ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 PERESAK

Authors

  • Rosa Yuliana Universiatas Hamzanwadi
  • Muh. Taufiq Universiatas Hamzanwadi
  • Baiq Rizki Hidayati Universiatas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34138

Keywords:

Beginning Reading, Hindering Factors, Learning, Elementary School Students, Reading

Abstract

This study aims to analyze the factors hindering the beginning reading learningprocess for 2nd-grade students at SD Negeri 1 Peresak. Reading ability is afundamental skill in the learning process, yet many students face difficulties. Thisstudy uses a qualitative approach with a descriptive method to identify and deeplydescribe these hindering factors. Data was collected through observation,interviews, and documentation involving students, teachers, and the principal. Theresults of the study show that the hindering factors include internal aspects of thestudents, such as low learning interest, lack of motivation, and visual problems, aswell as external factors like less varied teaching methods, lack of parental support,and an unconducive learning environment. The implications of this study highlightthe importance of collaboration between the school and parents to create asupportive learning environment and to develop more innovative teaching strategiesto improve students' reading abilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Kamil, M., Nasution, A., & Sari, R.

(2023). Strategi guru dalam

meningkatkan keterampilan

membaca permulaan siswa

sekolah dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar Indonesia, 10(2), 123-132.

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y.

(2020). Membaca Permulaan

dengan Teams Games

Tournament (TGT). Penerbit Qiara

Media.

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018).

Evaluasi Pembelajaran. Medan:

Perdana Publishing.

Astini, N. P. S., & Purnawanti, N. M.

(2020). Faktor-faktor penghambat

literasi membaca pada siswa kelas

awal. Jurnal Ilmu Pendidikan dan

Pembelaajaran, 9(2), 88-96.

Bahrun, M. (2023). Belajar membaca

dengan menggunakan media kartu

duduk suku kata bergambar.

Penerbit P4I.

Daszharah, L., Rahmawati, L. E., &

Sabardila, A.

(2022). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif dalam

Pembelajaran Keterampilan

Berbahasa Indonesia dengan

Pendekatan Whole

Language (Doctoral dissertation,

Universitas Muhammadiyah

Surakarta).

Destianti, R. (2022). Strategi Guru

dalam Mengatasi Kesulitan

Membaca Permulaan di Sekolah

Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Faujiah, N., Wahyuni, D., & Susanti,

R. (2021). Faktor-faktor

Penghambat Kemampuan

Membaca Permulaan di Kelas

Awal. Jurnal Edukasi Bahasa, 9(1),

160-170.

Fitriah. (2018). Pembelajaran Literasi

di Sekolah Dasar. Yogyakarta:

Deepublish.Harianto, E. (2020). Keterampilan

membaca dalam pembelajaran

bahasa. Didaktika: Jurnal

Kependidikan, 9(1), 1-8.

Handayani, K. (2023). Mengasah

Keterampilan Komunikasi Melalui

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pada Siswa Sekolah

Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 8(2), 3049-

3058.

Hidayati, N. (2024). Metodelogi

Penelitian Kualitatif dalam

Pendidikan Dasar. Yogyakarta:

Deepublish

Jonaedi Efendi, SHI, Johnny Ibrahim,

SH, & Se, MM (2018). Metode

penelitian kualitatif. Media

Prenada.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S.

M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis

faktor-faktor yang menghambat

belajar membaca permulaan pada

siswa sekolah dasar. Jurnal

Basicedu, 5(4), 2611-2616.

Mayangsari, N. (2022). Faktor-Faktor

Penghambat Pembelajaran

Membaca Permulaan Anak Kelas I

Di SD Negeri 41 Kota

Bengkulu (Doctoral dissertation,

UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Maskuri. (2019). Model Pembelajaran

Bahasa Indonesia di SD. Surabaya:

Unesa University Press.

Miles, M. B., & Hubermen, A.

M.(1994). Qualitative Data

Analysis:An Expanded Sourcebook

(2nd ed.). Thousand Oaks, CA:

Sage Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodelogi

Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutammimah, M., Yulinartati, Y., &

Nastiti, S. (2018). Penerapan

laporan keuangan organisasi

nirlaba berdasarkan psak no. 45

pada yayasan panti asuhan siti

masyitoh besuki situbondo. Jurnal

Ilmiah Kualitatif Dan

Humanika, 8(3).

Muammar, H. A. (2020). Strategi Guru

dalam Pembelajaran Literasi di

Sekolah Dasar. Malang: UMM

Press.

Nurhadi, N., & Marni, H. (2021).

Pengembangan instrumen

penilaian berbasis literasi

membaca.

Oktavioni, R., & Sari, D. (2020).

Peningkatan Kemampuan

Membaca Permulaan Melalui

Metode SAS. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Dasar, 8(2),

101-109.

Pertiwi, W. D. (2019). Pembelajaran

Membaca dan Menulis Permulaan.

Bandung: Alfabeta.

Prayitno. (2020). Pengembangan

Keterampilan Membaca di Sekolah

Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmat, L. D., Amalia, A. R., &

Lyesmaya, D. (2024). Upaya

Peningkatan Keterampilan

Membaca Permulaan Melalui

Metode Tebak Gerakanku di Kelas

1 SD Negeri Anggarudin

Kecamatan Nagrak. Al-Madrasah:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah

Ibtidaiyah, 8(2), 896-908.

Rerung, M. A., Londa, J., & Paat, J.

(2023). Analisis Kesulitan

Membaca pada Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan,

14(1),22-30.Sari, P. A. P. (2020). Hubungan

literasi baca tulis dan minat

membaca dengan hasil belajar

bahasa indonesia. Journal for

Lesson and Learning Studies, 3(1),

141-152.

Sari, R., Nasution, S. R. A., &

Harahap, F. (2022). Penerapan

Model Pembelajaran Sq3R untuk

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Pemahaman Isi Cerita

Pendek Kelas IV SD Negeri 157019

Pinangsori 12. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(1),

96-101.

Sakinah, N., Rahmawati, E., &

Hidayat, T. (2022). Pengaruh Media

Gambar terhadap Kemampuan

Membaca Permulaan Siswa Kelas

Rendah. Jurnal Pendidikan Dasar,

13(1), 55-64.

Septianti, R., & Alfiani, D. (2020).

Penerapan metode fonik dalam

meningkatkan kemampuan

membaca permulaan. Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1),

45-52.

Siregar, E. (2020). Teori Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Subini, Nina Supriyanti. (2012).

Srategi Meningkatkan

Keterampilan Membaca.

Yogyakarta: Bintang Pustaka.

Tarigan, H. G. (2021). Membaca

sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triyanto, D., & Astuti, R. Y. (2021).

Pentingnya Bahasa Indonesia

Untuk Anak Usia Dini Di Desa

Purwoasri, 28 Metro

Utara. SETARA: Jurnal Studi

Gender Dan Anak, 3(2), 45-55.

Widianingsih, l. (2019). Metode

Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

untuk ilmu sosial. Bandung:

Alfabeta.

Downloads

Published

2025-09-30