URGENSI RESILIENSI DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SD ISLAM AL-AZHAR 6 JAKAPERMAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34035Keywords:
Resilience, Professional Competence, Technology LearningAbstract
Rapid technological developments require elementary school teachers to possess strong resilience and professional competence in facing the transformation of digital- era learning. This study aims to describe the urgency of improving the capabilities of teachers at Al-Azhar 6 Islamic Elementary School in Jakapermai in integrating technology into the learning process effectively and adaptively. A qualitative method with a case study approach was used to gather data through observation, interviews, and documentation studies. The results show that teachers at this school are highly motivated and have good adaptability to technological developments, supported by ongoing training, digital facilities such as tablets and smartboards, and full support from the school. Teachers not only act as instructors but also as facilitators who encourage active student participation and creative use of technology. Collaboration between teachers and regular evaluation are key strategies in overcoming the challenges of digital learning.Downloads
References
Aamalia putri judul penelitiannya
“Techno Resilience Pada Guru Digital
Immigrant Dalam Menghadapi
Perkembangan Teknologi Pendidikan
di Era Digital” dan juga oleh penelitian
maya veronica yang berjudul
“Pengembangan Kompetensi
Profesionalisme Guru di Era Digital”.
Pada penelitian ini menyatakan
bahwa Hal ini menunjukkan guru
digital immigrant memiliki kemampuan
akan dirinya sendiri untuk bisa
beradaptasi pada perkembangan
teknologi di era digital yang dilihat dari
capaian masing-masing karakteristik
dimensi pembentuk kemampuan
resiliensi. Dan juga Dengan pesatnya
perkembangan teknologi digital, guru
perlu memiliki kualifikasi yang sesuai
agar dapat menjalankan tugasnya
dengan baik. Sebuah penelitian
menyebutkan bahwa strategi
peningkatan kompetensi guru
melibatkan pemantauan menyeluruh
terhadap aspek pembelajaran dan
dukungan bertahap dari kepala
sekolah serta pengawas melalui
pelatihan. Kompetensi Profesional
guru tercermin pada keterampilan
mereka dalam menerapkan IPTEK
secara tepat dan mengembangkan
metode pembelajaran yang kreatif dan
inovatif. Oleh itu Pembelajaran era
digital guru terbukti mampu
beradaptasi dengan pesatnya
perkembangan teknologi melalui
berbagai karakteristik resiliensi,
seperti kepercayaan diri, kemampuan
menghadapi tantangan, dan
keterbukaan terhadap perubahan.
Adaptasi ini menjadi penting karena di
era digital, guru dituntut untuk memiliki
kualifikasi dan kompetensi yang
sesuai agar dapat menjalankan tugas
pembelajaran secara efektif. Strategi
peningkatan kompetensi guru
melibatkan pemantauan intensif
terhadap proses pembelajaran serta
dukungan berjenjang dari kepala
sekolah maupun pengawas melalui
program pelatihan yang
berkesinambungan. Di samping itu,
kompetensi profesional guru tercermin
dari kemampuannya menerapkan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
secara tepat dan terus berinovasi
dalam mengembangkan, merancang
metode pembelajaran kreatif,
sehingga mampu menjawab
kebutuhan peserta didik di era
digital.(Putri 2024; Sianturi 2024)
E. Kesimpulan
Guru-guru di SD Islam Al-Azhar
6 Jakapermai menunjukkan profil
daya resiliensi dan kompetensi
profesional yang sangat baik dalam
menghadapi transformasi
pembelajaran digital di sekolah dasar.
Mereka tidak hanya mampu
beradaptasi dengan cepat terhadap
perubahan, tetapi juga memiliki
motivasi tinggi untuk terus belajar dan
menguasai teknologi baru. Hal ini
didukung oleh pelatihan intensif
selama empat bulan serta
ketersediaan sarana dan prasarana
yang memadai, seperti tablet
pembelajaran dan smart board di
kelas. Guru-guru di sekolah ini mampu
mengintegrasikan teknologi secara
efektif dalam proses pembelajaran,
sehingga tidak hanya berperan
sebagai penyampai informasi, tetapi
juga sebagai fasilitator yang
membimbing dan menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa. Dukungan sekolah
yang kuat dan semangat belajar guru
yang tinggi menjadi kunci utama
keberhasilan transformasi
pembelajaran digital di SD Islam Al-
Azhar 6 Jakapermai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.