PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST EDUKATIF TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS III PADA MATERI KENALI HEWAN DI SEKITAR KITA DI SDN LONTAR 3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34159Keywords:
educational podcast, science literacy, learning media, elementary students, quasi-experimentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis podcast edukatif terhadap literasi sains siswa kelas III pada materi "Kenali Hewan di Sekitar Kita" di SDN Lontar 3. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Media pembelajaran berupa podcast edukatif diterapkan pada kelas eksperimen, sementara kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta kuesioner untuk mengukur tingkat literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan literasi sains siswa yang menggunakan media podcast edukatif dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, penggunaan media podcast edukatif terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Ade Sintia Wulandari, Ketut Suma, and Ida Bagus Putu Mardana. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Peningkatan Literasi Sains Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Mipa 13(1):78–88. doi: 10.37630/jpm.v13i1.822.
Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16(1). doi: 10.21831/jpai.v16i1.20173.
Efendi, N., and R. S. Barkara. 2021. “Studi Literatur Literasi Sains Di Sekolah Dasar.” Jurnal Dharma PGSD 1(2):57–64.
Farhan, Muhamad, and Tangerang Selatan. 2023. “Penggunaan Podcast Sebagai Media Pembelajaran.” Estetika 3(2):64–71.
Khery, Yusran, Muhammad Sarjan, Sukainil Ahzan, and Ismail Efendi. 2022. “KONSEPTUALISASI LITERASI SAINS MENGACU PADA KERANGKA SAINS PISA SEJAK TAHUN 2000.” Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 2(4):200–231.
Lestari, Duwi, and Khusnul Fatonah. 2021. “Pemanfaatan Media Podcast Dalam Pembelajaran Menyimak Bagi Siswa Kelas Iv Di Sdn Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat.” Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin 4:298–305.
Sakdiah, Halimatu, and Syahrani. 2022. “Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses.” Cross-Border 5(1):622–32.
Santosa, I. Komang Edi, I. Gede Suwindia, and I. Made Ari Winangun. 2024. “Strategi Efektif Meningkatkan Literasi Sains Di Era Digital.” Education and Social Sciences Review 5(2):114. doi: 10.29210/07essr499700.
Siregar, Tuti Rezeki Awaliyah, Wahyu Iskandar, and Muhammad Agung Rokhimawan. 2020. “Literasi Sains Melalui Pendekatan Saintifik.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7(September):243–57.
Utamirohmahsari. 2024. “Peran Literasi Sains Dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Tantangan Industri 4.0.” JSE: Journal Sains and Education 2(2):47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.