PENGARUH MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (EMPAT) SD

Authors

  • Icha Tantri Lestari Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Imamudin Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Munawaroh Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34022

Keywords:

Powerpoint Interactive Media, learning outcomes.

Abstract

Quantitative research is a method used to answer research problems related to data in the form of numbers and statistical programs. This study aims to determine the effect of using interactive PowerPoint media to develop the learning outcomes of fourth-grade elementary school students on the material of ethnic and cultural diversity in Indonesia. This study uses data collection techniques including pretest and posttest tests, questionnaires, documentation. The type of research "Quantitative Experiment" with a quasi-experimental method, the research design uses Posttest-Only Control Design, the sample technique is purposive sampling, the number of which is 50 where the experimental class consists of 25 students and the control class 25 students. The results of the study showed an increase in the average pretest score of the experimental class by 59.20 to 77.68 in the posttest while the average pretest score of the control class was 58.00 to 75.80 in the posttest. The independent sample t-test produced a significant value of 0.001 <0.05, which means there is a significant difference before and after treatment. Thus, it can be concluded that interactive PowerPoint media has an effect on developing the learning outcomes of elementary school students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

posttest di kelas eksperimen dan

kontrol > 0,05 sehingga dapat

disimpulan bahwa varians data

pretest posttest di kelas eksperimen

dan kontrol adalah homogen.

3. Uji T

Uji independent sample t-test

dilakukan pada data posttest di

kelas eksperimen yang

menggunakan media interaktif

powerpoint dan data posttest pada

kelas kontrol yang menggunakan

pembelajaran

konvensional/ceramah yang tidak

berbantuan aplikasi atau digital. Uji

yang digunakan untuk mengetahui

perbedaan antara skor rata-rata

hasil belajar siswa pada kelas

eksperimen dan kontrol setelah

diberikannya perlakuan.

Tabel 5 Hasil Uji T

Kelas Sig.(2

Failed)

Keterangan

Eksperimen dan

Kontrol

.001 Ho ditolak

mengembangkan hasil belajar siswa

secara signifikan, dimana hasil

belajar siswa di kelas IV SDN Banjar

Agung 4 yang dibelajarkan yaitu

menggunakan media interaktif

powerpoint lebih tinggi dari pada

dengan pembelajaran ceramah

ataupun konvensional.

4. Hasil Nilai Ngain

Uji N-gain dilakukan untuk

mengetahui efektivitas dalam

suatu media pembelajaran

penelitian. Uji N-gain dapat

dilakukan dengan menghitung

selisih antara nilai sebelum dan

setelah menggunakan media

pembelajaran. Adapun rumus

sebagai berikut (Latif, 2014). Uji

N_gain ternormalisasi yang

bertujuan untuk mengetahui

seberapa besar pengaruh hasil

belajar siswa kelas IV SDN Banjar

Agung 4 sebelum dan sesudah

diterapkan media interaktif

powerpoint. ysng telah dilakukan

dengan menggunakan bantuan

SPSS 27.

Berdasarkan hasil uji t diperoleh

nilai sig (2-failed) sebesar 0.001 <

0,05 sehingga H0 ditolak dan H1

diterima. Oleh karena itu dapat ditarik

kesimpulan bahwa ada perbedaan

hasil pretest posttest antara kelas

eksperimen dan kelas kontrol dalam

Downloads

Published

2025-10-01