PENERPAN MODEL GORDON DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR PUISI PADA SISWA KELAS X SMK NU AL-QUR`ANIYAH TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Ita Erlita Universitas Darul Ma’arif Indramayu
  • Muhammad Sholeh Universitas Darul Ma’arif Indramayu
  • Ade Hasanudin Universitas Darul Ma’arif Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34027

Keywords:

Gordon Model, Learning to Analyze, Poetry Structure

Abstract

The author's concern about the low ability of SMK NU Al-Qur`aniyah students in the 2024/2025 academic year in learning to analyze poetry structures and the limitations of teachers in designing effective learning models to improve students' skills in analyzing poetry structures is the background for this research. One effort that can be done is by applying the Gordon model in learning to analyze poetry structures. This study aims to determine and describe learning activities to analyze poetry structures by applying the Gordon model to class X students of SMK NU Al- Qur`aniyah in the 2024/2025 academic year and to test the effectiveness of the Gordon model in learning to analyze poetry structures in class X students of SMK NU Al Qur`aniyah in the 2024/2025 academic year. This study uses an experimental method with a nonequivalent control group design. The population of this study was all class X students of SMK NU Al-Qu`aniyah in the 2024/2025 academic year. By using saturated sampling technique, X TKJ was designated as the experimental class with 24 students and class X TSM as the control class with 20 students. The research data were collected through observation and written tests. Based on the analysis of observational data, it is proven that the implementation of the Gordon model can increase student activeness in the learning process of analyzing poetry structure in grade X students of SMK NU Al-Qur'aniyah in the 2024/2025 academic year. Based on the results of statistical calculations using the two-independent t-test (independent samples test), the calculated t was 2.620 and the t table was 2.018. Therefore, t (2.620) > t (2.018), this indicates that H_(1) is accepted and H_(0) is rejected. Thus, it can be stated that the Gordon model is effective in learning to analyze poetry structure in grade X students of SMK NU Al-Qur'aniyah in the 2024/2025 academic year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pada uji independent sample t

test tes awal, diketahui nilai

probabilitas sig (2- tailed) 0,012,

dikarenakan 0,012 < nilai sig 0,05

(5%), yang artinya H0 ditolak dan H1

diterima.

Adapun pengambilan keputusan

berdasarkan perbandingan nilai t tabel

dan t hitung dalam uji independent

sample t-tes dapat berpedoman pada

dasar keputusan sebagai berikut: Jika

nilai t hitung > t tabel maka Ho

dterdapat perbedaan rata-rata hasil

belajar siswa antara kelas eksperimen

dan kelas kontrol; Jika nilai t hitung < t

tabel makan tidak terdapat perbedaan

rata-rata hasil belajar siswa anatara

kelas eksperimen dan kontrol.

Dengan demikian nilai thitung

sebesar 2,620 > ttabel 2,018 maka

berdasarkan pengambilan keputusan

melalui perbandigan nilai thitung dan

ttabel dapat disimpulkan bahwa H0

ditolak dan H1 diterima, yang artinya

penerapan pembelajaran model

gordon dalam menganalisis struktur

puisi pada siswa kelas X SMK NU

Alquraniyah efektif.

Berdasarkan hasil penghitungan

statistik dengan mneggunakan uji

independent t-tes diperoleh bahwa

terdapat perbedaan signifikan antara

kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Maka dalam hal ini H0 yakni

penggunaan model gordon tidak

efektif diterapkan dalam pembelajaran

menganalisis struktur puisi pada siswa

kelas X SMK NU Al-qur`aniyah Tahun

Ajaran 2024/2025 ditolak, dengan

demikian dapat disimpulkan bahwa

H1 diterima, yakni penerapan model

gordon dalam pembelajaran

mengaganalisis struktur puisi pasa

siswa kelas X SMK NU Al-qur`aniyah

Tahun Ajaran 2024/2025 efektif.

Karena berdasarkan hasil tes dapat

dilihat perbedaan yang signifikan

antara kemampuan siswa kelas

eksperimen dan kelas kontrol.

Dalam hal ini nilai tes akhir di

atas, dapat diketahui bahwa nilai rata

rata kelas eksperimen lebih tinggi

dibandingkan dengan nilai rata-rata

kelas kontrol atau dengan kata lain

terdapat perbedaan nilai yang

signifikan anatara kedua kelas

tersebut. Dengan demikian hasil

penelitian ini menunjukkan bahwa

pembelajaran menganalisis struktur

puisi dengan menggunakan model

gordon dapat meningkatkan hasil

belajar siswa atau lebih efektif dari

pembelajaran menganalisis struktur

puisi dengan menggunakan metode

jigsaw. Kegiatan pembelajaran

dengan menggunakan model gordon

Downloads

Published

2025-10-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>