LITERASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERTIDAKSAMAAN LINERA SATU VARIABEL DIKAITKAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MELIAU

Authors

  • Klaudia Alina Universitas Tanjungpura
  • Mohamad Rifat Universitas Tanjungpura
  • Rustam Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34032

Keywords:

Mathematical Literacy, Learning Outcomes

Abstract

This research aims to describe mathematical literacy in solving one-variable linear inequality problems in relation to the learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 6 Meliau. The method used in this research is qualitative descriptive research. The research instrument used in this research was test questions. The subjects of this research were class VIII students for the 2023/2024 academic year with a total of 22 students. The type of data collected is the results of students' mathematical literacy tests. Data were analyzed based on mathematical literacy stages and looked at the relationship between mathematical literacy and student learning outcomes. The results of data analysis on students' mathematical literacy abilities at the stage of formulating problems into mathematical form are included in the incapable category, at the stage of using strategies to determine solutions to problems are included in the incapable category, at the stage of interpreting the results obtained are included in the incapable category, the relationship between mathematical literacy with student learning outcomes classified as very strong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dengan SPSS diperoleh koefisien

korelasinya 0,934

Berdasarkan data yang

diperoleh, terlihat bahwa sebagian

besar peserta didik tidak mampu

menerapkan tahap merumuskan

yaitu tidak mampu

mengidentifikasi aspek-aspek

matematika dari masalah yang

tersaji dalam konteks nyata dan

mengidentifikasi variable-variabel

penting dalam suatu masalah

kedalam bentuk matematikanya,

hal ini sejalan dengan hasil

penelitian Farahhadi & Wardono

(2019) mampu merumuskan

dengan tepat merupakan dasar

untuk memahami suatu masalah

guna membuat rencana dalam

memecahkan masalah tersebut.

Literasi matematis peserta

didik pada tahap menggunakan

dikategorikan tidak mampu karena

persentase tidak mampu lebih

besar dari persentase yang

mampu. Masih banyak peserta

didik tidak mampu menerapkan

tahap menggunakan yaitu

merancang dan

mengimplementasikan strategi

untuk menentukan solusi

matematis. Sebagian besar subjek

mengalami kurangnya

pemahaman terhadap konsep dan

kemampuan merangkai kata-kata

untuk menjabarkan konsep dan

mendukung argumennya. Banyak

subjek yang terhambat oleh

kurangnya pemahaman konsep

Pertidaksaman Linear Satu

Variabel, keliru dalam operasi

hitung yang digunakan serta

kurangnya minat dalam

perhitungan membuat hasil yang

didapat kurang maksimal.

Pada tahap menafsirkan

peserta didik dikategorikan tidak

mampu karena persentase tidak

mampu lebih besar dari pada

mampu. Sebagian besar subjek

terhambat dalam pemahaman soal

dan bagaimana kemampuan

mereka menghubungkan hasil

dengan situasi nyata, serta

mengalami kesulitan dalam

mengungkapkan hasil dengan

kata-kata sendiri secara logis.

Kurangnya pemahaman subjek

terhadap soal, membuat mereka

kesulitan dalam menyelesaikan

masalah dan menyajikannya.

Hubungan literasi matematis

dan hasil belajar siswa di SMP

Negeri 6 Meliau tergolong sangat

kuat yaitu berada pada interval

0,80 – 1,000. Hubungan antara

Downloads

Published

2025-10-01