PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34088Keywords:
Media Digital, Video Animasi, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media digital berbasis video animasi dalam memotivasi peserta didik di SMP Negeri 5 Surabaya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi belajar siswa ketika guru menggunakan metode konvensional yang cenderung monoton. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana media video animasi dapat meningkatkan antusiasme, partisipasi, serta pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang sesuai untuk meneliti fenomena sosial yang tidak dapat diukur hanya dengan angka, melainkan perlu dipahami melalui pengalaman dan interaksi nyata siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan melibatkan siswa, guru, serta pihak manajemen sekolah. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, serta membantu pemahaman konsep yang sulit. Meski demikian, ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan sarana teknologi, perbedaan literasi digital, dan perlunya peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan media digital. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas digital, pelatihan guru secara berkelanjutan, dan dukungan orang tua dalam mendampingi anak agar pemanfaatan media video animasi dapat berjalan lebih optimal.
Downloads
References
Amahorseya, Michaela Zebada Faustina Agrippine, and Sjafiatul Mardliyah. 2023. “Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Dengan Sudut Pengaman Di Tk Anak Mandiri Surabaya.” Jurnal Buah Hati 10(1):16–28. doi:10.46244/buahhati.v10i1.2024.
Clark, James M., and Allan Paivio. 1991. “Dual Coding Theory and Education Both the Science and Practice of Education Depend on a Firm Under- Standing of Many Psychological Phenomena, Including Such Cognitive Topics.” Educational Psychology Review 3(3):149–210.
Jelita, Mimi, Lucky Ramadhan, Riski Pratama, Andy, Fadhilla Yusri, and Linda Yarni. 2023. “Teori Belajar Behaviorostik.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5:404–11.
Kusuma, M. Wafa, Tiara Nuramalia, Tiara Qurotul Ain, and Yadi Heryadi. 2025. “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Energi Dan Perubahannya Di Sekolah Dasar.” Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar 12(1):37–64.
Miftah, Muhammad, Mochamad Nasichin, and Al Muiz. n.d. “QUANTUM LEARNING DAN FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.”
Pubian, Yushtika Muliana, and Herpratiwi Herpratiwi. 2022. “Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Akademika 11(01):163–72. doi:10.34005/akademika.v11i01.1693.
Rahayu, Puji, Sri Marmoah, and Tri Budiharto. 2024. “Analisis Penerapan Prinsip Mayer Pada Multimedia Digital Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 12(5):353–61.
Ryan, Richard M., and Edward L. Deci. 2020. “Intrinsic and Extrinsic Motivation from a Self-Determination Theory Perspective: Definitions, Theory, Practices, and Future Directions.” Contemporary Educational Psychology 61(April):101860. doi:10.1016/j.cedpsych.2020.101860.
Selviana, Sella, Ibnudin Ibnudin, and Ruswa Ruswa. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Web (Google Sites) Di SMPN 1 Sindang Kelas VIII Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023.” Journal Islamic Pedagogia 4(1):31–39. doi:10.31943/pedagogia.v4i1.114.
Spradley, Perspektif, and Miles Huberman. 2024. “Kajian Teoritis Tentang Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif.” Journal of Management, Accounting and Administration 1(2):77–84.
Wahidin. 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Ilmiah Edukatif 11(01):285–95.
Zahra Nursabila, Raegiva, Euis Nopianingsih, Ichsan Fauzi Rachman, and Universitas Siliwangi. 2025. “Efektivitas Media Digital Terhadap Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(5):409–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.