GENEALOGI DAN JEJARING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA DENGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DUNIA: SEJARAH, PENGARUH, DAN DINAMIKA GLOBAL
Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia berkembang melalui interaksi dengan pusat-pusat keilmuan dunia, dari pesantren tradisional hingga madrasah dan perguruan tinggi Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan analisis isi dan historis untuk menelusuri genealogi pendidikan Islam, perkembangannya, serta kontribusinya dalam dinamika global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia mengalami tiga fase utama: pertama, fase pembentukan pesantren yang dipengaruhi oleh tradisi keilmuan Islam dari Timur Tengah dan Asia Selatan; kedua, fase modernisasi madrasah yang mengadaptasi sistem pendidikan formal sebagai respons terhadap kolonialisme dan tuntutan zaman; dan ketiga, fase globalisasi pendidikan Islam yang ditandai dengan kerja sama akademik, pertukaran pelajar, serta pengaruh pemikiran Islam dari berbagai belahan dunia. Jejaring pendidikan Islam Indonesia dengan dunia terus berkembang melalui peningkatan mobilitas intelektual, penguatan kurikulum berbasis integrasi ilmu agama dan sains, serta adaptasi terhadap tantangan global. Dengan memahami pola hubungan historis dan dinamika global yang terjadi, lembaga pendidikan Islam di Indonesia dapat terus berkontribusi dalam memperkuat peradaban Islam secara lebih luas. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Genealogi, Pesantren, Madrasah, Globalisasi. Pendidikan Islam di Indonesia berkembang melalui interaksi dengan pusat-pusat keilmuan dunia, dari pesantren tradisional hingga madrasah dan perguruan tinggi Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan analisis isi dan historis untuk menelusuri genealogi pendidikan Islam, perkembangannya, serta kontribusinya dalam dinamika global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia mengalami tiga fase utama: pertama, fase pembentukan pesantren yang dipengaruhi oleh tradisi keilmuan Islam dari Timur Tengah dan Asia Selatan; kedua, fase modernisasi madrasah yang mengadaptasi sistem pendidikan formal sebagai respons terhadap kolonialisme dan tuntutan zaman; dan ketiga, fase globalisasi pendidikan Islam yang ditandai dengan kerja sama akademik, pertukaran pelajar, serta pengaruh pemikiran Islam dari berbagai belahan dunia. Jejaring pendidikan Islam Indonesia dengan dunia terus berkembang melalui peningkatan mobilitas intelektual, penguatan kurikulum berbasis integrasi ilmu agama dan sains, serta adaptasi terhadap tantangan global. Dengan memahami pola hubungan historis dan dinamika global yang terjadi, lembaga pendidikan Islam di Indonesia dapat terus berkontribusi dalam memperkuat peradaban Islam secara lebih luas. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Genealogi, Pesantren, Madrasah, Globalisasi.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-10-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.