URGENSI RESILIENSI DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SD ISLAM AL-AZHAR 6 JAKAPERMAI

Authors

  • Maisie_Maisie Zabrina Kusnaedi Universitas Bhayangkara
  • Yohamintin_ Yohamintin Universitas Bhayangkara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34035

Keywords:

Resilience, Professional Competence, Technology Learning

Abstract

Rapid technological developments require elementary school teachers to possess strong resilience and professional competence in facing the transformation of digital- era learning. This study aims to describe the urgency of improving the capabilities of teachers at Al-Azhar 6 Islamic Elementary School in Jakapermai in integrating technology into the learning process effectively and adaptively. A qualitative method with a case study approach was used to gather data through observation, interviews, and documentation studies. The results show that teachers at this school are highly motivated and have good adaptability to technological developments, supported by ongoing training, digital facilities such as tablets and smartboards, and full support from the school. Teachers not only act as instructors but also as facilitators who encourage active student participation and creative use of technology. Collaboration between teachers and regular evaluation are key strategies in overcoming the challenges of digital learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aamalia putri judul penelitiannya

“Techno Resilience Pada Guru Digital

Immigrant Dalam Menghadapi

Perkembangan Teknologi Pendidikan

di Era Digital” dan juga oleh penelitian

maya veronica yang berjudul

“Pengembangan Kompetensi

Profesionalisme Guru di Era Digital”.

Pada penelitian ini menyatakan

bahwa Hal ini menunjukkan guru

digital immigrant memiliki kemampuan

akan dirinya sendiri untuk bisa

beradaptasi pada perkembangan

teknologi di era digital yang dilihat dari

capaian masing-masing karakteristik

dimensi pembentuk kemampuan

resiliensi. Dan juga Dengan pesatnya

perkembangan teknologi digital, guru

perlu memiliki kualifikasi yang sesuai

agar dapat menjalankan tugasnya

dengan baik. Sebuah penelitian

menyebutkan bahwa strategi

peningkatan kompetensi guru

melibatkan pemantauan menyeluruh

terhadap aspek pembelajaran dan

dukungan bertahap dari kepala

sekolah serta pengawas melalui

pelatihan. Kompetensi Profesional

guru tercermin pada keterampilan

mereka dalam menerapkan IPTEK

secara tepat dan mengembangkan

metode pembelajaran yang kreatif dan

inovatif. Oleh itu Pembelajaran era

digital guru terbukti mampu

beradaptasi dengan pesatnya

perkembangan teknologi melalui

berbagai karakteristik resiliensi,

seperti kepercayaan diri, kemampuan

menghadapi tantangan, dan

keterbukaan terhadap perubahan.

Adaptasi ini menjadi penting karena di

era digital, guru dituntut untuk memiliki

kualifikasi dan kompetensi yang

sesuai agar dapat menjalankan tugas

pembelajaran secara efektif. Strategi

peningkatan kompetensi guru

melibatkan pemantauan intensif

terhadap proses pembelajaran serta

dukungan berjenjang dari kepala

sekolah maupun pengawas melalui

program pelatihan yang

berkesinambungan. Di samping itu,

kompetensi profesional guru tercermin

dari kemampuannya menerapkan ilmu

pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

secara tepat dan terus berinovasi

dalam mengembangkan, merancang

metode pembelajaran kreatif,

sehingga mampu menjawab

kebutuhan peserta didik di era

digital.(Putri 2024; Sianturi 2024)

E. Kesimpulan

Guru-guru di SD Islam Al-Azhar

6 Jakapermai menunjukkan profil

daya resiliensi dan kompetensi

profesional yang sangat baik dalam

menghadapi transformasi

pembelajaran digital di sekolah dasar.

Mereka tidak hanya mampu

beradaptasi dengan cepat terhadap

perubahan, tetapi juga memiliki

motivasi tinggi untuk terus belajar dan

menguasai teknologi baru. Hal ini

didukung oleh pelatihan intensif

selama empat bulan serta

ketersediaan sarana dan prasarana

yang memadai, seperti tablet

pembelajaran dan smart board di

kelas. Guru-guru di sekolah ini mampu

mengintegrasikan teknologi secara

efektif dalam proses pembelajaran,

sehingga tidak hanya berperan

sebagai penyampai informasi, tetapi

juga sebagai fasilitator yang

membimbing dan menumbuhkan rasa

ingin tahu siswa. Dukungan sekolah

yang kuat dan semangat belajar guru

yang tinggi menjadi kunci utama

keberhasilan transformasi

pembelajaran digital di SD Islam Al-

Azhar 6 Jakapermai.

Downloads

Published

2025-10-02