Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan

Authors

  • Oktavia Anjelina Saragih Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan
  • Surya Dharma Universitas Negeri Medan
  • Fazli Rachman Universitas Negeri Medan
  • Oksari Anastasya Sihaloho Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34092

Keywords:

Quizizz Application, Student Learning Outcomes, Pancasila Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Yang menjadi jenis penelitian ini yaitu penelitian Quasi experiment desain nonequivalent control grub dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang beralamat Di Jln. Pendidikan, Kec.Percut Sei Tuan, Kab.Deli Serdang. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII dan teknik sampel dengan purposive sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XII-f dan kelas XII-e. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan Lembar test, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata (mean) pretest sebesar 42,91 dan rata-rata posttest sebesar 91,25. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 48,34 poin setelah diberikan perlakuan menggunakan aplikasi pembelajaran Quizizz. Uji hipotesis dengan Uji Paired sampel t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Analisis determinasi juga menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran berkontribusi sebesar 0,767 atau dalam persentasi yaitu 76,7%, sehingga hal ini termasuk tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa peningkatan hasil belajar disebabkan oleh penggunaan Aplikasi Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Keberhasilan ini disebabkan oleh dua proses mekanisme utama dari penerapan aplikasi quizizz yaitu motivasi intrinsik atau dari dalam diri siswa yang berasal dari ketertarikan melalui gamifikasi dan fasilitasi pemahaman mendalam melalui umpan balik instan.

 

Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Hasil belajar siswa, Pendidikan Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Arief Aulia Rahman, C. E. N. (2019). Evaluasi Pembelajaran.

Astika, S., Herianto, E., Sawaludin, S., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 154–160. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1114

Dharma, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa SMP GKPI Padang Bulan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 132–141. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8047

Husna, A., Fauzan, F., Akram, Nasir, & Nurwahida. (2023). Pengaruh Penggunaan Quizizz Sebagai Media Evaluasi Hasil belajar Pembelajaran Matematika Kelas X.1 SMA Negeri 6 Maros. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 165–171.

Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.

Kusumaningtyas, P., Rismawati, R., & Muflihah, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Man 2 Samarinda Pada Materi Larutan Asam Dan Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 120–130. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.18791

Ndona, Y. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn. 8(4), 747–751.

Rachman, F. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Generasi Muda Yang Mampu Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 488–495. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32810

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar.

Sihaloho, oksari anastasya. (2020). ENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA YANG INKLUSIF DALAM LINGKUNGAN BERAGAM DI SMA HARAPAN 1 MEDAN. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 7(2), 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Yasmin, L., Mulyadi, M. A., Anggriani, P., & Pasaribu, K. F. (n.d.). Gamifikasi Dalam Teori : Efektivitas Quizziz Pada Pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar. 19(1), 669–676.

Yunita, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 2(1), 586–590. https://doi.org/10.57235/sakola.v2i1.5836

Downloads

Published

2025-10-17

Most read articles by the same author(s)