PENDEKATAN NIRKEKERASAN DALAM MANAJEMEN KONFLIK PESANTREN MENURUT TAFSIR FAKHRUDDIN AR-RAZI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34133Keywords:
Nonviolence 1,Pesantren Conflict 2, Ar-Razi’s Tafsir 3Abstract
Explores the application of nonviolence in conflict management within pesantren (Islamic boarding schools), based on the interpretation (tafsir) of Fakhruddin ar-Razi, a classical Islamic scholar known for his rational and philosophical exegesis. Conflicts in pesantren may arise due to differences in opinion, leadership styles, orimbalances in interpersonal relationships. The nonviolence approach offers apeaceful, dialogical, and just method of conflict resolution, in line with Islamic values.Ar-Razi’s tafsir, particularly his interpretation of verses related to peace, justice, andhuman interaction such as Surah Al-Hujurat (49): 9–10 and Surah An-Nahl (16): 125emphasizes persuasion, wisdom-based dialogue, and the prohibition of coercionand violence. These principles align with contemporary conflict resolution theoriesand present a valuable framework for managing disputes in pesantren environmentsconstructively and ethically. This research adopts a qualitative method with a libraryresearch approach, analyzing Ar-Razi’s tafsir works alongside contemporaryliterature on conflict management in Islamic educational settings. The study aims todevelop a contextual and applicable model of conflict resolution rooted in classicalIslamic thought and the ethos of nonviolence. By integrating ar-Razi’s interpretativeinsights with modern needs, pesantren can foster a culture of peace, dialogue, andmutual respect, contributing to the sustainability of Islamic education in plural anddynamic societies.Downloads
References
Ahmad. (2021a). Nonviolence in
Islamic Conflict Resolution: A
Review. Islamic Studies, 45(2),
113–125.
Ahmad, M. (2021b). Nonviolence in
Islamic Conflict Resolution.
Islamic Studies, 45(2), 113–125.
Alim. (2020). Etika Sosial dalam
Tafsir Klasik dan Kontemporer.
Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.
Ar-Razi, F. (2020). al-Kabir (The
Great Commentary). Trans. &
ed. M. Khairuddin. Ilmu Qur’ani.
Fitria. (2021). Komunikasi Preventif
Konflik dalam Pendidikan
Pesantren. Dakwah Dan
Komunikasi Islam.
Hamdani, A. Y. (2020). Konsep Etika
Muhammad Ibn Zakariyya ar-
Razi. Jurnal Filsafat Dan Teologi
Islam, 11(2), 159–177.
Hamid, M. A. (2021). Pesantren and
Conflict Mediation: A Sociological
Perspective. Sosiologi Reflektif,
15(1), 65–88.Katsir, I. (2017). Tafsir Ibnu Katsir (T.
Kesa (ed.); 2017th ed.).
Maghfirah Pustaka.
Maulana. (2022). Konflik Internal
Lembaga Keagamaan: Analisis
Psiko-Sosial. Psikologi Islam.
Nurdin, I. (2022). Manajemen Konflik
di Lembaga Pendidikan Islam:
Tinjauan Literatur. Edukasi
Islamika, 9(1), 70–83.
Nurhadi. (2020). Manajemen Konflik
Berbasis Budaya di Pesantren.
Pendidikan Islam, 8(2).
Samsu. (2017). Metode
Penelitian:(teori dan aplikasi
penelitian kualitatif, kuantitaif,
mixed methods, serta research
and development) (cet. 1). Pusat
Studi Agama Dan
Kemasyarakatan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
(2018th ed.). Alfabetac.
Sulaiman, H. (2020). Islamic Peace
Ethics in Pesantren Culture. Al-
Tahrir Pemikiran Islam, 20(1),
77–95.
Wahyudi. (2019). Pendekatan Tafsir
Sosial dalam Resolusi Konflik.
Studi Al-Qur’an.
Zarkasyi, A. (2019). Conflict
Resolution Models in Traditional
Islamic Boarding Schools.
Pendidikan Islam, 8(2), 243–260.
Keterangan:
Semua huruf yang digunakan
adalah Arial dengan ukuran 12 point,
kecuali pada tabel yaitu 10 point.
Setiap poin harus ada satu Enter pada
Keyboard, contohnya : dari A.
Pendahuluan ke B. Metode Penelitian
harus ada satu kali Enter, untuk
memisahkan mana pendahuluan dan
mana Metode Penelitian. Teks harus
mengacu kepada EBI (Ejaan bahasa
Indonesia) dan KBBI (Kamus Besar
Bahasa Indonesia) cetakan terakhir.
Banyaknya keseluruhan naskah
minimal 10 halaman dan maksimum
15 halaman. Untuk before dan after
pada teks harus 0. Template ini dapat
digunakan langsung untuk
memasukan naskah, karena ukuran
kertas dan margin sudah disesuaikan
dengan aturan. Untuk penomoran
halaman adalah di bawah kanan
dengan bentuk huru Arial ukuran 12
serta ditebalkan, dengan dilengkapi
atasnya dengan garis lurus,
sedangkan untuk identitas jurnal
ditulis di header yang terdiri dari nama
jurnal, ISSN, Volume, Nomor, dan
Bulan Terbit serta bawahnya
dilengkapi dengan garis lurus.
Naskah kami rekomendasikan
untuk dikirim melalui sitem OJS 3
pada laman :
http://journal.unpas.ac.id/
index.php/pendas namun apabila
ada kesulitan akses maka naskah
dapat dikirim ke alamat e-mail:
jurnalilmiahpendas@unpas.ac.id
dalam bentuk lampiran file dengan
menggunakan Microsoft Word. Artikel
yang masuk akan direviu dan direvisi.
Adapun perkembangan penerimaan
naskah akan kami beritahukan melalui
system OJS 3.
Naskah akan dikirim kembali
beserta perbaikannya. Maksimal 1
Minggu sejak perbaikan naskah
diterima, peserta harus sudah
mengembalikan beserta
perbaikannya.
Apabila ada pertanyaan
mengenai Template dan konten artikel
dapat ditanyakan langsung kepada
Acep Roni Hamdani, M.Pd.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.