Revolusi Pembelajaran Tata Surya di Sekolah Dasar: Augmented Reality sebagai Media Digital Interaktif Abad 21

Authors

  • Mega Sukma Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Rosynanda Nur Fauziah Universitas Indraprasta PGRI
  • Abu Yazid Raisal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34085

Keywords:

Augmented Reality, science learning, solar system, elementary school, interactive digital media

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar kerap menemui hambatan karena banyak konsep bersifat abstrak, materi tata surya, yang sulit dipahami apabila hanya disampaikan melalui bacaan atau gambar statis. Hal ini berimplikasi pada rendahnya penguasaan konsep sekaligus menurunnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai media digital interaktif dalam pembelajaran tata surya serta menelaah dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan mixed-method dengan rancangan studi kasus eksploratif. Subjek penelitian adalah satu kelas siswa sekolah dasar yang ditentukan secara purposif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis tematik, sedangkan data kuantitatif dianalisis melalui uji normalitas dan paired sample t-test guna mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan AR. Temuan penelitian menunjukkan bahwa AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah pemahaman konsep tata surya, serta menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Guru merasakan kemudahan dalam penyampaian materi, sementara siswa memperlihatkan antusiasme tinggi dan pemahaman yang lebih baik setelah pembelajaran dengan AR. Hasil analisis statistik mendukung temuan kualitatif dengan menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis AR. AR terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA di sekolah dasar karena mampu mengatasi keterbatasan metode tradisional sekaligus relevan dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Kata Kunci: Augmented Reality, pembelajaran sains, tata surya, sekolah dasar, media digital interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, T. A., Safriadi, N., & Sukamto, A. S. (2016). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 4(1), 139–144. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/12873

Aprilia, Y. D., Suwandayani, B. I., & Kuncahyono, K. (2025). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Augmented Reality di Era Digital pada Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i1.3844

Ar, M. M., Armadi, A., Sama’, S., Astuti, Y. P., & Astutik, C. (2025). Inovasi Abad 21: Penguatan Komeptensi Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Adaptif Berbasis Augmented Reality Dengan Bantuan Aplikasi Asemblr Edu Di Era Industri 5.0. Jurnal Medika: Medika, 4(3), 612–626. https://doi.org/10.31004/x1njce91

Ariefka, R., Fauziah, R. N., & Saputri, A. (2023). Augmented Reality in Solar System Learning at Primary School Level in Indonesia: A systematic literature review. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 9(2), 102–113. https://doi.org/10.30596/jam.v9i2.16504

Ch, A. R. A., Erniwati, & Galib, L. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality 3D Animated pada Materi Bumi dan Tata Surya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 10(2), 87–94. https://doi.org/10.36709/jipfi.v10i2.233

Fauziah, R., Ghufron, A., Muhtadi, A., & Fauzi, M. R. (2025). Effectiveness of Animated Simulation Video Media in Promoting Higher-Order Thinking Skills in Grade 10 High School Physics Material. Salud, Ciencia y Tecnología, 5, 1905–1905. https://doi.org/10.56294/saludcyt20251905

Fauziah, R. N., & Sulisworo, D. (2021). The Development of Applications using Augmented Reality Technology as the Teaching Media of Special Mirror Lights. 9(2).

Makhasin, Z., & Utami, W. S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(2), 301–313. https://doi.org/10.53842/juki.v5i2.397

Masri, M., & Lasmi, E. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 40–46. https://doi.org/10.30743/jet.v4i1.1118

Padhlurrahman, D., & Handayani, I. (2023). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Tata Surya pada Anak Usia Dini. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia Dan Informatika), 14(2), 142–147. https://doi.org/10.36448/jsit.v14i2.3341

Putra, N. D., Rusmana, N. R., Muttakin, M., Irsyad, H. H., Syafwan, M. I., & Putra, D. P. E. J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya Berbasis Augmented Reality. The Indonesian Journal of Computer Science Research, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.59095/ijcsr.v4i2.227

Roy, A. W., & Wulandari, S. (2024). Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Pengenalan Tata Surya sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 964–973. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.574

Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347

Suksma, C. W., Margunayasa, I. G., & Werang, B. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4261–4275. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2323

Tarigan, R. B. (2025). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.64690/intelektual.v1i1.69

Tresnawati, D., Rahayu, S., & Yusuf, K. (2023). Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Algoritma, 1. https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/954

Downloads

Published

2025-10-16