PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM KH HASYIM ASY’ARI: DARI PESANTREN KE PENDIDIKAN NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34101Keywords:
KH Hasyim Asy'ari, Pendidikan islam, Paradigma PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis paradigma pendidikan Islam KH Hasyim Asy’ari dengan meninjau kontribusinya dari basis pesantren hingga relevansinya terhadap pendidikan nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan sumber data berupa buku akademik, artikel jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengidentifikasi pola dan tema utama dalam pemikiran beliau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paradigma pendidikan KH Hasyim Asy’ari menekankan tiga aspek utama: pertama, tujuan pendidikan berorientasi pada pembentukan akhlak dan adab; kedua, integrasi ilmu agama dan ilmu umum dalam kerangka kesatuan ilmu; dan ketiga, relasi etis guru dan murid sebagai poros utama proses pendidikan. Dalam konteks pesantren, paradigma ini diwujudkan melalui keseimbangan antara pelestarian tradisi keilmuan klasik dengan adaptasi terhadap kebutuhan zaman. Sementara itu, dalam konteks pendidikan nasional, pemikiran KH Hasyim Asy’ari berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter, pengakuan formal pesantren melalui kebijakan negara, serta pengembangan nilai kebangsaan dalam sistem pendidikan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pemikiran KH Hasyim Asy’ari relevan bagi pembaruan pendidikan Indonesia modern, khususnya dalam membangun sistem pendidikan yang holistik, berbasis nilai Islam, dan adaptif terhadap tantangan global.
Downloads
References
Al-Faruqi, I. R. (1982). Islamization of knowledge: General principles and work plan (ʿAbdulḤamīd AbūSulaymān & International Institute of Islamic Thought, Eds.; 2. ed., rev.expanded). International Institute of Islamic Thought.
Aulia, F., Yusuf, A., Hanifa, W. N., & Arianti, I. C. (2023). Relevansi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan Karakter di Era Modern. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 75–90. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i1.636
BSKAP Kemendikbudristek Republik Indonesia. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.
Fajri, H. M., Edwita, & Yarmi, G. (2023). THE MERDEKA CURRICULUM IN STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION IN BASIC EDUCATION. Pendas Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 2477–2143. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10938
Hadi, A., Abbas, A., Padjrin, P., & Munir, M. (2021). PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN K.H. HASYIM ASY’ARI DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 91–108. https://doi.org/10.19109/tadrib.v7i1.8719
Hakim, L. (2019). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI STUDI KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM. MEDIAKITA, 3(1). https://doi.org/10.30762/mediakita.v3i1.1800
Hasbunallah, H., Muhith, A., & Usriyah, L. (2023). Studying the Kitab of Nashoihul Ibad in Improving the Practice of Prayer in Islamic Boarding Schools. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 964–972. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.563
Iskandar, A. D., Ubaidillah, U., Ansori, M., & Muthoin, M. (2024). Behind the Pesantren Law; Between Recognition and Politicization of Pesantren in Indonesia. JASNA : Journal For Aswaja Studies, 4(2), 227–240. https://doi.org/10.34001/jasna.v4i2.6873
Jumrah, A. M., & Ondeng, S. (2022). RELEVANSI PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI DAN PENGARUHNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN ISLAM. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 9–23. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7755
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). NASKAH AKADEMIK PEMBELAJARAN MENDALAM Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, das Asesmen Pendidikan Kemendikdasmen.
Khuluq, L. (1970). K.H. Hasyim Asy’ari’s Contribution to Indonesian Independence. Studia Islamika, 5(1). https://doi.org/10.15408/sdi.v5i1.760
Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th ed.). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781071878781
Mas’udi, A. T. (2024). The Evolution of Pesantren Education: Continuity and Change in Curriculum and Management amid Modernization. Journal of Pesantren and Diniyah Studies, 1(2), 211–218. https://doi.org/10.63245/jpds.v1i2.23
Ma’sum, M. A. (2021). RELEVANSI PENDIDIKAN PESANTREN DENGAN PENDIDIKAN MODERN: Studi analisis pemikiran KH. Hasyim Asy’ari. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 9(1), 129–144. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i1.413
Mukani, M. (2014). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH. M. Hasyim Asy’ari. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3363
Musa, M. F. (2021). Naquib Al-Attas’ Islamization of knowledge: Its impact on Malay religious life, literature, language and culture. ISEAS-Yusof Ishak Institute.
Purnomo, E., Sabardila, A., & Markhamah. (2022). The Values Content of Education Character in Indonesian Language Book of Merdeka Curriculum. 7th Progressive and Fun Education International Conference (Proceedings PROFUNEDU 2022), 317–334. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8_31
Rahayu, S., Nuraini, N., & Nasrullah, A. (2024). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H.HASYIM ASY’ARI. AZKIYA: Jurnal Ilmiah Pengkajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 1–15. https://doi.org/10.53640/azkiya.v7i2.1749
Ramayulis, & Nizar, S. (2009). Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran para Tokohnya. Kalam Mulia.
Rinaningsih, R., Kadarohman, A., & Firman, H. (2019). The Sorogan-Bandongan Model as Active Learning Model in Indonesia. Proceedings of the National Seminar on Chemistry 2019 (SNK-19). Proceedings of the National Seminar on Chemistry 2019 (SNK-19), Ketintang Surabaya, Indonesia. https://doi.org/10.2991/snk-19.2019.49
Samudera, S. A. (2023). Undang-Undang Pesantren Sebagai Landasan Pembaruan Pondok Pesantren di Indonesia (Studi Kebijakan UU No. 18 Tahun 2019). Fahima, 2(2), 186–200. https://doi.org/10.54622/fahima.v2i2.92
Sassi, K. (2020). Prinsip-prinsip Epistemologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas. Millah, 20(1), 135–172. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6
Syarifah, S. (2025). The Educational Thought of KH. Hasyim Asy’ari: A Study of the Book Adabul ’Alim wal Muta’allim. Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 11(1), 63–75. https://doi.org/10.19120/al-lubab.v11i1.6184
Taruna, M. M. (2013). MANAJEMEN PENDIDIKAN MA’HAD ‘ALY DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN Kasus Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i2.437
Tebuireng Online. (n.d.). Sejarah Pesantren Tebuireng dari Masa ke Masa. Mengenal Tebuireng. Retrieved September 30, 2025, from https://tebuireng.online/mengenal-tebuireng/
Usman, M. I. (2013). Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 14(1), 127–146. https://www.neliti.com/publications/30620/
UU No. 18 Tahun 2019. (2019). Database Peraturan | JDIH BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/122743/uu-no-18-tahun-2019?utm_source=chatgpt.com
Warapsari, L. B., Mustofa, T. A., & Jinan, M. (2024). Integration of Islamic Religious Education and General Science at SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo. In T. Ali Mustofa, S. Hidayat, M. Zakki Azani, & M. Wildan Shohib (Eds.), Proceedings of the International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2023) (Vol. 773, pp. 490–498). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-102-9_44
Wijayati, R., & Habibi, M. D. (2021). Perbandingan Pendidikan Islam Menurut Perspektif KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy ’Ari. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 121–138. https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.234
Winingsih, H., Syafe’i, I., Fauzan, A., & Fadilah, M. K. (2022). Konsep Akhlak dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan Implementasinya pada Pembinaan Akhlak Santri. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 114–129. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.153
Zibbat, M., & Hariri, A. (2024). EKSISTENSI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PESANTREN. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 11(1), 103–117. https://doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.103-117
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.