ANALISIS KEBUTUHAN ASESMEN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN TEORI BELAJAR PADA KELAS IV SDI. AL-MASHDUQIE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34047Keywords:
asesmen, teori pembelajaran, kebutuhan asesmenAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya asesmen pembelajaran yang sesuai dengan teori belajar dan mencakup tiga ranah penilaian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Namun, pada praktiknya asesmen yang digunakan sering kali tidak sesuai dengan teori belajar dan belum mampu mencakup ketiga ranah tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan asesmen melalui pendekatan teori belajar pada kelas IV SDI. Al-Mashduqie. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen angket berbasis skala Guttman (jawaban ya/tidak) dan wawancara guru. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan hasil angket ke dalam dua kriteria, yaitu tinggi dengan persentase rata-rata ≥50% dan rendah dengan persentase rata-rata <50%, serta memperkuatnya dengan hasil wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan asesmen pembelajaran berbeda-beda pada tiap teori belajar, tetapi yang paling menonjol adalah teori konstruktivisme. Berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa sebesar 59% responden (kategori tinggi) memberikan jawaban “tidak” pada penerapan teori ini sehingga asesmen teori konstruktivisme menjadi kebutuhan. Temuan ini diperkuat oleh hasil wawancara guru yang menjelaskan bahwa asesmen teori kontruktivisme sudah diterapkan, akan tetapi masih terbatas pada materi tertentu dengan praktik yang sederhana. Padahal melalui penerapan asesmen teori konstruktivisme, guru dapat melakukan penilaian secara menyeluruh mencakup kognitif, psikomotorik, dan afektif peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelas IV SDI. Al-Mashduqie memiliki kebutuhan yang signifikan untuk mengoptimalkan asesmen berbasis teori konstruktivisme agar mampu mendukung pembelajaran yang lebih bermakna dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Downloads
References
Abidin, A. M. (2022). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISME DALAM PEMBELAJARAN (STUDI PADA ANAK). AN-NISA, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315
Alindra, B. M., & Amin, A. M. (2021). TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN URGENSINYA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1.
Aminah, F. & Mustamid. (2024). Pelaksanaan Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka di SD N Ngasinan. Primer:Journal of Primary Education Research, 2.
Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, Yuliyani, L., Hildawati, Suarni, A., . . . Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Febriyanti, V., Sunarsih, D., & Muamar, M. (2024). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Afektif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2777–2787. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8160
Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hamruni, dkk. (2021). Teori Belajar Behaviorisme Dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya. Yogjakarta. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Lubis, P., Hasibuan, M. B., & Gusmaneli. (2024). Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 01–18. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i3.1114
Lukman, I. R., Dewi, U. M., Unaida, R., Almunawarah, & Nura, I. (2024). Pendampingan Penyusunan Asesmen dan Pembelajaran Inovatif Terintegrasi Media Untuk Meningkatkan Efektivitas dalam Pembelajaran di SD Negeri 28 Sawang. Jurnal Vokasi, 481-483.
Mariska, R., & Khobir, A. (2023). Implementasi Aliran Konstruktivisme Terhadap Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 210–219. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.681
Ni’amah, K., & M, H. S. (2021). Teori Pembelajaran Kognivistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 204–217. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4947
Nurdiyanto, N., Muchlis, A., Tauviqillah, A., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Teori Belajar Kognitif dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8809–8819. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2609
Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains, 80.
Nurhasnah, Remiswal, & Sabri, Ahmad. (2023). Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar. Jenis dan Model Evaluasi Pendidikan, Serta Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Nurizzati. (2021). Model Asesmen Autentik Pembelajaran Kemampuan Mengapresiasi Teks Sastra Cerpen dan Drama. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Permata, N. D., Suswandari, M., & Farida, N. (2024). ANALISIS KETERKITAN ASSESMEN GURU DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM MEMBANGUN PEMAHAMAN YANG BERKELANJUTAN DI SDN KENEP 03. Jurnal Dikdas Bantara, 7(1), 37–49. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i1.5120
Sugiyono, (2022), Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D (Edisi 2lCetakan Ke-29). Penerbit Alfabeta, Bandung.
Suputra, P. I. M. (2023). Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi, 2(2).
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666
Tabrani. (2023). Perbedaan antara Penelitian Kualitatif (Naturalistik) dan Penelitian Kuantitatif (Ilmiah) dalam Berbagai Aspek. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 320.
Tarumasely, Y. (2024). Strategi Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.
Wandani, E., Sufhia, N. S., Neni Eliawati, & Imas Masitoh. (2023). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Proses Pembelajaran Individu. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8055054
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.