LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERTIDAKSAMAAN LINERA SATU VARIABEL DIKAITKAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MELIAU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34032Keywords:
Mathematical Literacy, Learning OutcomesAbstract
This research aims to describe mathematical literacy in solving one-variable linear inequality problems in relation to the learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 6 Meliau. The method used in this research is qualitative descriptive research. The research instrument used in this research was test questions. The subjects of this research were class VIII students for the 2023/2024 academic year with a total of 22 students. The type of data collected is the results of students' mathematical literacy tests. Data were analyzed based on mathematical literacy stages and looked at the relationship between mathematical literacy and student learning outcomes. The results of data analysis on students' mathematical literacy abilities at the stage of formulating problems into mathematical form are included in the incapable category, at the stage of using strategies to determine solutions to problems are included in the incapable category, at the stage of interpreting the results obtained are included in the incapable category, the relationship between mathematical literacy with student learning outcomes classified as very strong.Downloads
References
dengan SPSS diperoleh koefisien
korelasinya 0,934
Berdasarkan data yang
diperoleh, terlihat bahwa sebagian
besar peserta didik tidak mampu
menerapkan tahap merumuskan
yaitu tidak mampu
mengidentifikasi aspek-aspek
matematika dari masalah yang
tersaji dalam konteks nyata dan
mengidentifikasi variable-variabel
penting dalam suatu masalah
kedalam bentuk matematikanya,
hal ini sejalan dengan hasil
penelitian Farahhadi & Wardono
(2019) mampu merumuskan
dengan tepat merupakan dasar
untuk memahami suatu masalah
guna membuat rencana dalam
memecahkan masalah tersebut.
Literasi matematis peserta
didik pada tahap menggunakan
dikategorikan tidak mampu karena
persentase tidak mampu lebih
besar dari persentase yang
mampu. Masih banyak peserta
didik tidak mampu menerapkan
tahap menggunakan yaitu
merancang dan
mengimplementasikan strategi
untuk menentukan solusi
matematis. Sebagian besar subjek
mengalami kurangnya
pemahaman terhadap konsep dan
kemampuan merangkai kata-kata
untuk menjabarkan konsep dan
mendukung argumennya. Banyak
subjek yang terhambat oleh
kurangnya pemahaman konsep
Pertidaksaman Linear Satu
Variabel, keliru dalam operasi
hitung yang digunakan serta
kurangnya minat dalam
perhitungan membuat hasil yang
didapat kurang maksimal.
Pada tahap menafsirkan
peserta didik dikategorikan tidak
mampu karena persentase tidak
mampu lebih besar dari pada
mampu. Sebagian besar subjek
terhambat dalam pemahaman soal
dan bagaimana kemampuan
mereka menghubungkan hasil
dengan situasi nyata, serta
mengalami kesulitan dalam
mengungkapkan hasil dengan
kata-kata sendiri secara logis.
Kurangnya pemahaman subjek
terhadap soal, membuat mereka
kesulitan dalam menyelesaikan
masalah dan menyajikannya.
Hubungan literasi matematis
dan hasil belajar siswa di SMP
Negeri 6 Meliau tergolong sangat
kuat yaitu berada pada interval
0,80 – 1,000. Hubungan antara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.