PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MINAT MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 TANJUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34031Keywords:
RnD, Learning Media, Reading Interest, Scrapbook.Abstract
This research is motivated by the low interest in reading among students. This research uses the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research was conducted in class II of SD Negeri 09 Tanjung Barat. The data collection technique in this study went through two stages, namely expert validation tests and practicality tests. The results of this study indicate that the learning media that has been made in the form of a scrapbook is said to be valid from the results of the calculations of media experts who obtained an assessment of 81%, language experts obtained an assessment of 100%, and material experts obtained an assessment of 98% with very valid criteria. The results of the practicality test of educator responses were 98% and student responses obtained an assessment of 90% with very practical criteria. Thus, it can be concluded that the scrapbook learning media is very valid and very practical to be applied to learning in class II with an average of 93.4%.Downloads
References
dapat diketahui bahwa mendapatkan
perolehan skor sebesar 257 atau
dalam bentuk persen 85,6% dengan
kriteria sangat praktis.
E. Kesimpulan dan Saran
Media pembelajaran scrapbook
yang sudah diterapkan dapat
meningkatkan minat membaca pada
peserta didik. Media pembelajaran
tersebut mampu mendukung pendidik
dalam penyampaian materi melalui
cara yang menarik perhatian peserta
didik terhadap membaca. Penelitian
yang dilakukan termasuk dalam jenis
penelitian Research and
Development (R&D) atau
menggunakan metode penelitian dan
pengembangan. Metode tersebut
digunakan dengan model ADDIE.
1. Media pembelajaran
scrapbook dalam peningkatan minat
membaca untuk peserta didik
dikatakan sangat valid dengan
persentase kevalidan 93% Maka,
media pembelajaran tersebut
dianggap sangat valid dan boleh
dipakai.
2. Media pembelajaran
scrapbook dalam meningkatkan
minat membaca dikatakan sangat
praktis dengan persentase 91,8%
hasil dari persentase skor pada
respon peserta didik dan pendidik.
3. Berdasarkan penilaian media
pembelajaran oleh dosen ahli media,
ahli bahasa, dan materi, pendidik,
serta peserta didik, kelas II SD Negeri
09 Tanjung Barat mendapat
persentase rata-rata 92,4% yang
tergolong dalam kategori sangat baik.
Hal tersebut, menandakan bahwa
media pembelajaran yang sudah
dibuat dapat menarik perhatian serta
meningkatkan minat literasi membaca
untuk siswa kelas II di SD N 09
Tanjung Barat.
Didasarkan pada temuan studi dan
pengembangan media scrapbook
guna peserta didik kelas II SDN
Tanjung Barat 09, peneliti dapat
menyertakan beberapa saran
sebagai berikut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.