PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V B MI AD-DA’WAH.

Authors

  • Saviraclaudia Rahma PGSD FKIP Universitas Esa Unggul
  • Mujazi Mujazi PGSD FKIP Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34136

Keywords:

Kata Kunci: Manajemen Kelas, Aktivitas Belajar Siswa, Kondisi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V B di MI Ad-Da’wah. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap aktivitas belajar siswa kelas V B. Observasi awal di kelas V B MI Ad-Da’wah mengidentifikasi masalah seperti kurangnya antusiasme siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang fokus dalam proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang kurang efektif, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini menggunakan kelas V A dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang dan kelas V B dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Jadi, total 54 siswa. Dalam hal ini kelas V B sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan Teknik pengumpulan data kuesioner (angket) untuk variabel pengelolaan kelas dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian bersasarkan uji parsial (uji-t) diperoleh bahwa signifikansi ɑ 0,001 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 4,718 > nilai ttabel sebesar 2,060 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,471. Maka sebesar 47,1% pengelolaan kelas memiliki dampak signifikan terhadap aktivitas belajar siswa, sementara 52,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani Marshanda Umar, & Sudirman. (2024). Manajemen Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.3

Devianti, R., & Hapudin, M. S. (2021). Analisis Kebutuhan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidsiplin, 4, 251–255.

Hapudin, M. S., Yundira, A. R., Agustina, N., & Stefany, B. (2021). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, 4, 227–234. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/169/169

Mahareka, R., & Mujazi, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sdn Kebon Jeruk 04. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10, 2477–5673.

Muhammad Soleh Hapudin. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Seni Budaya KelasVB Di SD Negeri Pondok Jagung 01. 09.

Mujazi, Wahyuningrum, S., Hardiyanti, R., Pardede, L., & Regina, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin 3, 2(1), 367–374.

Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005

Rohanah, L., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(September), 139–143. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Susanto, R. (2021). Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 164–171. https://doi.org/10.29210/020211167

Susanto, R., Agustina, N., Yulhendri, Rachbini, W., & Arriyani, N. (2025). Exploring The Relationship Between Sustainable Education, Teacher Career Stages And Teacher Career Management. 13(3), 48–61.

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138.

Downloads

Published

2025-10-17