PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MINAT MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 TANJUNG BARAT

Authors

  • Junita Nurfazriah Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dewi Setiyaningsih Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siska Kusumawardani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lutfi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34031

Keywords:

RnD, Learning Media, Reading Interest, Scrapbook.

Abstract

This research is motivated by the low interest in reading among students. This research uses the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research was conducted in class II of SD Negeri 09 Tanjung Barat. The data collection technique in this study went through two stages, namely expert validation tests and practicality tests. The results of this study indicate that the learning media that has been made in the form of a scrapbook is said to be valid from the results of the calculations of media experts who obtained an assessment of 81%, language experts obtained an assessment of 100%, and material experts obtained an assessment of 98% with very valid criteria. The results of the practicality test of educator responses were 98% and student responses obtained an assessment of 90% with very practical criteria. Thus, it can be concluded that the scrapbook learning media is very valid and very practical to be applied to learning in class II with an average of 93.4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dapat diketahui bahwa mendapatkan

perolehan skor sebesar 257 atau

dalam bentuk persen 85,6% dengan

kriteria sangat praktis.

E. Kesimpulan dan Saran

Media pembelajaran scrapbook

yang sudah diterapkan dapat

meningkatkan minat membaca pada

peserta didik. Media pembelajaran

tersebut mampu mendukung pendidik

dalam penyampaian materi melalui

cara yang menarik perhatian peserta

didik terhadap membaca. Penelitian

yang dilakukan termasuk dalam jenis

penelitian Research and

Development (R&D) atau

menggunakan metode penelitian dan

pengembangan. Metode tersebut

digunakan dengan model ADDIE.

1. Media pembelajaran

scrapbook dalam peningkatan minat

membaca untuk peserta didik

dikatakan sangat valid dengan

persentase kevalidan 93% Maka,

media pembelajaran tersebut

dianggap sangat valid dan boleh

dipakai.

2. Media pembelajaran

scrapbook dalam meningkatkan

minat membaca dikatakan sangat

praktis dengan persentase 91,8%

hasil dari persentase skor pada

respon peserta didik dan pendidik.

3. Berdasarkan penilaian media

pembelajaran oleh dosen ahli media,

ahli bahasa, dan materi, pendidik,

serta peserta didik, kelas II SD Negeri

09 Tanjung Barat mendapat

persentase rata-rata 92,4% yang

tergolong dalam kategori sangat baik.

Hal tersebut, menandakan bahwa

media pembelajaran yang sudah

dibuat dapat menarik perhatian serta

meningkatkan minat literasi membaca

untuk siswa kelas II di SD N 09

Tanjung Barat.

Didasarkan pada temuan studi dan

pengembangan media scrapbook

guna peserta didik kelas II SDN

Tanjung Barat 09, peneliti dapat

menyertakan beberapa saran

sebagai berikut.

Downloads

Published

2025-10-01