PENDEKATAN NIRKEKERASAN DALAM MANAJEMEN KONFLIK PESANTREN MENURUT TAFSIR FAKHRUDDIN AR-RAZI

Authors

  • Albab Shodikin Universitas Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Na'imah Universitas Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34133

Keywords:

Nonviolence 1,Pesantren Conflict 2, Ar-Razi’s Tafsir 3

Abstract

Explores the application of nonviolence in conflict management within pesantren (Islamic boarding schools), based on the interpretation (tafsir) of Fakhruddin ar-Razi, a classical Islamic scholar known for his rational and philosophical exegesis. Conflicts in pesantren may arise due to differences in opinion, leadership styles, orimbalances in interpersonal relationships. The nonviolence approach offers apeaceful, dialogical, and just method of conflict resolution, in line with Islamic values.Ar-Razi’s tafsir, particularly his interpretation of verses related to peace, justice, andhuman interaction such as Surah Al-Hujurat (49): 9–10 and Surah An-Nahl (16): 125emphasizes persuasion, wisdom-based dialogue, and the prohibition of coercionand violence. These principles align with contemporary conflict resolution theoriesand present a valuable framework for managing disputes in pesantren environmentsconstructively and ethically. This research adopts a qualitative method with a libraryresearch approach, analyzing Ar-Razi’s tafsir works alongside contemporaryliterature on conflict management in Islamic educational settings. The study aims todevelop a contextual and applicable model of conflict resolution rooted in classicalIslamic thought and the ethos of nonviolence. By integrating ar-Razi’s interpretativeinsights with modern needs, pesantren can foster a culture of peace, dialogue, andmutual respect, contributing to the sustainability of Islamic education in plural anddynamic societies.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. (2021a). Nonviolence in

Islamic Conflict Resolution: A

Review. Islamic Studies, 45(2),

113–125.

Ahmad, M. (2021b). Nonviolence in

Islamic Conflict Resolution.

Islamic Studies, 45(2), 113–125.

Alim. (2020). Etika Sosial dalam

Tafsir Klasik dan Kontemporer.

Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.

Ar-Razi, F. (2020). al-Kabir (The

Great Commentary). Trans. &

ed. M. Khairuddin. Ilmu Qur’ani.

Fitria. (2021). Komunikasi Preventif

Konflik dalam Pendidikan

Pesantren. Dakwah Dan

Komunikasi Islam.

Hamdani, A. Y. (2020). Konsep Etika

Muhammad Ibn Zakariyya ar-

Razi. Jurnal Filsafat Dan Teologi

Islam, 11(2), 159–177.

Hamid, M. A. (2021). Pesantren and

Conflict Mediation: A Sociological

Perspective. Sosiologi Reflektif,

15(1), 65–88.Katsir, I. (2017). Tafsir Ibnu Katsir (T.

Kesa (ed.); 2017th ed.).

Maghfirah Pustaka.

Maulana. (2022). Konflik Internal

Lembaga Keagamaan: Analisis

Psiko-Sosial. Psikologi Islam.

Nurdin, I. (2022). Manajemen Konflik

di Lembaga Pendidikan Islam:

Tinjauan Literatur. Edukasi

Islamika, 9(1), 70–83.

Nurhadi. (2020). Manajemen Konflik

Berbasis Budaya di Pesantren.

Pendidikan Islam, 8(2).

Samsu. (2017). Metode

Penelitian:(teori dan aplikasi

penelitian kualitatif, kuantitaif,

mixed methods, serta research

and development) (cet. 1). Pusat

Studi Agama Dan

Kemasyarakatan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

(2018th ed.). Alfabetac.

Sulaiman, H. (2020). Islamic Peace

Ethics in Pesantren Culture. Al-

Tahrir Pemikiran Islam, 20(1),

77–95.

Wahyudi. (2019). Pendekatan Tafsir

Sosial dalam Resolusi Konflik.

Studi Al-Qur’an.

Zarkasyi, A. (2019). Conflict

Resolution Models in Traditional

Islamic Boarding Schools.

Pendidikan Islam, 8(2), 243–260.

Keterangan:

Semua huruf yang digunakan

adalah Arial dengan ukuran 12 point,

kecuali pada tabel yaitu 10 point.

Setiap poin harus ada satu Enter pada

Keyboard, contohnya : dari A.

Pendahuluan ke B. Metode Penelitian

harus ada satu kali Enter, untuk

memisahkan mana pendahuluan dan

mana Metode Penelitian. Teks harus

mengacu kepada EBI (Ejaan bahasa

Indonesia) dan KBBI (Kamus Besar

Bahasa Indonesia) cetakan terakhir.

Banyaknya keseluruhan naskah

minimal 10 halaman dan maksimum

15 halaman. Untuk before dan after

pada teks harus 0. Template ini dapat

digunakan langsung untuk

memasukan naskah, karena ukuran

kertas dan margin sudah disesuaikan

dengan aturan. Untuk penomoran

halaman adalah di bawah kanan

dengan bentuk huru Arial ukuran 12

serta ditebalkan, dengan dilengkapi

atasnya dengan garis lurus,

sedangkan untuk identitas jurnal

ditulis di header yang terdiri dari nama

jurnal, ISSN, Volume, Nomor, dan

Bulan Terbit serta bawahnya

dilengkapi dengan garis lurus.

Naskah kami rekomendasikan

untuk dikirim melalui sitem OJS 3

pada laman :

http://journal.unpas.ac.id/

index.php/pendas namun apabila

ada kesulitan akses maka naskah

dapat dikirim ke alamat e-mail:

jurnalilmiahpendas@unpas.ac.id

dalam bentuk lampiran file dengan

menggunakan Microsoft Word. Artikel

yang masuk akan direviu dan direvisi.

Adapun perkembangan penerimaan

naskah akan kami beritahukan melalui

system OJS 3.

Naskah akan dikirim kembali

beserta perbaikannya. Maksimal 1

Minggu sejak perbaikan naskah

diterima, peserta harus sudah

mengembalikan beserta

perbaikannya.

Apabila ada pertanyaan

mengenai Template dan konten artikel

dapat ditanyakan langsung kepada

Acep Roni Hamdani, M.Pd.

Downloads

Published

2025-10-04