PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 MONTONG BELAE KECAMATAN KERUAK

Authors

  • Gea Desta Rini Universitas Hamzanwadi
  • AriF Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34018

Keywords:

Paired Story Telling, hand puppet, learning outcomes, Indonesian language, elementary school

Abstract

This study aims to analyze the effect of the Paired Storytelling learning model assisted by hand puppets on Indonesian language learning outcomes of third-grade students at Montong Belae 1 Elementary School. The background of the study is the low speaking skills and learning outcomes of students due to the dominance of the lecture method. The study used a quantitative approach with a One Group Pretest-Posttest design on 24 students. Data were collected through observation and multiple-choice tests that were tested for validity and reliability. The results showed an increase in the average score from 30.75 (pre-test) to 53.875 (post-test), with a difference of 23.125 points. The t-test yielded p < 0.01, indicating a significant effect. In addition to improving cognitive learning outcomes, this model also fosters student engagement, speaking skills, and self- confidence. Thus, paired story telling using hand puppets is effective in improving Indonesian language learning outcomes in elementary schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

menyenangkan, dan bermakna, sehingga

siswa lebih termotivasi dan mampu

mencapai hasil belajar yang maksimal.

Menurut Widowati (2019: 58) boneka

tangan merupakan benda-benda yang

disenangi oleh anak-anak, maka

pemilihan boneka tangan sangatlah

cocok karena dapat menarik perhatian

siswa. Adapun Andriani (2020: 4)

berpendapat bahwa dengan media

boneka tangan guru dengan mudah

membantu siswa dalam memperhatikan

hal abstrak, pengasahan rasa,

rangsangan pada kreativitas,

menemukan pandangan, serta

menjelaskan konsep/rancangan supaya

membangkitkan kesenangan siswa

dalam pembelajaran berbicara.

Siswa juga dapat dilibatkan dalam

permainan boneka dengan ikut

memainkan boneka tangan. Hal ini berarti

boneka tangan dapat menjadi pengalih

perhatian siswa sekaligus media untuk

berekspresi atau menyatakan

perasaannya bahkan dapat mendorong

tumbuhnya fantasia tau imajinasi anak.

Adapun cara penggunaan boneka tangan

ialah dengan memasukkan kedalam

tangan dan jari dijadikan pendukung

untuk menggerakkan serta kepala

boneka. Gunanti (dalam Midyawati, 2019)

boneka tangan ini dijadikan sebagai

media atau alat bantu yang digunakan

dalam kegiatan pembelajaran, yang

berukuran lebih besar dari boneka dan

dimasukkan kedalam tangan.

Model pembelajaran juga dikenal

sebagai kerangka konseptual yang

menggambarkan proses belajar mengajar

untuk mencapai tujuan pembelajaran

tertentu. Model ini memberikan panduan

sistematis bagi pendidik dalam

merancang, mengelola, dan

mengevaluasi agar lebih efektif dan

efisien. Model pembelajaran yang dipilih

sebaiknya disesuaikan dengan tujuan,

materi, karakteristik siswa, dan

lingkungan belajar agar hasilnya optimal.

Istilah model pembelajaran ini sering

diartikan sebagai pendekatan

pembelajaran., didalamnya terdapat

rencana-rencana dan alur yang

digunakan sebagai petujuk dalam

memecahkan pembelajaran dikelas.

Mengingat model pembelajaran adalah

dasar untuk strategi dan metode, perlu

diketahui pengertian model pembelajaran

menurut beberapa ahli untuk mengetahu

lebih jauh, salah satunya Arends (2020)

ialah istilah model pembelajaran

mengarah pada pendekatan tertentu

terhadap intruksi yang terdiri dari tujuan,

sintaks (pola urutan atau alur),

lingkungan, dan system pengelolaan

secara keseluruhan. Intruksi yang

dimaksud adalah segala ketentuan untuk

dikerjakan, dalam hal ini adalah siswa.

Paired Story Telling dikenal sebagai

metode pembelajaran yang melibatkan

aktivitas bercerita secara berpasangan.

Dalam pendekatan ini, siswa

berpasangan untuk saling menceritakan

Downloads

Published

2025-10-01