. M., Luturmas, Y., & Kuncoro, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4644–4653.

Downloads

Published

2025-10-16